Apa itu Kode Referral? Efektifkah Sebagai Strategi Marketing?

Para pebisnis kerap kali kebingungan dalam menerapkan strategi marketing untuk meningkatkan penjualannya. Nah, ada banyak sekali strategi marketing saat ini, salah satunya adalah kode referral.

Lalu, apa itu kode referral? Apakah strategi ini cukup efektif? Temukan sendiri jawabannya dengan membaca artikel tentang kode referral di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Kode Referral?

Saat ini, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui strategi marketing kode referral. Berdasarkan laman Referralrock, kode referral adalah salah satu strategi marketing produk dalam bentuk kode unik yang mencakup angka sampai kode alfanumerik. Nantinya, kode tersebut diberikan oleh pihak penjual pada pelanggan.

Pemilik atau pemegang kode tersebut nantinya akan menyebarluaskan kode unik yang telah mereka dapatkan pada rekan sampai keluarga agar bisa memperoleh sejumlah keuntungan dari pihak penjual. Pemberian kode ini mampu memberikan keuntungan yang besar pada pihak pembeli maupun pihak penjual.

Baca juga: Apa itu Brand Advocacy? Ini Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Jenis-jenis Referral Code

Sebagai salah satu strategi marketing, kode referral memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. One Way Incentives Referrer

Dalam jenis kode ini, pihak pemilik kode saja yang akan memperoleh keuntungan. Sedangkan pihak yang menggunakan kodenya tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Contoh sederhana dari kode ini adalah saat suatu tempat kursus internet marketing tengah mengadakan program, di mana anggota lama yang mengajak anggota baru bisa mendapatkan gratis biaya kursus selama satu bulan. Anggota lama bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk gratis biaya kursus, sedangkan anggota baru tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa.

2. One Way Incentives Referred

Jenis ini akan memberikan keuntungan pada pihak pengguna kode referral saja, tidak untuk pihak yang memberikan kode.

Contohnya, saat suatu tempat kursus internet marketing sedang mengadakan program anggota baru dengan diskon biaya kursus sebesar 50%.

3. Two Way Incentives Referral

Jenis ini akan memberikan keuntungan pada pihak pemberi dan pihak yang menggunakan kode referral. Jenis ini juga menjadi jenis kode referral yang paling banyak dijumpai.

4. No incentives

Lain halnya dengan jenis kode di atas, jenis kode ini tidak akan memberikan keuntungan apa-apa pada pihak pengguna ataupun pihak pemberi kode referral. Oleh karenanya, pihak perusahaan harus bisa membuat pelanggan puas atas produk atau jasanya.

Baca juga: Apa itu Iklan? Ini Pengertian dan Tujuannya!

Cara Kerja Referral Code

Dalam proses penggunaannya, tentu kode ini mempunyai cara kerja sendiri. Dengan adanya penyebaran kode pada pelanggan, maka harapan untuk bisa meningkatkan penjualan produk pun sangat besar. Sebagai seorang pebisnis, maka Anda harus memikirkan metode penukaran dari kode tersebut.

Bila kodenya diberikan oleh brand pada pelanggan, maka pelanggan harus menyebarkan kode tersebut pada rekan atau keluarganya. Selain itu, pelanggan juga bisa menyebarkannya pada media sosial yang mereka miliki.

Jangan lupa juga untuk turut menyebarkan informasi terkait keuntungan yang bisa diperoleh pelanggan saat menggunakan kode tersebut.

Hal lainnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah perusahaan harus bisa mencari cara yang tepat dalam menerima dan menghimpun semua transaksi dari kode referral. Pencatatan yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengetahui transaksi yang terjadi dari kode tersebut.

Baca juga: Apa itu Service Marketing? Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Berbagai Keuntungan bagi Bisnis atas Referral Code

Pemanfaatan kode referral bagi perusahaan sebagai salah satu strategi marketing untuk meningkatkan omset dan strategi penjualan tentu memiliki beberapa keuntungan.

Dengan adanya kode ini, maka suatu bisnis akan bisa memperoleh banyak pembeli baru yang akan membeli produknya. Banyak sekali pembeli baru yang nantinya akan hadir secara tidak langsung yang akan membuat Anda bisa mendapatkan berbagai data pelanggan.

Nah, data pelanggan tersebut nantinya harus Anda evaluasi agar bisa terus berkembang secara lebih baik.

Selain itu, kehadiran pelanggan baru tentu akan bisa meningkatkan kepercayaan dari pembeli lainnya. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu brand, maka akan bisa meningkatkan penjualan bisnis.

Baca juga: Market Research: Pengertian, Metode, dan Tahapan Melakukannya

Kesimpulan

Jadi, kode referral adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan transaksi penjualan produk pada suatu bisnis. Nah, agar program pemberian kode ini bisa menarik banyak perhatian audiens, maka Anda harus bisa memerhatikan berbagai faktor penentu keberhasilannya.

Beberapa faktor penentu keberhasilannya adalah dengan terus mengadakan program kode referral secara konsisten, sampai dengan penyederhanaan syarat dan ketentuan dari kode itu sendiri.

Oleh karenanya Anda harus bisa mencatat berbagai transaksi yang terjadi dari kode tersebut. Namun, bila Anda mencatatnya dengan cara yang manual, tentu akan memakan banyak waktu dan akan sering sekali terjadi kesalahan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia, dan telah memperoleh penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 lalu.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka seluruh jenis kegiatan transaksi bisnis Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan laporan laba rugi serta 200 jenis laporan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa yang akan memudahkan Anda dalam mengelola persediaan bahan baku di gudang, melakukan kegiatan jual-beli, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran ingin menggunakan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba dan menggunakannya selama 30 hari, gratis.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.