8 Cara Ampuh Meminimisir Kecurangan di Konter Kasir

Kucarangan yang terjadi di konter kasir adalah salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pebisnis. Bagaimanapun cara Anda mengenal karyawan Anda, akan selalu ada kemungkinan dalam melakukan kecurangan ini.

Bentuk kecurangannya pun beragam, salah satunya adalah memberikan makanan ataupun minuman secara gratis pada konsumen tanpa adanya persetujuan dari Anda. Namun, akan beda ceritanya jika Anda menggunakan software POS di konter kasir Anda.

Kenapa? Karena software ini akan membuat karyawan Anda lebih bisa menghargai dan tidak akan mencoba untuk melakukan tindak kecurangan tersebut.

Lalu, apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kecurangan di konter kasir? Jawabannya ada. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tipsnya untuk Anda.

8 Cara meminimalisir Kecurangan di Konter Kasir

1. Selektif Dalam Memilih Karyawan

Untuk mencari tahu karyawan yang bisa dipercaya memang sulit. Untuk itu, Anda harus melakukan perekrutan secara lebih detail, mulai dari latar belakangnya, hingga referensi dari calon pelamar tersebut.

2 Tentukan Kebijakan Bisnis Anda

Pastikanlah setiap karyawan Anda mengetahui bahwa Anda tidak akan memberikan bentuk toleransi apapun pada kecurangan. Untuk bisa menetapkan kebijakan ini, maka Anda harus membuatnya secara tertulis lalu menjelaskannya pada karyawan dengan jelas.

3. Melakukan Audit

Para karyawan yang mengetahui bahwa Anda sering kali melakukan audit tentu akan enggan untuk melakukan tindak kecurangan. Untuk itu, lakukanlah audit secara rutin dan pastikan setiap karyawan Anda mengetahui bahwa Anda selalu melakukan hal tersebut.

Baca juga: Dengan Software POS, Kini Menjalankan Bisnis Restoran Tidak Ribet Lagi

4. Pantau Kinerja Karyawan Anda

Anda harus bisa memberikan kepercayaan pemegang kunci atau pasword kasir pada karyawan yang tepat. Hal ini sangat penting, karena karyawan tersebutlah yang nantinya harus bertanggung jawab bila ada insiden tertentu.

5. Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif

Linkungan kerja yang sangat positif sudah terbukti mampu meminimlisir aksi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Adanya jalur komunikasi yang terbuka, kejujuran, keterbukaan, dan tugas pekerjaan yang adil akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari bisnis yang Anda lakukan.

Hal ini tentunya akan membuat mereka menjadi lebih setia dan senang bekerja di tempat Anda.

6 Jadikan Karyawan Anda Sebagai Teman

Bila Anda mempunyai hubungan yang sangat erat dengan karyawan dan memperlakukannya dengan baik, maka karyawan Anda akan berpikir beberapa kali untuk melakukan kecurangan.

Selain itu, berusahalah untuk tetap menjaga kerahasian karyawan bila ada dari mereka yang melaporkan kecurangan secara diam-diam pada Anda. Hal tersebut akan membuat mereka untuk terus mau melakukan kejujuran, kebenaran, dan juga membantu Anda meraih kesuksesan.

7. Pasang Kamera Keamanan

Memasang kamera keamanan bukanlah hal yang berlebihan. Jelaskanlah pada karyawan Anda bahwa kamera keamanan tersebut mampu melindungi dan membantu bisnis Anda dari tindakan kejahatan dan pencurian. Selain itu, kemera ini juga akan membantu Anda dalam memantau performa karyawan.

8. Mulai Berlangganan Aplikasi Kasir

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, pegawai kasir sudah tidak perlu lagi mencatat pesanan dengan menggunakan nota ataupun mesin kasir yang ketinggalan zaman.

Kenapa? Karena saat ini sudah ada software POS atau aplikasi kasir yang bisa membantu proses transaksi menjadi lebih terintegrasi dengan printer dan sudah mampu menyediakan laporan secara lebih ringkas dan tetap aktual.

Selain itu, aplikasi kasir juga bisa memudahkan Anda dalam memantau kegiatan bisnis yang sedang terjadi di kasir tanpa harus mendatanginya. Cukup dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa melihat laporan yang dibuat oleh karyawan Anda.

Baca juga: Awas, Jangan Pilih Ciri-Ciri Aplikasi Kasir yang Seperti Ini!

Penutup

Demikianlah tips dalam meminimalisir kecurangan di konter kasir. Anda bisa langsung menerapkan kedelapan cara tersebut agar bisa memastikan bisnis Anda tetap aman dan terkendali. Dengan mengambil langkah yang lebih pro aktif, maka Anda bisa lebih mudah dalam meraih kesuksesan.

Salah satu langkah proaktif tersebut adalah dengan menggunakan software POS dari Accurate POS Beta. Meski masih dalam tahap beta, namun aplikasi kasir ini sudah memiliki berbagai fitur dan juga kualitas yang sama dengan aplikasi kasir lainnya yang sudah lebih dulu hadir.

Lantas, bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pengalaman Anda dalam menggunakan Accurate POS Beta pada email yang sebelumnya sudah kami kirim. Anda juga bisa memberikan kritik dan saran pada kami melalui email tersebut.