Dengan Software POS, Kini Menjalankan Bisnis Restoran Tidak Ribet Lagi

Dalam bidang bisnis yang menuntut kecepatan pelayanan seperti restoran, menjaga untuk tetap terorganisir adalah suatu kewajiban. Terutama pada jam-jam yang sedang sangat sibuk.

Untuk bisa memenuhi hal tersebut, maka Anda memerlukan solusi yang mampu menyederhanakan operasional tanpa harus mengorbankan kualitas pelayanan dan cita rasa makanan. Untuk itu software point of sales (POS) adalah jawabannya.

Kenapa harus dengan software POS? temukan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini.

Keuntungan Restoran Menggunakan Software POS

Untuk bisnis restoran, kafe ataupun lini bisnis food and beverage lainnya, maka sistem POS sangatlah efektif untuk bisa menyederhanakan kegiatan bisnis. Selain itu, software POS pun akan membantu Anda dalam menghemat waktu dan juga biaya.

Sehingga proses pesanan akan menjadi lebih singkat dan biaya karena human error bisa dihindari. Nah, berikut ini adalah berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan bila restaurant Anda menggunakan software POS.

1. Hemat Waktu

Setiap pramusaji diharuskan untuk berkeliling restoran guna melayani konsumen, disaat yang sama pun mereka harus mencatat dan juga menyampaikan pesanan konsumen pada bagian dapur.

Akan banyak sekali waktu yang terbuang bila pramusaji Anda harus mondar-mandir ke dapur untuk menyampaikan pesanan. Bayangkanlah bila kondisi tersebut harus dilakukan saat jam sibuk dengan jumlah pegawai yang sangat terbatas.

Dengan menggunakan aplikasi POS, maka setiap pemrosesan pesanan akan menjadi lebih efisien. Pegawai pramusaji Anda bisa mencatat pesanan pada suatu perangkat dan langsung terhubung dengan tim yang berada di dapur.

Secara keseluruhan, nantinya konsumen pun akan bisa menerima pesanannya dengan cepat. Tapi, kualitas pelayanan dan cita rasa makanan tetap terjaga dengan baik.

Baca juga: Cara mudah Meningkatkan Penjualan di Konter Kasir Anda

2. Mengurangi Kesalahan

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pesanan konsumen bisa langsung tercatat di dalam aplikasi, sehingga kesalahpahaman yang terjadi antara karyawan pramusaji dan tim bagian dapur bisa diminimalisir.

Selain itu, pengantaran makanan ke meja yang salah juga bisa dihindari karyawan pramusaji Anda.

Dalam software POS ini, terdapat suatu fitur pengaturan meja, sehingga, nomor meja pesanan akan tercatat secara jelas. Bahkan, status konsumen pun bisa dilihat dengan jelas di dalam aplikasi, baik itu pesanan sudah siap, belum siap, atau konsumen yang belum membayar pesanannya.

3. Manajemen Inventori yang Lebih Baik

Kesalahan dalam pengadaan bahan baku sangat berisiko tinggi dalam bisnis restoran. Banyak sekali bahan baku yang tidak tahan lama, seperti buah ataupun sayur. Selain itu, memantau setiap jumlah stok serta melakukan penghitungan sering kali menjadi suatu hal yang sangat merepotkan di dalam operasional restoran.

Oleh karena itu, manajemen inventori adalah fitur yang sangat penting di dalam software POS. Anda bisa mengetahui dengan pasti setiap jumlah persediaan bahan baku dan kapan waktu yang sesuai untuk melakukan pengadaan bahan baku.

4. Proses Transaksi Lebih Cepat

Selain berperan sebagai pebisnis, tentu Anda pernah berperan sebagai konsumen. Pernahkah Anda merasa kasir yang ada pada suatu restoran sangatlah rumit sampai proses transaksinya saja harus memakan waktu yang sangat lama sehingga menimbulkan antrian yang panjang. Sebagai seorang konsumen, hal ini tentu sangatlah tidak menyenangkan.

Sebagai pebisnis restoran, Anda harus memastikan bahwa kondisi tersebut tidak terjadi pada bisnis Anda. untuk itu, Anda harus memastikan proses transaksi yang cepat.

Nah, software POS akan memungkinkan bisnis restoran Anda memenuhi ekspektasi ini. selain cepat, bisnis Anda juga akan bisa beradaptasi dengan tren pembayaran yang saat ini tengah berkembang. Setiap konsumen bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, e-wallet, e-money, dll.

5. Manajemen Karyawan Lebih Sederhana

Keberhasilan dalam mengelola bisnis restoran melibatkan berbagai level di dalam organisasi bisnis. setiap karyawan bisa dikatakan sebagai ujung tombang bisnis restoran. Bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan baik tanpa kehadiran karyawan. Namun sayangnya, manajemen karyawan terasa sangatlah rumit dan bahkan bisa menyita waktu yang lama.

Nah, software POS mampu menawarkan berbagai penyederhanaan proses bisnis tersebut, termasuk dalam hal pengelolaan karyawan. Dengan menggunakan software POS, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola jam kerja, membagikan shift, sampai menghitung gaji dan komisi.

Baca juga: Awas, Jangan Pilih Ciri-Ciri Aplikasi Kasir yang Seperti Ini!

Penutup

Itulah berbagai hal yang akan Anda rasakan bila bisnis restoran Anda menggunakan software POS. Nah, sebagai salah satu pengembang software POS, Accurate POS beta pun mampu memberikan berbagai manfaat di atas. Jadi, walaupun memang masih dalam tahap BETA, Accurate POS sudah memiliki fitur yang tidak kalah dengan software POS lainnya yang sudah lebih dulu hadir.

Bagaimana pengalaman Anda saat menggunakan Accurate POS Beta? Jangan lupa untuk memberikan kritik dan juga saran Anda pada email yang sudah kami kirim, yah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.