Tips Mengatasi Penurunan Pelanggan di Restoran Kala Pandemi

Di kala pandemi seperti saat ini, kebanyakan orang takut untuk pergi keluar rumah. Sehingga, hal tersebut mengakibatkan banyak bisnis F&B atau bisnis restoran yang kehilangan pelanggan karena para pelanggan khawatir terkena penularan virus covid saat makan di restoran.

Namun, hal tersebut bukan artinya tidak ada solusi. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips dalam mengatasi penurunan pelanggan saat pandemi. Untuk itu, baca tips tersebut pada artikel di bawah ini.

3 Tips Mudah Mengatasi Penurunan Pelanggan Saat Pandemi

1. Meminimalisir Kontak Fisik dan Terapkan Social Distancing

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu cara penularan virus Covid19 adalah lewat kontak fisik dan juga interaksi yang terjadi secara langsung dan berdekatan.

Cara penularannya bisa banyak sekali, seperti sentuhan fisik, berkomunikasi tanpa menggunakan masker, sampai menggunakan berbagai benda yang disentuh oleh orang lain. Lantas apa hubungannya dengan bisnis restoran Anda?

Banyak sekali, karena, kita tidak bisa dipungkiri bahwa restoran dan tempat makan adalah salah satu tempat yang paling beresiko terkena paparan virus ini.

Bayangkanlah kegiatan umum yang banyak dilakukan di restoran, seperti lepas masker saat makan, mengobrol saat makan, membuka berbagai buku menu yang sudah dipegang oleh orang lain, atau bahkan membayar dengan menggunakan uang tunai. Berbagai hal tersebut bisa meningkatkan resiko terpapar virus.

Nah, Anda sebagai pebisnis hanya harus melakukan hal sederhana saja, yakni dengan mengurangi kontak fisik pada restoran Anda. Saat ini, kita sedang melawan sesuatu yang sedang tidak bisa terlihat oleh mata, untuk itu kita akan sulit untuk mengeliminasi secara menyeluruh.

Namun, minimal Anda bisa memberlakukan aturan social distancing agar bisa meminimalisir risiko. Caranya, Anda bisa memberikan batasan pengunjung di setiap meja, menggunakan pembatasan plastik, ataupun bekerja sama dengan vendor teknologi digital agar bisa mempermudah proses pemesanan serta pembayaran.

Dengan menggunakan cara ini, maka para pengunjung sudah tidak perlu takut lagi untuk makan di restoran Anda.

Baca juga: Tips Manajemen Stok Barang di Toko Digital secara Mudah

2. Gunakan eMenu dan Pembayaran Digital

Menu digital atau eMenu adalah salah satu teknologi digital yang saat ini trennya sedang meningkat. Dengan menggunakan eMenu, maka para pelanggan Anda sudah tidak perlu lagi membuka menu fisik untuk memesan makanan.

Terlebih lagi bila sistem eMenu yang Anda gunakan sudah bisa mendukung pemesanan dan juga pembayaran online. para pelanggan Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pemesanan secara manual dan melakukan pembayaran ke kasir. Sehingga, sistem ini bisa Anda jadikan solusi agar pelanggan bisa makan langsung di restoran Anda.

3. Terapkan Sistem Pemesanan Online dan Delivery

Bagaimana jadinya bila kedua poin tersebut sudah diterapkan namun masih banyak pelanggan yang memilih untuk tidak keluar rumah?

Nah, Anda bisa menerapkan sistem pemasaran online dan pengantaran langsung. Jadi, para pelanggan Anda bisa tetap menikmati menu makanan Anda tanpa harus datang secara langsung ke restoran.

Saat ini, sudah banyak sistem yang menawarkan sistem pemesanan online dan pengantaran, Anda juga bisa take it to the next level dengan cara menggunakan sistem penjualan yang terpusat yang bisa mengelola penjualan offline dan online dalam waktu yang bersamaan.

Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan platform yang berbeda dalam mengelola penjualan offline dan online.

Baca juga: Pentingnya Struk Belanja Digital untuk Bisnis Ritel

Penutup

Untuk Anda yang ingin menggunakan sistem di atas, Anda tidak perlu mencarinya ke mana-mana lagi. Kenapa? karena Accurate POS mampu menawarkan berbagai hal tersebut dalam satu platform saja.

Accurate POS adalah salah satu software kasir atau sistem POS (point of sales) yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, suatu software akuntansi dan bisnis yang sudah sangat terkenal di Indonesia.

Dengan Accurate POS, maka seluruh pencatatan transaksi di konter kasir akan berlangsung lebih cepat dan akurat Karena, Accurate POS mendukung sistem pembayaran secara non-tunai.

Lebih dari itu, seluruh proses analisis hasil penjualan pada hari itu juga akan tersaji lebih praktis, sehingga akan mampu mencegah berbagai kesalahan yang sering terjadi di konter kasir.

Tertarik? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate POS selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.