Pentingnya Struk Belanja Digital untuk Bisnis Ritel

Ketika sedang melakukan kegiatan transaksi, baik itu membeli produk barang ataupun jasa, kemungkinan besar saat ini Anda mulai lebih sering menerima struk belanja digital. Nota elektronik tersebut menjadi tren yang sedang meningkat beberapa tahun ini, lebih tepatnya sejak tingkat kepedulian pada kelestarian lingkungan semakin dilakukan.

Tapi, tingkat popularitasnya mampu dengan cepat menyusul struk cetak digital sejak meningkatnya pandemi Covid-19. Pandemi ini memaksa para pebisnis untuk bisa terus melakukan akselerasi dan segera menyesuaikan dirinya dalam berbisnis.

Namun terlepas dari sulitnya kondisi ekonomi karena pandemi, baik itu bisnis ataupun konsumen, manfaat dari transisi jenis nota ini sangat besar. hal tersebut termasuk pada perubahan khusus di bisnis ritel dengan melakukan pembatasan kontak dan meminimalisir potensi terjadi paparan virus.

Setelah dalam kurun waktu tertentu, maka pandemi covid ini mungkin bisa teratasi. Tapi, efek penggunaan dari jenis struk digital ini akan terus digunakan di masa depan.

Faktanya, beberapa jenis virus corona ini terus aktif dan bermutasi, untuk itu, menggunakan struk digital menjadi alasan utama untuk meninggalkan struk konvensional.

Namun, penggunaan nota atau struk belanja digital sebenarnya memiliki banyak keuntungan sendiri. Lantas apa saja manfaat dari struk digital? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Manfaat Besar Nota atau Struk Digital

1. Mengurangi Biaya Operasional

Dalam menjalankan usaha, setiap biaya harus diperhitungkan secara matang. Bahkan, berbagai pengeluaran yang terlihat kecil pun harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Walaupun harga satu kotak kertas thermal memang tidak terlalu mahal, namun harganya akan sangat besar jika kita jumlahkan setiap tahun. Belum lagi biaya tinta serta perawatan mesin printer.

Dengan beralih ke struk digital, pemilik bisnis ritel bisa menghindari biaya tersebut dan mempunyai dana yang bisa disimpan untuk digunakan pada kebutuhan lainnya.

Baca juga: Tips Melakukan Manajemen Operasional di Era New Normal

2. Preferensi Konsumen

Saat ini, para konsumen sudah tidak lagi menumpuk struk kertas untuk mencatat keuangan bulanan. Struk digital lebih hemat penggunaan kertas, lebih mudah disimpan, dan juga lebih mudah untuk dijadikan pilihan.

Selain itu, saat ini kegiatan pencatatan keuangan bisa dilakukan melalui aplikasi yang mana setiap konsumen bisa secara langsung attach struk digital. Bahkan, setiap perusahaan perbankan pun saat ini sudah banyak yang menggunakan platform digital seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan bank digital.

3. Pemasaran pasca pembelian

Salah satu manfaat paling besar dari struk digital adalah fungsinya untuk kegiatan pemasaran setelah pembelian terjadi. Itu artinya, struk digital bisa digunakan untuk up sell dan cross sell.

Struk digital mampu menawarkan platform yang sempurna untuk memberikan rekomendasi dan promosi produk secara individual. Anda bisa mengirimkan iklan ke email para pelanggan Anda setelah nota digital tersebut sudah diterima.

Baca juga: Kenapa Analisis Bisnis sangat Penting Di Era Digital? Ini Alasannya!

Kesimpulan

Jadi, bisa kita artikan bahwa nota cetak konvensional mulai tidak cocok lagi digunakan untuk bisnis ritel. Saat ini, sudah saatnya Anda beralih menggunakan struk digital. Penggunaan nota digital ini berguna untuk para pebisnis ataupun untuk konsumen.

Untuk pebisnis, manfaatnya adalah bisa meminimalisir biaya operasional dan dijadikan sebagai alat pemasaran. Selain itu, proses transaksi yang lebih cepat karena nota elektronik mampu membantu para pelanggan dalam meningkatkan pengalaman belanja mereka.

Salah satu cara untuk menggunakan nota elektronik adalah dengan menggunakan software POS dari Accurate POS. Dengan menggunakan Accurate POS, maka seluruh kegiatan pencatatan transaksi di konter kasir akan berlangsung lebih cepat dan akurat, tanpa harus melakukan kontrak fisik, dan nota digital pun bisa didapatkan oleh pelanggan dengan cepat.

Lebih dari itu, seluruh proses analisis hasil penjualan pada hari itu juga akan tersaji lebih praktis, sehingga akan mampu mencegah berbagai kesalahan yang sering terjadi di konter kasir.

Tertarik? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate POS selama 30 hari, Gratis!