Tips Mengatasi Penurunan Penjualan Tanpa Menurunkan Harga

Mengelola bisnis memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Dalam kondisi penjualan yang sedang menurun dan kondisi sulit pun, roda pergerakan bisnis harus tetap jalan agar bisa memberikan keuntungan dan perusahaan bisa terus bernafas.

Oleh karena itu, Anda memerlukan motivasi yang kuat agar bisa terus bertahan dengan usaha Anda saat ini, terlepas dari adanya kondisi sulit dan tingkat penjualan yang terus menurun.

Nah, salah satu kunci dalam meraih keberhasilan bisnis adalah menjadi seorang yang cerdas. Menjadi orang cerdas tidak melulu harus berpendidikan tinggi, Anda hanya harus bisa memutar otak untuk bisa terus menerus memperoleh keuntungan walaupun tingkat penjualan Anda saat ini sedang tidak maksimal karena menurunkan harga produk bukanlah solusi tepat.

Lantas, apa saja tips dalam mengatasi penurunan penjualan tanpa harus menurunkan harga barang? Temukan jawabannya di bawah ini.

4 Tips Mengatasi Penurunan Penjualan

1. Evaluasi dan Analisa Trend Pasar

Melakukan evaluasi dan tinjauan berkala pada laporan penjualan serta tren terbaru sangatlah penting. Anda harus lebih rajin dalam memantau riwayat penjualan dan juga menemukan faktor yang mampu membuat penjualan Anda anjlok atau sebaliknya.

Dengan data ini, Anda bisa menentukan produk mana yang tidak laku dan sangat diminati konsumen. Lalu, Anda bisa menganalisa tren pasar agar bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjual produk yang tidak laku tadi.

Berdasarkan hasil tersebut, Anda juga akan memperoleh data dan juga ide baru dalam membuat strategi pemasaran dan strategi dalam meningkatkan kualitas produk tersebut.

2. Promosikan Bisnis Anda di Media Sosial

Bila Anda belum melakukan strategi pemasaran ini, maka tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain biayanya yang sangat rendah, bahkan gratis, Anda bisa menggunakan semua platform media sebagai tempat yang pas untuk promosi bisnis Anda.

Bila dilakukan secara rutin, makan bukan hal yang tidak mungkin penjualan Anda bisa meningkat dan menjadi solusi yang selama ini Anda cari.

3. Membuat Promo Paket Bundling

Bila Anda mempunyai produk yang sudah lama dan nilai jualnya jadi menurun, maka buatlah promo paket bundling. Anda bisa menggabungkan produk yang paling banyak diminati konsumen dengan barang stok lama.

Dengan strategi ini, Anda bisa meningkatkan penjualan dan menghabiskan stok barang lama yang masih tersisa di gudang.

4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Tingkat penjualan yang menurun bisa terjadi karena kualitas layanan yang tidak baik. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Anda harus bisa memastikan setiap pelanggan Anda sudah terlayani dengan baik. Dengan layanan yang baik, maka Anda bisa mempertahankan pelanggan agar mereka mau membeli produk Anda.

Baca juga: Tips Mengatasi Penurunan Pelanggan di Restoran Kala Pandemi

Penutup

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat penjualan Anda sedang menurun. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan di konter kasir, Anda bisa coba menggunakan aplikasi kasir atau sistem POS dari Accurate POS.

Dengan Accurate POS, Anda bisa menggunakan memberikan program diskon pada pelanggan yang sudah terdaftar sebagai member. Selain itu, Anda juga bisa membuat hubungan yang saling menguntungkan dengan mereka.

Penasaran? Anda klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate POS selama 30 hari, gratis!