Kelebihan Menerima Online Payment untuk Bisnis UMKM

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, metode atau cara pembayaran pun kini semakin berkembang, nah salah satunya adalah online payment. Saat ini, terdapat beberapa pilihan pembayaran online payment yang banyak digunakan masyarakat, seperti QRIS dan e-Wallet.

Sebelumnya, setiap pemilik usaha mungkin sudah merasa cukup dengan menerima pembayaran dengan satu atau dua metode saja, yakni tunai dan kartu debit. Tapi, saat ini sepertinya setiap pebisnis harus mempertimbangkan kembali pemikiran tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai alasan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menerima beragam metode pembayaran, khususnya online payment.

3 Alasan dan Kelebihan dalam Menerima Online Payment dalam Bisnis

1. Menjadi Bagian dari Ekspektasi Konsumen

Berdasarkan penelitian yang dirilis oleh riset PPRO, sebanyak 42% pelanggan di Amerika membatalkan transaksinya bila metode pembayaran yang mereka inginkan tidak disediakan oleh suatu bisnis. Walaupun memang penelitian tersebut dilakukan di Amerika, tapi Anda bisa menjadikannya sebagai dasar dalam perilaku konsumen yang terjadi pada hari ini.

Kehilangan 42% calon pelanggan bukanlah opportunity cost yang sedikit. Karena setiap pelanggan mempunyai preferensi metode pembayaran yang berbeda-beda, maka Anda bisa menyediakan berbagai metode pembayaran.

Jika Anda tidak menyediakan beragam metode pembayaran, maka kemungkinan besar pesaing bisnis Anda akan menyediakannya dan calon pelanggan Anda akan lebih memilih mereka.

2. Tidak Bergantung pada Satu Payment Provider

Selain pembayaran tunai, katakanlah bisnis Anda hanya bisa menerima satu metode pembayaran saja, seperti kartu kredit atau kartu debit melalui mesin EDC. Lantas, terjadi suatu gangguan pada mesin EDC dan pelanggan tidak membawa uang tunainya. Dalam hal ini, besar kemungkinan pelanggan tersebut akan membatalkan transaksinya.

Sebaliknya, bayangkanlah kendala di atas terjadi saat Anda menyediakan beragam pilihan cara pembayaran. Anda bisa menawarkan pembayaran dengan beragam dompet digital, bahkan mungkin dengan bantuan Pay Later.

Dengan menyediakan beragam pilihan metode pembayaran dari berbagai provider, Anda bisa menghindari risiko gagal transaksi karena gangguan teknis.

Di lain hal, Anda juga bisa membantu pelanggan secara lebih nyaman dengan adanya keleluasaan tersebut, sehingga pengalaman mereka dalam berbelanja pun jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

3.Bisnismu Menjadi Lebih Reliable

Setiap pelanggan akan menganggap bisnis yang mampu menerima beragam metode pembayaran sebagai bisnis yang bisa diandalkan. Terlebih dalam transaksi online, beragam pilihan metode pembayaran yang tersedia dalam situs Anda akan membuat bisnis Anda jadi lebih terpercaya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pilihan online payment mampu memberikan perlindungan untuk pelanggan. Dengan adanya metode online payment, maka dana pelanggan akan tetap aman jika produk yang dibeli dari situs website tidak diterima pelanggan.

4. Meningkatkan Potensi Terjadinya Transaksi

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita ketahui bahwa menyediakan beragam pilihan metode pembayaran, terutama online payment, mampu memberikan efek yang bagus untuk bisnis ataupun pelanggan.

Untuk pelanggan, beberapa keuntungan yang akan mereka dapatkan saat menggunakan online payment adalah sebagai berikut:

  • Kenyamanan: Saat ini, setiap pelanggan mempunyai preferensi pembayarannya masing-masing saat berbelanja. Adanya banyak pilihan metode pembayaran akan membantu pebisnis untuk bisa memenuhi ekspektasi pelanggan.
  • Affordability: Beberapa metode pembayaran akan menetapkan biaya administrasi lebih mahal dan akan membuat pelanggan merasa keberatan. Namun dengan banyaknya pilihan pembayaran, maka pelanggan bisa memilih opsi yang menurut mereka lebih terjangkau.
  • Keamanan: Sebagian konsumen akan merasa lebih nyaman dengan menggunakan cara pembayaran tertentu. Adanya berbagai pilihan metode pembayaran akan membuat kemungkinan bisnis mampu memenuhi standar keamanan yang diharapkan oleh para pelanggan.

Sedangkan untuk pebisnis, beberapa hal yang akan mereka rasakan saat menerapkan metode pembayaran ini adalah sebagai berikut:

  • Meningkatnya transaksi: Disediakannya berbagai metode pembayaran akan berbanding lurus dengan potensi terjadinya transaksi. Kemudahan dalam menyelesaikan pembayaran akan membuat pelanggan lebih cepat dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.
  • Menurunkan Kondisi Tidak Jadi Membeli: Pada kegiatan transaksi online, pilihan metode pembayaran juga akan mampu menurunkan shopping cart yang telah ditinggalkan.
  • Loyalitas Konsumen: Pelanggan yang melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran sesuai dengan preferensinya akan cenderung bersedia melakukan transaksi kembali. Jadi, pembayaran yang mudah akan mampu mendorong terjadinya repeat order dan menciptakan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Aplikasi Pindai Barcode Terbaik agar Lebih Mudah Mengelola Bisnis

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang kelebihan menerima metode online payment pada bisnis UMKM. Untuk itu, saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran, agar Anda bisa mendapatkan sejumlah keuntungan di atas.

Namun jika Anda kesulitan atau belum mengerti cara menerapkannya, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Accurate POS adalah aplikasi point of sale (POS) yang dibuat secara khusus untuk para pebisnis UMKM agar bisa mengelola bisnis secara lebih mudah.

Aplikasi ini tidak hanya mampu menyediakan fitur aplikasi online saja, tapi juga bisa mempermudah operasional bisnis serta mampu menyajikan berbagai jenis pilihan metode pembayaran, sehingga Anda bisa menerima beragam jenis pembayaran, dari mulai dompet digital sampai Pay Later.

Lebih dari itu, karena telah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online, maka seluruh transaksi yang terjadi juga akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo gunakan Accurate POS sekarang juga dan coba gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.