Apa itu Social Media Handle? Bagaimana Cara Membuatnya?

Dewasa ini, akun sosial media menjadi suatu akun yang harus dimiliki oleh perusahaan. Namun, salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan saat membuat akun media sosial adalah social media handle atau SMH.

Dengan menggunakan social media handle yang tepat, maka prospek konsumen akan mengenal bisnis Anda lewat media sosial. Pasalnya, SMH mampu membantu Anda dalam membangun presence di media sosial. Jadi, Anda tidak bisa asal dalam membuatnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan penjelasan terkait social media handle secara singkat untuk Anda di bawah ini.

Apa Itu Social Media Handle?

Berdasarkan laman Whatagraph, SMH atau social media handle adalah username publik yang bisa Anda gunakan pada akun media sosial. Suatu SMH bisa dalam bentuk nama perusahaan ataupun singkatan. Untuk beberapa platform media sosial seperti Instagram ataupun Twitter, SMH adalah username yang mengikuti simbol @ (at).

Contoh sederhananya seperti yang digunakan oleh Accurate, yakni @accurate.id di Instagram.

Tapi untuk di platform lainnya, seperti di Facebook, maka SMH terdapat pada kolom address bar di browser saat Anda sedang membuka sebuah profil. Contohnya, bila Anda ingin mengetahui akun Facebook dari Accurate, maka SMH-nya adalah facebook.com/accurate.id.

Social media handle akan menggambarkan eksistensi dari bisnis Anda di media sosial dan akan memberikan impresi pada audiens terhadap brand Anda. Dengan adanya SMH yang mudah untuk diingat, maka akan membuat audiens mau mengunjungi akun media sosial Anda kembali untuk melihat-lihat konten Anda.

Untuk itu, pastikanlah untuk membuat SMH yang mudah untuk diingat, karena hal tersebut nantinya bisa meningkatkan customer retention Anda.

Baca juga: Social Media Management: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Cara Membuat Social Media Handle

Bila Anda ingin membuat akun media sosial untuk bisnis, beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat SMH menurut laman Indeed adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Bahasa yang Evergreen

Bahasa evergreen adalah bahasa yang tidak akan tergerus oleh zaman. Dalam hal ini, Anda bisa menghindari penggunaan nama atau tanggal tertentu dan nama orang lain untuk SMH Anda.

Selain itu, beberapa platform media sosial pun ada yang tidak memberikan izin pada penggunanya untuk mengubah social media handle pasca membuatnya. Untuk itu, pastikanlah untuk memikirkannya terlebih dulu secara matang.

2. Pastikan Social Media Handle Bisa Diucapkan Dengan Mudah

Hal penting lainnya yang harus Anda ingat saat membuat social media handle adalah memastikannya agar bisa diucapkan secara mudah. Akun SMH yang lebih mudah untuk diucapkan akan membuat suatu akun lebih menarik dan lebih mudah diingat oleh audiens.

Audiens pun nantinya tidak akan merasa kebingungan saat mencari akun Anda. Sehingga, engagement pada akun media sosial Anda akan mengalami peningkatan secara perlahan-lahan.

3. Buat Sesingkat Mungkin

Perhatikanlah batas penggunaan karakter dan juga keterbacaan SMH. Beberapa platform media sosial umumnya akan menerapkan batas karakter untuk hal tersebut.

Selain itu, pastikanlah untuk membuat SMH secara singkat. Karena, hal tersebut nantinya akan membuat akun Anda menjadi lebih mudah untuk diingat. Bila akun Anda mudah diingat, maka audiens pun akan lebih mudah untuk merekomendasikan brand Anda pada teman, kerabat, ataupun keluarganya.

4. Gunakan Hanya Huruf

Beberapa platform media sosial ada yang melarang penggunaan karakter selain huruf, seperti simbol ataupun angka. Untuk itu, pastikanlah untuk hanya menggunakan huruf saja saat membuat social media handle. Tujuannya adalah agar akun Anda bisa selaras di semua platform media sosial.

Selain itu, SMH yang hanya menggunakan huruf pun nantinya akan lebih mudah untuk dibaca, diingat, dan juga diucapkan.

5. Selaraskan Nama di Handle dengan Brand

Hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan saat membuat SMH adalah keselarasannya dengan nama bisnis ataupun idealisme brand.

Sehingga, nantinya akan terbentuk koneksi antara SMH dengan nama perusahaan atau apa yang dilakukan perusahaan.

Jika memungkinkan, Anda bisa membuat nama akun media perusahaan dan SMH-nya sama. Sehingga, audiens di media sosial pun bisa melakukan identifikasi perusahaan secara lebih mudah.

6. Cek Ketersediaannya

Sebelum membuat akun SMH, pastikanlah terlebih dahulu tentang ketersediaan SMH-nya. Jika nama sudah tersedia pada satu platform namun tidak tersedia di platform media sosial lain, maka Anda tidak akan bisa menyelaraskan SMH Anda.

Baca juga: Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Tips Memilih SMH

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa dalam memilih SMH yang tepat diperlukan banyak sekali pertimbangan. Masih berdasarkan laman Indeed, tips yang bisa Anda pelajari saat ingin memilih social media handle adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Handle Anda Sama di Setiap Platform

Saat membuat social media handle, pastikanlah untuk terlebih dulu membuatnya sama di setiap platform yang akan Anda gunakan. Sehingga, audiens pun nantinya akan lebih mudah dalam menemukan bisnis Anda di perangkat dan platform media sosial.

Selain itu, brand Anda juga nantinya akan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencarian oleh audiens. Semakin banyak media sosial yang Anda gunakan, maka Anda juga akan semakin lebih mudah dalam melakukan kegiatan pemasaran.

2. Hindari Penggunaan Angka

Tips selanjutnya dalam memilih social media handle adalah menghindari penggunaan angka. Pasalnya, penggunaan angka akan membuat bisnis Anda tidak terlihat serius. Selain itu, menghindari penggunaan angka juga akan membuat media sosial Anda lebih mudah untuk diingat dan diucapkan para audiens.

3. Buat Beberapa Opsi

Saat ingin memilih SMH, pastikanlah untuk mempunyai beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Mempunyai beberapa pilihan yang bisa Anda pilih nantinya akan membantu Anda bila sebuah social media handle telah digunakan oleh orang lain.

Baca juga: Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang social media handle, lengkap dengan pengertian, cara membuat dan tipsnya. Dengan membuat SMH, maka penjualan produk melalui media sosial online pun bisa dilakukan secara mudah.

Namun, ada hal lainnya yang juga harus Anda adopsi di era teknologi digital seperti saat ini, yakni penggunaan sistem POS atau aplikasi kasir digital, salah satunya dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka kegiatan transaksi yang terjadi di konter kasir akan berlangsung dengan sangat cepat. Anda pun bisa mengelola pelanggan dan karyawan secara lebih baik, mengelola persediaan barang digudang, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? ayo coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga dengan klik banner di bawah ini.