Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Saat dukungan selebriti mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, suara-suara baru muncul sebagai pemberi pengaruh di media sosial. Popularitas dan kebangkitan social media influencer telah menciptakan saluran pemasaran yang menghubungkan konten media sosial ke audiens target yang sesuai dengan produk tersebut.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan berbagai jenis social media influencer bersama dengan tips tentang cara bermitra dengan social media influencer.

Apa itu social media influencer?

Social media influencer adalah individu yang telah mendapatkan popularitas dan kepercayaan di antara audiens pengikut online yang terus bertambah dengan menjadi pengadopsi awal, inovator, atau pakar niche di bidang minat tertentu seperti mode, kesehatan, atau teknologi. Influencer adalah kepribadian yang membagikan pendapat, keahlian, dan rekomendasi mereka di saluran media sosial apa pun.

Istilah “influencer” sering disalahartikan dengan “pembuat konten”. Meskipun seseorang dapat menjadi pembuat konten dan influencer, pembuat konten adalah seseorang yang mengembangkan deskripsi, gambar, atau video yang digunakan atau dipromosikan oleh influencer tentang produk, layanan, atau topik yang diminati.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Plafon Harga dan Berbagai Contohnya

Jenis-jenis social media influencer

Berikut adalah berbagai tingkat influencer berdasarkan volume pengikut online mereka dan cakupan konten media sosial mereka:

Nano-influencer

  • 1.000 atau kurang pengikut
  • Kurasi konten untuk audiens kecil yang mencari topik yang sangat terspesialisasi
  • Mitra otentik untuk produk atau layanan khusus

Mikro-influencer

  • 1.000 hingga 50.000 pengikut
  • Konten yang menarik atau layak untuk dibagikan kepada audiens khusus yang berkembang secara konsisten
  • Jenis bakat media sosial yang paling umum

Makro-influencer

  • 50.000 hingga 1 juta pengikut
  • Keahlian industri menjangkau audiens yang sangat luas dengan satu posting
  • Thought leaders, profesional, pakar akademis

Mega-influencer

  • Lebih dari 1 juta pengikut
  • Selebriti, atlet profesional
  • Dukungan dari tokoh masyarakat terkenal

Baca juga: Pengertian Analisis Lima Kekuatan Porter, Faktor, dan Contohnya

Mengapa penting bagi merek untuk bermitra dengan social media influencer?

Dengan bermitra dengan social media influencer, merek dapat memperluas jangkauan pemasaran mereka dan mendapatkan keuntungan dari target audiens yang sudah jadi. Jaringan media sosial dapat menjadi saluran yang ideal untuk kampanye business-to-consumer (B2C).

Kemitraan antara social media influencer dan perusahaan dapat menjadi perjanjian jangka pendek untuk promosi berbayar. Sebagai imbalan atas produk gratis, program pemasaran afiliasi, atau kompensasi uang, seorang influencer dapat mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda kepada pengikut mereka.

Tips untuk bermitra dengan social media influencer.

Jika Anda memutuskan ingin menggunakan pemasaran influencer untuk mendorong konversi dan mengembangkan merek Anda, pastikan untuk mengembangkan rencana strategis untuk mencapai tujuan spesifik untuk investasi Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari taktik pemasaran ini:

Temukan influencer terbaik di niche Anda

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menemukan influencer media sosial paling populer di niche Anda. Luangkan waktu di setiap platform media sosial untuk mencari akun populer yang memposting konten yang terkait dengan produk atau layanan Anda.

Catat nama mereka bersama dengan berapa banyak pengikut yang mereka miliki di platform itu. Anda mungkin juga ingin mencatat apakah mereka telah mempromosikan suatu produk di masa lalu, karena ini mungkin merupakan indikasi bahwa mereka terbuka untuk menjadi influencer bagi Anda.

Fokus pada mikro-influencer

Bekerja dengan mikro-influencer bisa menjadi cara yang bagus untuk menargetkan topik yang sangat spesifik dengan anggaran yang lebih kecil. Anda sering dapat menghabiskan jumlah uang yang sama untuk beberapa mikro-influencer daripada satu makro-influencer dan masih melibatkan jumlah orang yang sama.

Mikro-influencer adalah jenis influencer media sosial yang paling umum, dan mereka dapat menawarkan beragam pengikut dan kepribadian yang sesuai dengan merek Anda.

Selidiki setiap influencer

Setelah Anda memiliki daftar influencer potensial, Anda harus melihat masing-masing sedikit lebih jauh. Saat Anda menyewa influencer untuk mempromosikan merek Anda, mereka menjadi duta merek untuk citra Anda.

Anda tidak ingin mempekerjakan seseorang untuk mengiklankan produk Anda hanya untuk mengetahui kemudian bahwa mereka telah membuat pernyataan kontroversial di platform mereka sebelumnya.

Pilih beberapa pesaing kuat dari daftar awal Anda, lalu coba pelajari lebih lanjut tentang latar belakang mereka, audiens mereka, dan jenis konten yang mereka posting. Semakin banyak Anda dapat mempelajari tentang mitra potensial, semakin besar kemungkinan Anda akan dapat mencocokkan influencer dengan produk atau layanan dan tujuan Anda.

Tetapkan anggaran

Seperti halnya kampanye pemasaran, penting untuk menetapkan anggaran sebelumnya. Jika ini adalah kampanye pemasaran influencer pertama Anda, pertimbangkan untuk memulai dengan anggaran kecil sebelum meningkatkannya.

Kemudian, saat Anda mencari influencer untuk diajak bekerja sama, ingatlah anggaran Anda. Anda pasti ingin menemukan nano-influencer atau mikro-influencer yang akan memberi Anda pengembalian terbaik atas investasi Anda.

Luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran influencer dan cara terbaik untuk membelanjakan uang Anda, yang akan memungkinkan Anda mengalokasikan anggaran dengan lebih baik.

Putuskan siapa yang memiliki konten

Bekerja dengan influencer seperti membentuk kemitraan. Bersama-sama Anda membuat konten yang akan diposting oleh influencer dengan tujuan mempromosikan produk Anda.

Satu hal yang harus Anda putuskan adalah siapa yang pada akhirnya memiliki konten tersebut. Jika Anda ingin tetap mengontrol konten, penting untuk membuat perjanjian sindikasi konten atau menegosiasikan persyaratan sebelum Anda bermitra dengan influencer.

Baca juga: Komponen Rencana Penjualan Beserta Template dan Contohnya

Bagikan konten buatan pengguna atau user generated content (UGC)

Konten buatan pengguna adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan kehadiran online Anda. Misalnya, katakanlah pelanggan memposting ulasan positif yang tidak diminta tentang produk Anda.

Ketika ini terjadi, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat pemasaran dari mulut ke mulut gratis di media sosial, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk lebih mempromosikan produk di iklan sosial berbayar Anda yang lain.

Dengan izin pelanggan, Anda dapat memposting ulang ulasan mereka di saluran media sosial merek Anda sendiri atau halaman testimonial di situs web Anda. Beberapa perusahaan meluncurkan program rujukan untuk mendorong penjualan dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan setia.

Pastikan untuk memutuskan jenis insentif apa yang mungkin Anda tawarkan kepada influencer dan pelanggan tetap untuk menunjukkan penghargaan Anda.

Spesifik tentang persyaratan konten

Tip penting adalah menjadi sangat spesifik tentang apa yang Anda inginkan dari influencer. Jika Anda membiarkan persyaratan Anda terbuka, Anda mungkin tidak senang dengan apa yang dibuat atau diposting oleh influencer. Beri tahu mereka konten seperti apa yang Anda ingin mereka buat, apa yang Anda ingin mereka katakan di dalamnya, dan kapan konten tersebut perlu diposting.

Dapatkan perjanjian secara tertulis

Pastikan untuk spesifik, dan juga dapatkan persetujuan Anda secara tertulis untuk mencegah perselisihan atau kebingungan. Dengan memiliki semuanya secara tertulis sebelum pekerjaan dimulai, Anda akan memiliki dokumen yang dapat Anda berdua kembalikan untuk mendapatkan panduan.

Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan perjanjian nondisclosure (NDA) yang mencantumkan semua detail pengaturan Anda. Kemudian, kirimkan ini ke influencer dan minta mereka untuk menanggapi bahwa mereka telah meninjau dokumen dan menyetujui semua poin.

Baca juga: Social Listening: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Bekerja dengan beberapa influencer

Setelah Anda menjalankan kampanye yang sukses dengan satu influencer, Anda dapat mempertimbangkan untuk memperluas pemasaran influencer Anda. Bekerja dengan banyak influencer memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat pesan Anda dengan audiens yang tumpang tindih.

Misalnya, jika seseorang mengikuti dua influencer yang Anda gunakan untuk mempromosikan merek Anda, itu adalah seseorang yang sekarang dua kali lebih mungkin melihat pesan Anda.

Selain itu, karena mereka berada di kedua audiens influencer, mereka cenderung menjadi target ideal Anda. Tidak ada yang memiliki pengikut yang sama persis, jadi semakin banyak influencer yang bekerja dengan Anda, semakin banyak orang yang dapat Anda jangkau.

Coba platform yang berbeda

Sejalan dengan menggunakan influencer yang berbeda menggunakan platform media sosial yang berbeda. Setiap platform berisi berbagai macam orang, tetapi beberapa lebih baik dalam menjangkau satu audiens daripada yang lain. Jalankan kampanye uji coba di setiap platform untuk melihat hasil seperti apa yang Anda dapatkan. Setelah Anda mengetahui platform mana yang paling cocok untuk merek Anda, Anda dapat mendedikasikan lebih banyak sumber daya Anda di sana.

Baca juga: Ingin Membangun Merek? Perhatikan 4 Langkah ini

Lacak hasil Anda

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kesuksesan pemasaran influencer Anda adalah dengan menghitung tayangan dan mengevaluasi hasil Anda. Dengan setiap kampanye yang Anda jalankan, Anda harus memiliki sistem untuk melacak hasil Anda.

Misalnya, jika Anda menyewa influencer untuk mempromosikan salah satu produk Anda, Anda pasti ingin tahu persis berapa banyak orang yang mengunjungi halaman situs web Anda karena influencer itu. Anda kemudian dapat membandingkan keberhasilan influencer itu dengan orang lain dan membuat keputusan yang lebih baik di masa mendatang.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai social media influencer dan tips dalam memilih influencer yang baik untuk bisnis Anda. Sama seperti kampanye pemasaran lainnya, saat memilih social media influencer tetao harus menentukan anggaran dan mencatatnya di dalam laporan arus kas Anda secara rapi dan tepat. Karena hal tersebut akan mempengaruhi laporan keuangan bisnis Anda dan akan berimbas pada kondisi finansial bisnis Anda.

Agar lebih mudah untuk mencatat laporan arus kas, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini mampu menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di manapun dan kapanpun Anda berada.

Selain itu, setiap kegiatan bisnis yang Anda lakukan pun akan menjadi lebih mudah karena Accurate Online sudah dibekali dengan berbagai fiturnya yang sangat berguna.

Anda bisa langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari secara gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan