Strategi Pemasaran Internasional: Ini Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Sebagian besar pebisnis pasti sangat mengimpikan bisnisnya menembus pasar internasional. Nah, bila Anda adalah salah satunya, maka Anda harus mengetahui strategi pemasaran internasional terlebih dahulu untuk bisnis Anda.

Sebagai seorang pebisnis, pasti Anda akan merasa senang bila bisnis Anda berkembang dengan pesat. Namun, kerja keras Anda tidak boleh berhenti begitu saja, Anda harus bisa menemukan strategi pemasaran produk yang lebih tepat dan terarah lagi.

Kenapa? karena tanpa adanya strategi pemasaran yang tepat, tentunya bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan optimal.

Dengan adanya pasar luar negeri yang terus berkembang di setiap harinya, maka ini sebenarnya adalah waktu yang tepat bagi bisnis Anda untuk mulai bersaing dengan para pebisnis internasional dan ternama lainnya. Melakukan pemasaran produk secara internasional juga sebenarnya tidak terlalu sulit seperti yang Anda bayangkan.

Lantas, apa saja strategi pemasaran internasional tersebut? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang strategi pemasaran internasional dibawah ini.

4 Strategi Pemasaran Internasional

1. Pastikan Kualitas Produk

Strategi pemasaran internasional pertama adalah memasatikan kualitas produk. Sebelum memutuskan untuk memasarkan produk secara internasional ke negara lain, maka terlebih dahulu Anda harus memastikan dengan tepat bahwa produk yang Anda tawarkan ke pasar internasional Adalah barang atau jasa dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Mampu Mendatangkan Keuntungan, Ini Fungsi Media Promosi

2. Promosi dan Iklan Melalui Media Sosial

Strategi pemasaran internasional kedua adalah melakukan promosi dan iklan via medaia sosial. Memasarkan produk ke berbagai media online bisa Anda jadikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat tepat. Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di dalam Google Ads ataupun Facebook Ads untuk bisa mengiklankan produk Anda serta menargetkan siapa saja yang melihat iklan Anda secara lebih detail.

Anda bisa memilih kota dan negara tujuan penerima iklan serta profesi dan juga perilaku dari setiap orang yang nantinya bisa Anda atur di dalam iklan Anda.

3. Melakukan Riset Bisnis

Strategi pemasaran internasional ketiga adalah melakukan riset bisnis. Riset bisnis memiliki peranan yang sangat penting saat Anda memiliki rencana untuk masuk ke dalam pasar internasional. Anda harus memahami siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Sehingga, nantinya Anda bisa memahami berbagai kemungkinan dan juga langkah apa saja yang harus Anda tempuh untuk bisnis Anda di masa depan.

Agar bisa memastikan lebih jauh lagi, Anda bisa mempelajari berbagai kelayakan bisnis yang ada di negara target Anda. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa lebih memahami peluang bisnis Anda di masa depan pada negara tersebut.

Anda bisa melakukan riset bisnis melalui internet dalam mempelajari pola dan juga kondisi bisnis lokal yang terdapat di dalam negara tersebut dan juga berbagai negara lainnya.

4. Market Intelligence

Market Intelligence adalah mencari pengetahuan terkait pasar yang ingin Anda tuju. Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan survei pasar. Tujuannya adalah untuk memperoleh berbagai data terkait kondisi pasar, produk sejenis yang ada di pasaran, kualitas barang, harga kompetitor, dan berbagai hal lainnya.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa mempersiapkan produk Anda secara lebih matang untuk bisa masuk ke dalam pasar internasional dan juga bersaing dengan berbagai kompetitor yang berada di mancanegara.

Baca juga: Tips Branding Produk Terkini dan Terupdate Untuk Bisnis Anda

5. Manfaatkan Media Digital

Hal terakhir yang harus Anda jadikan pertimbangan sebelum memasarkan produk secara internasional di tengah-tengah perkembangan dunia teknologi yang cepat ini adalah menggunakan media digital.

Selain mengikuti pameran tertentu untuk bisnis Anda, media digital juga bisa membantu proses strategi pemasaran internasional Anda, seperti dengan menggunakan website.

Dengan menggunakan website yang dibuat secara khusus untuk bisnis, maka akan membantu para calon pelanggan untuk bisa memperoleh informasi lengkap terkait profil perusahaan, jenis bisnis Anda, dan juga berbagai produk ataupun jasa yang ingin Anda tawarkan.

Untuk itu, pastikanlah Anda menggunakan website dengan berbagai fitur yang lengkap tanya adanya coding. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi karena harus mengeluarkan dana yang lebih banyak dalam merekrut developer baru untuk mengembangkan website Anda.

Selain itu, media digital lainnya yang harus Anda manfaatkan adalah platform POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir digital. Salah satu aplikasi kasir digital yang harus Anda pertimbangkan adalah Accurate POS.

Terintegrasi langsung dengan ekosistem Accurate Online, Accurate POS akan membantu Anda dalam melakukan penjualan, mengelola pelanggan, melakukan manajemen karyawan, hingga mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Tertarik? Silahkan coba Accurate POS terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.