Tips Penting Agar Toko Fisik Anda Aman dari Pencurian

Setiap pebisnis yang bijak harus selalu siap menghadapi setiap kemungkinan terburuk yang mungkin bisa terjadi. Hal tersebut mencakup berbagai hal yang berada diluar perkiraan, seperti tindakan pencurian di toko.

Apapun skenarionya, produk yang hilang karena dicuri adalah pengalaman buruh yang harus diantisipasi dengan baik agar tidak terjadi. Lalu, bagaimana caranya?

5 Tips Menjaga Keamanan Toko Fisik Anda

1. Perhatikan Posisi Display Produk

Posisi dan penempatan produk sangat berdampak pada keamanan produk dari kegiatan pencurian. Untuk itu, hindarilah penempatan produk di sisi pokok yang sulit dipantau oleh karyawan ataupun penjaga toko Anda. selain itu, Anda juga bisa memisahkan produk yang harganya lebih mahal ke tempat yang lebih dekat dengan kasir agar lebih mudah terpantau.

Anda juga bisa menggunakan lemari yang sudah dilengkapi dengan tingkat keamanan yang lebih agar bisa menjaga keamanan produk.

2. Berdayakan Karyawan 

Sebagai pihak yang bertanggung jawab dan selalu berada di toko, karyawan adalah pihak pengamanan pertama yang harus Anda siapkan agar mencegah aksi pencurian. Untuk itu, Anda harus melatih mereka untuk memantau dan mencegah aksi pencurian toko.

Potensi buruk lainnya yang harus Anda waspadai adalah pencurian yang dilakukan oleh karyawan yang tidak jujur. Untuk bisa meminimalisir hal tersebut, maka Anda harus merekrut karyawan yang jujur dan memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

3. Buat Peraturan yang Tegas

Memberlakukan peraturan yang tegas atas aksi pencurian harus Anda lakukan. Selain mampu membuat toko lebih aman, peraturan tersebut juga mampu memberikan efek jera pada para pencuri agar tidak mengulangi aksinya.

Menerapkan peraturan yang tegas ini juga bisa Anda terapkan pada tim internal, yaitu pada mereka yang bertugas di toko. Anda bisa memberikan sanksi dan juga hukuman yang sesuai dengan kesalahan yang mereka lakukan agar tidak mengulangi kesalahan tersebut lagi.

4. Kontrol Stok Secara Berkala

Kontrol stok secara berkala memiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui kondisi aktual produk dan jumlah stok yang ada. Bila terdapat selisih yang sangat mencurigakan, Anda bisa langsung melakukan investigasi dan mengetahui penyebab hilangnya produk tersebut.

Pendataan stok yang dilakukan secara manual tentunya sangat melelahkan dan membutuhkan waktu yang banyak. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang sudah dilengkapi dengan fitur inventory.

Selain bisa melakukan kontrol alur stok, Anda juga bisa melakukan penyesuaian stok bila terjadi selisih antar data yang ada di sistem dan data aktual yang terdapat di toko Anda. sehingga, proses pemantauan stok di toko fisik Anda akan jauh lebih aman dan mudah.

5. Gunakan Alat Keamanan Pendukung

Solusi lainnya yang bisa Anda terapkan dalam mengontrol kegiatan di toko dan membuat toko fisik Anda lebih aman adalah dengan menggunakan teknologi dan alat keamanan. Tapi bila Anda memiliki masalah dalam hal anggaran, maka Anda bisa menggunakan alat pendukung lain seperti dengan menggunakan cermin yang terdapat di berbagai sisi toko.

Selain cermin, Anda juga menggunakan kamera CCTV atau jasa pengamanan security bila memang skala toko Anda lebih besar dan lebih luas.

Penutup

Tugas utama para pebisnis toko adalah membuat toko yang nyaman dan aman. Untuk itu, dibutuhkan perlindungan lebih agar Anda bisa meminimalisir resiko terburuk yang bisa terjadi kapan saja dan dari mana saja, termasuk dari pegawai Anda sendiri.

Dengan menggunakan aplikasi kasir yang lengkap dari Pawoon Pos, maka Anda bisa lebih mudah lagi dalam memantau setiap kegiatan karyawan di toko. Di dalam aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur absensi berteknologi face recognition, maka Anda bisa memastikan keamanan dan performa karyawan tanpa harus capek-capek ke toko.

Terlebih lagi, saat ini Pawoon Pos sudah terintegrasi dengan Accurate Online. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas sinkronisasi data pembelian dan penjualan, melaporkan harga produk secara otomatis, memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan impor dan ekspor barang, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Yuk cari tahu selengkapnya dengan klik tautan gambar di bawah ini.