Usaha Es Krim dan Tips Sukses Menjalankannya

oleh | Okt 20, 2023

source envato.

Mengenal Usaha Es Krim dan Tips Sukses Menjalankannya

Usaha es krim, dalam dunia kuliner, adalah salah satu bisnis yang telah mengukir sejarah panjang dalam menaklukkan lidah setiap generasi. Dari generasi ke generasi, es krim tetap menjadi primadona yang tak pernah pudar pesonanya.

Bisnis ini tidak hanya menghadirkan sensasi rasa yang memikat, tapi juga membawa cerita panjang perkembangan yang tak pernah lekang oleh waktu.

Dalam kesempatan kali ini, mari kita akan pelajari lebih dalam tentang usaha es krim, peluang usaha es krim di Indonesia, dan tips menjalankannya.

Mengenal Usaha Es Krim

Mengenal Usaha Es Krim

ilustrasi usaha es krim. source envato

Dilansir dari laman Webstaurantstore, usaha es krim adalah sektor bisnis yang telah lama memikat hati para pelanggan dengan produk makanan penutup yang lezat dan menyegarkan. Es krim adalah produk yang sangat populer di seluruh dunia dan telah menjadi ikon kuliner dalam berbagai budaya.

Untuk mengenal lebih jauh tentang usaha es krim, ada beberapa aspek yang perlu dipahami, yaitu:

  • Sejarah Panjang

Es krim telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun asal usulnya masih diperdebatkan, es krim pertama kali disajikan pada zaman Kekaisaran Tiongkok dan kemudian dibawa ke Eropa oleh para penjelajah. Di Amerika Serikat, es krim mulai populer pada abad ke-18.

  • Ragam Rasa dan Jenis

Es krim hadir dalam berbagai rasa dan jenis. Mulai dari rasa klasik seperti vanilla, cokelat, dan stroberi hingga rasa eksotis seperti lavender, mangga, dan pisang cokelat.

  • Proses Pembuatan

Pembuatan es krim melibatkan pengolahan bahan seperti susu, gula, dan perasa. Proses pembekuan dengan suhu rendah membuat es krim memiliki tekstur lembut dan krimi. Aditif seperti emulsifier dan stabilizer juga digunakan untuk menjaga kualitasnya.

  • Penyajian Kreatif

Selain rasa, penyajian es krim juga menjadi fokus penting dalam bisnis ini. Es krim dapat disajikan dalam berbagai bentuk, termasuk cone, gelas, sundae, dan wafel.

  • Tantangan dan Peluang

Meskipun bisnis es krim menjanjikan, setiap pemilik usaha es krim harus menghadapi tantangan seperti musim dan persaingan. Namun, dengan kreativitas dalam menciptakan rasa unik, promosi yang efektif, dan lokasi strategis, peluang untuk sukses dalam bisnis ini tetap terbuka lebar.

  • Perkembangan Kontemporer

Seiring dengan perkembangan gaya hidup sehat dan kesadaran akan makanan organik, beberapa produsen es krim telah beralih ke produk yang lebih sehat, seperti es krim rendah lemak atau bebas gula. Selain itu, ada juga tren vegan yang menyebabkan munculnya es krim vegan yang dibuat tanpa bahan-bahan hewani.

Usaha es krim adalah bisnis yang menarik, tidak hanya karena produknya yang enak, tetapi juga karena warisan dan budaya yang menyertainya. Bagi Anda yang ingin memulai atau mengembangkan usaha es krim, pemahaman mendalam tentang industri ini dan inovasi dalam rasa dan penyajian akan menjadi kunci keberhasilan Anda.

Baca juga: Pengertian Sistem Kasir dan 10 Teknologi Terkini di Dalamnya

Peluang Usaha Es Krim Di Indonesia

Peluang Usaha Es Krim Di Indonesia

ilustrasi usaha es krim. source envato

Peluang usaha es krim di Indonesia sangat menjanjikan karena masyarakat Indonesia menyukai makanan penutup yang menyegarkan seperti es krim. Selain itu, iklim tropis Indonesia yang berjalan sepanjang tahun membuat es krim menjadi produk yang diminati. Berikut beberapa peluang usaha es krim di Indonesia:

1. Waralaba Es Krim

Membuka gerai es krim waralaba yang sudah dikenal di Indonesia atau dari luar negeri bisa menjadi peluang yang menarik. Nama-nama seperti McDonald’s, Baskin-Robbins, atau lokal seperti Ragusa Es Krim telah sukses di pasar es krim Indonesia.

2. Es Krim Khas Lokal

Mengkreasikan es krim dengan rasa-rasa khas Indonesia dapat menjadi daya tarik tersendiri. Contohnya, es krim dengan rasa durian, ketan hitam, pandan, atau es krim tahu bulat. Varian rasa ini bisa menarik perhatian wisatawan dan pecinta makanan lokal.

3. Es Krim Kesehatan

Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan, terdapat peluang dalam memproduksi es krim rendah lemak, bebas gula, atau vegan. Sehingga akan menarik pelanggan yang mencari alternatif lebih sehat.

4. Es Krim Unik

Inovasi dalam rasa dan tampilan bisa menjadi daya tarik. Es krim dengan hiasan unik, seperti permen, bunga mawar, atau berbagai lapisan warna, dapat menjadi trendsetter di pasar.

5. Katering Acara

Menyediakan layanan es krim untuk acara-acara khusus seperti pesta ulang tahun, pameran, atau pernikahan adalah bisnis yang menguntungkan. Anda bisa menyewakan gerobak es krim atau menyediakan es krim dalam berbagai varian rasa.

6. Es Krim Online

Menjual es krim secara online dan mengirimkannya langsung ke pelanggan bisa menjadi pilihan yang menarik. Dengan adanya dukungan online marketing, Anda dapat menjangkau pelanggan dari berbagai wilayah.

7. Gerai Es Krim di Tempat Wisata

Berlokasi di tempat-tempat wisata seperti pantai, taman bermain, atau tempat-tempat rekreasi lainnya dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, terutama selama musim liburan.

8. Es Krim Kemasan Mini

Mempasarkan es krim dalam kemasan mini atau anak-anak, bisa menjadi pilihan yang baik untuk menarik pelanggan yang mencari porsi kecil atau yang ingin mencicipi berbagai rasa.

9. Pelatihan Pembuatan Es Krim

Menawarkan kursus atau pelatihan dalam pembuatan es krim bagi individu atau pemilik usaha makanan juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan.

10. Kemitraan dengan Restoran dan Kafe

Bekerjasama dengan restoran atau kafe untuk menyediakan es krim sebagai penutup atau pilihan menu adalah cara lain untuk memperluas pasar.

Baca juga: Pengertian Alat Kasir dan 10+ Manfaatnya Bagi Bisnis untuk Berkembang

Tips Menjalankan Usaha Es Krim di Indonesia

Tips Menjalankan Usaha Es Krim di Indonesia

ilustrasi usaha es krim. source envato

Menjalankan usaha es krim di Indonesia bisa menjadi peluang yang menjanjikan, tapi juga memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Berikut beberapa tips untuk sukses dalam menjalankan usaha es krim di Indonesia:

1. Riset Pasar

Lakukanlah penelitian pasar untuk memahami preferensi dan perilaku konsumen di daerah tempat Anda berencana membuka usaha. Pertimbangkan juga faktor-faktor lain seperti rasa yang banyak disukai banyak otang, harga yang bersaing, dan lokasi yang strategis.

2. Inovasi Rasa

Cobalah untuk berinovasi dalam menciptakan rasa-rasa unik yang dapat membedakan usaha Anda dari kompetitor. Pertimbangkan juga untuk menciptakan es krim dengan rasa lokal atau musiman untuk menarik perhatian pelanggan.

3. Kualitas Bahan Baku

Pastikan bahan baku yang Anda gunakan memiliki kualitas tinggi. Es krim yang enak biasanya terbuat dari susu segar dan bahan-bahan berkualitas tinggi lainnya. Kualitas bahan akan memengaruhi cita rasa produk akhir.

4. Sanitasi dan Keamanan

Jagalah kebersihan dan keamanan dalam proses pembuatan es krim. Pastikan juga staf Anda mengikuti pedoman sanitasi yang ketat dan peralatan Anda selalu bersih.

5. Lokasi yang Strategis

Pilihlah lokasi yang strategis, seperti di pusat perbelanjaan, dekat sekolah atau tempat-tempat wisata. Lokasi yang baik dapat meningkatkan jumlah pelanggan potensial.

6. Pelayanan Pelanggan

Berikanlah pelayanan pelanggan yang baik dan ramah. Kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis makanan apapun.

7. Kemitraan

Pertimbangkan juga untuk bermitra dengan restoran, kafe, atau tempat-tempat makan lainnya untuk menyediakan es krim sebagai bagian dari menu mereka.

8. Harga yang Bersaing

Tentukanlah harga yang bersaing dengan produk sejenis di pasar. Anda juga bisa menawarkan variasi ukuran porsi agar dapat menjangkau berbagai segmen pelanggan.

9. Promosi dan Pemasaran

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan online marketing untuk mempromosikan usaha Anda. Postinglah gambar produk dan tawarkan promo khusus secara berkala.

10. Musim dan Musiman

Pertimbangkanlah bagaimana Anda dapat mengatasi perubahan musim di Indonesia. Selama musim hujan, misalnya, Anda dapat menawarkan es krim panas atau varian rasa yang cocok dengan cuaca saat itu.

11. Kualitas dan Konsistensi

Pastikan kualitas dan konsistensi produk Anda tetap terjaga dari hari ke hari. Pelanggan akan sangat mengharapkan rasa yang konsisten setiap kali mereka berkunjung.

12. Pengelolaan Keuangan yang Bijak

Berusahalah untuk mengelola keuangan usaha Anda dengan bijak. Buatlah anggaran, pantau biaya operasional, dan pastikan Anda memiliki sumber pendapatan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan usaha.

13. Lisensi dan Izin

Pastikan Anda memahami dan mematuhi semua peraturan dan izin yang berlaku dalam usaha makanan, termasuk izin kesehatan dan lingkungan.

14. Evaluasi dan Koreksi

Cobalah untuk selalu terbuka terhadap feedback pelanggan. Evaluasi bisnis Anda secara berkala dan siap untuk melakukan perbaikan atau perubahan jika diperlukan.

15. Berfokus pada Kualitas

Jangan mengorbankan kualitas demi mengurangi biaya. Kualitas es krim yang tinggi adalah kunci untuk mempertahankan dan menarik pelanggan.

Ingatlah selalu bahwa menjalankan usaha es krim memerlukan kesabaran dan kerja keras. Dengan perencanaan, inovasi, dan pelayanan yang baik, Anda memiliki peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis ini di Indonesia.

Baca juga: Pengertian Program Kasir dan 15 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilihnya

Kini Menjalankan Usaha Es Krim dan Bisnis F&B Lain akan Jauh Lebih Baik dengan Accurate POS

Dengan berbagai fitur yang terdapat di aplikasi kasir digital Accurate POS, Anda tidak hanya bisa mempercepat kegiatan transaksi di konter kasir. Karena, Accurate POS juga akan membantu pembukuan Anda menjadi lebih otomatis, cepat, dan akurat.

Accurate POS juga mampu membantu Anda dalam mengelola persediaan, mengelola karyawan, dan mengelola bisnis secara menyeluruh.

Seluruh fitur yang ada di dalamnya akan membuat bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Nah, salah satu fitur terbarunya adalah fitur Modifiers.

Fitur Modifiers untuk Semakin Permudah Bisnis F&B Anda

fitur modifiers APOS

Usaha es krim pada dasarnya adalah jenis usaha F&B. Sama seperti bisnis F&B lainnya, di dalam usaha es krim, seperti es krim gelato, pasti akan ada banyak variasi pilihan rasa maupun topping yang disediakan. Sebagai pebisnis, bila Anda masih menggunakan cara yang manual, Anda akan kesulitan untuk menetapkan harga ataupun untuk melakukan penyesuaian persediaan yang ada, sehingga akan memakan banyak waktu.

Untungnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan fitur Modifiers dari Accurate POS. Dengan adanya fitur terbaru ini, nantinya Anda bisa memodifikasi variasi pilihan pesanan sesuai dengan yang diharpkan oleh pembeli, seperti pilihan rasa maupun topping es krim gelato.

Persediaan topping atau varian rasa juga nantinya akan berkurang atau terupdate secara otomatis setelah ada pembelian. Lebih dari itu, harga jualnya pun nanti bisa Anda modifikasi sendiri bila memang terdapat variasi pilihan rasa yang tidak sesuai dengan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

Jadi, dengan Accurate POS, seluruh proses administrasi dan pengelolaan yang sebelumnya dilakukan secara manual akan terselesaikan secara lebih cepat dan Anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk fokus mengembangkan bisnis secara lebih baik.

Tunggu apa lagi? Coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

13 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ibnu

Artikel Terkait