Mau Penghasilan Tambahan? Berikut 10 Jenis Kerja Sampingan yang Mudah Dilakukan

Gaji sebagai karyawan kerap kali tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga, banyak juga karyawan atau pegawai yang mencari kerja sampingan. Jenis pekerjaan ini juga kerap dicari oleh karyawan yang memiliki lebih banyak waktu luang. Sehingga, waktu tersebut dapat dimanfaatkan lebih optimal.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang tersedia. Pun, seseorang dapat menciptakannya. Bahkan, banyak juga karyawan yang kerja sampingan dengan penghasilan melebihi gaji utamanya. Nah, peluang ini juga bisa terjadi pada diri Anda. Ada 10 ide kerja sampingan untuk menambah penghasilan. Penasaran? Yuk, intip informasinya di bawah ini!

1. Menjual Foto di Internet

Apabila Anda memiliki hobi fotografi, maka kerja sampingan yang satu ini cocok untuk dijalankan. Dari hobi tersebut, Anda pun bisa memperoleh penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan menjual foto hasil jepretan secara daring.

Pada tahap awal, Anda dapat menjualnya melalui situs Istockphoto.com serta ShutterStock.com. Pada situs yang pertama, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 15% setiap foto. Sedangkan situs kedua memberikan komisi 20-30%. Situs lain yang dapat dicoba meliputi Fotolia.com serta StockFresh.com.

Untuk mendapatkan komisi, Anda harus mempersiapkan akun Paypal. Bahkan, kerja sampingan yang satu ini dapat dikatakan tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup menggunakan kamera yang Anda miliki serta koneksi internet yang lancar.

Baca juga : 30 Ide Usaha Kreatif Yang Bisa Anda Jalankan Di Tahun 2020

2. Membuat Jasa Desain Grafis

Desain grafis bukan lah sesuatu yang tidak dapat dipelajari. Apabila Anda memiliki passion pada bidang membuat desain, maka mempelajari desain grafis akan menjadi kerja sampingan yang menguntungkan. Beberapa produk yang dapat Anda jual meliputi logo, kartu nama, maskot, poster, baju, interior, booth, dan sebagainya.

Anda dapat menawarkan jasa melalui offline atau online. Manfaatkan beberapa pasar desainer online seperti pada Sribu.com serta Projects.co.id. Akan menjadi nilai plus jika Anda bisa berbahasa Inggris. Sehingga, Anda dapat mempromosikan jasa secara internasional.

Jika Anda tertarik menjangkau pasar luar negeri, maka situs yang bisa dimanfaatkan meliputi Elance.com, 99designs.com, serta Upwork.com. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan kerja sampingan ini hanya skill, koneksi internet, dan software desain.

3. Jasa Les Privat

Apabila Anda menjadi seorang guru, maka, kerja sampingan yang paling tepat adalah dengan membuka jasa les privat. Salah satu jenis pengetahuan yang paling dibutuhkan saat ini adalah Bahasa Inggris. Buka lah les privat Bahasa Inggris untuk pelajar di daerah sekitar.

Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan musik mulai dari piano, gitar, atau sebagainya. Patokan biaya yang dibebankan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan warga sekitar.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kosmetik? Berikut adalah Tips untuk Mengembangkannya

4. Jasa Penerjemahan

Menguasai beberapa bahasa merupakan salah satu ladang penghasilan yang mumpuni. Ada banyak kerja sampingan yang membutuhkan skill alih bahasa. Nah, salah satunya adalah jasa penerjemahan.

Dimana jasa ini tidak memerlukan banyak modal. Sebab, alat yang dibutuhkan hanya mesin cetak, laptop, serta koneksi internet. Jika ada kalimat yang masih belum diketahui, sila menggunakan Google Translate.

Untuk memulai jasa penerjemahan, Anda bisa bergabung pada grup online yang membutuhkan jasa penerjemahan. Beberapa situs terkait meliputi Sribulancer dan Freelancer Indonesia.

5. Broker Properti

Properti adalah salah satu investasi jangka panjang yang menggiurkan. Untuk itu, peminatnya selalu bertambah dari waktu ke waktu. Kebutuhan akan properti juga akan selalu meningkat. Sehingga, menjadi broker properti bisa menjadi kerja sampingan yang cukup prospektif.

Anda bisa melakukan kerjasama dengan pihak pemasaran properti. Dengan begitu, Anda pun dapat mengetahui profit dan bonus yang akan diterima jika berhasil menjualnya.

Modal yang Anda perlukan meliputi kemampuan memengaruhi customer. Pun, Anda harus menguasai ilmu pemasaran agar lebih mudah menawarkan properti pada calon pembeli.

Artikel terkait : Tertarik Bangun Bisnis Properti? Terapkan Beberapa Tips Sederhana ini

6. Jasa Pengetikan

Tak jauh beda dengan jasa penerjemahan, Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk menjalankan kerja sampingan ini. Namun, yang perlu diperhatikan adalah lokasi tempat Anda membuka jasa. Pastikan bertempat di lingkungan kampus dan sekolah.

Sebab, di lingkungan inilah jasa ketik akan banyak peminatnya. Tarif yang dapat dikenakan pada pelanggan harus disesuaikan dengan kemampuan finansial para pelajar atau mahasiswa. Anda dapat mematok tarif Rp 2.000,- hingga Rp 10.000,- per halaman.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

7. Jasa Memberi Feedback pada website Baru

Bagi freelancer, kerja sampingan yang satu ini memang tidak terlalu asing. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop untuk menekuni pekerjaan ini. Bayaran yang akan Anda dapatkan tergantung dari jumlah akun yang dibuat.

Sebab, semakin banyak akun, maka akan semakin banyak pula feedback positif dari website tersebut.

8. Customer Service

Untuk para karyawan yang sedang mencari kerja sampingan, menjadi customer service bisa Anda lakukan. Selain mudah, pekerjaan ini juga dapat Anda lakukan sehabis pulang kerja.

Cara mencari pekerjaan ini, Anda bisa melacak beberapa situs bagi freelancer seperti Sribulancer.com. Pekerjaan ini biasanya dicari oleh perusahaan untuk mengisi shift malam. Anda hanya perlu melayani customer social media seperti LINE, Whatsapp, website Zendesk Chat, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Skill yang dibutuhkan biasanya menyangkut dengan kemampuan berkomunikasi secara baik dengan orang lain. Dalam hal ini pelanggan.

Baca juga : Mengetahui Secara Lengkap Kerangka Kerja Bisnis Model Canvas

9. Membuat Online Shop

Toko online memang saat ini digandrungi oleh pengusaha di Indonesia. Nah, Anda juga bisa melakukan hal serupa sebagai kerja sampingan. Gaya masyarakat yang cenderung tidak ingin repot berbelanja membuat online shop kian menjamur.

Anda bisa menjual barang milik sendiri atau barang orang lain dengan istilah lain dropship.

Artikel terkait : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Beberapa barang fisik yang sangat laku di pasaran meliputi kerajinan khas daerah, obat herbal, kosmetik, pakaian, tas, kaos, dan sebagainya. Sedangkan barang digital yang memiliki banyak peminat meliputi theme, software, ebook, video tutorial, plugin, dan sebagainya.

Modal yang Anda perlukan meliputi website untuk penjualan. Jika tidak bisa melakukan desain sendiri, sila memanfaatkan template gratis olshop. Jika ingin yang sedikit unik, maka Anda dapat membelinya dengan harga yang cukup murah.

Selain melalui website, Anda juga bisa membuat toko online pada marketplace seperti Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak.

10. Menjual Pulsa Elektrik

Saat ini, pulsa menjadi kebutuhan yang tidak terlepas dari masyarakat. Pasalnya, pulsa akan menunjang cepatnya Anda berkomunikasi. Sehingga, menjual pulsa elektrik sebagai kerja sampingan akan memiliki prospek baik. Bahkan, saat ini ada banyak pengusaha yang sukses karena berjualan pulsa.

Artikel terkait : Memulai Bisnis Pulsa Besar dengan Pembukuan yang Benar

Anda bisa memulai berjualan pulsa dnegan memilih jenis pulsa elektrik. Anda bisa dengan mudah mengaktifkan pulsa elektrik melalui telepon genggam. Sehingga, Anda tidak terlalu repot saat akan melakukan transaksi.

Kerja sampingan ini bisa Anda lakukan dengan modal yang cukup sedikit. Mulai dari satu juta rupiah hingga tiga juta rupiah. Calon konsumen Anda pun sangat luas jangkauannya.

Baca juga : 15 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Mudah Anda Kembangkan

Kesimpulan

Itulah 10 jenis kerja sampingan yang dapat Anda lakukan sembari menjalankan pekerjaan utama. Jika Anda menekuni berbagai pekerjaan di atas, bisa jadi penghasilan yang didapatkan akan lebih menjanjikan. Sehingga, kebutuhan sehari-hari pun bisa terpenuhi.

Untuk memantau setiap keuntungan menyeluruh pada bisnis sampingan Anda, gunakan software akuntansi seperti Accurate Online agar seluruh pemasukan dan pengeluaran Anda bisa terpantau dengan baik.

Dengan fitur terbaik dan harga yang terjangkau, Accurate Online bisa menjadi solusi terbaik untuk pencatatan pembukuan bisnis sampingan yang sedang Anda mulai. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.