10 Tips Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengembangan Bisnis

Ketika menjalankan sebuah bisnis, tentu membutuhkan sebuah modal untuk mengembangkan usaha yang dijalankan. Meskipun besarnya modal usaha tidak selalu menjamin kesuksesan dalam berbisnis, namun dengan sebuah modal yang besar memberikan peluang untuk sukses. Meskipun begitu, tentu tidak perlu khawatir akan bagaimana mendapatkan sebuah modal yang ada.

Bagi seseorang yang hanya memiliki penghasilan standar dan ingin mengembangkan usaha, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal. Dengan mengetahui tips tersebut bisa memberikan kemudahan ketika hendak mengembangkan sebuah bisnis yang ada. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan modal usaha tersebut, diantaranya:

1. Dengan Mencari Seorang Investor

Seorang investor tentu memiliki sebuah aktiva yang terbilang besar, hal tersebut bisa dijadikan saran untuk mendapatkan sebuah modal bagi bisnis yang hendak dijalankan. Ketika seorang wirausahawan berpotensi untuk menggerakkan sebuah ide bisnis, tentunya investor tidak segan untuk memberikan sebuah modal.

Berhubungan dengan seorang investor tidak seperti halnya pinjaman yang harus memainkan bunga dan juga adanya prinsip yang dilunasi. Hal tersebut karena seorang investor berimbas pada profitabilitas dan juga pertumbuhan bisnis. tentu untuk bisa mendapatkan modal dari seorang investor harus mampu mempresentasikan sebuah proposal bisnis yang meyakinkan.

2. Dengan Mengajukan Pinjaman Bisnis

Untuk bisa mengembangkan sebuah bisnis tidak ada salahnya dengan mengambil sebuah pinjaman. Untuk mendapatkan pinjaman bisnis, mungkin perlu menawarkan beberapa bentuk jaminan, hal tersebut sebagai bukti untuk menjamin pinjaman pada bank.

Adanya jaminan ini biasanya berupa jaminan pribadi untuk membayar pinjaman menggunakan aset pribadi sendiri yang dimiliki. Tentu hal tersebut sebagai langkah antisipasi dari pihak bank ketika bisnis yang dijalankan bangkrut atau tidak sesuai dengan harapan. Untuk mendapatkan pinjaman ini perlu memberikan salinan rencana bisnis serta informasi pribadi kepada bank.

Baca juga : Tips Mengajukan Pinjaman Dana ke Bank untuk Kembangkan Bisnis

3. Menanyakan Pada Kerabat Atau Keluarga

Untuk bisa mendapatkan sebuah modal bisa dengan menanyakan kepada kerabat dekat maupun keluarga. Dengan hal ini bisa menjadi langkah aman karena bersifat keluarga. Meskipun masih dalam hubungan darah, tindakan profesional juga harus diutamakan.

Tanyakan kepada teman, keluarga, dan siapa pun yang akan mendengarkan investasi atau meminjamkan uang ke bisnis yang ada. Sampaikan kepada mereka dengan rencana bisnis yang hendak dijalankan. Jelaskan berapa banyak ekuitas yang ditawarkan sebagai imbalan atas modal mereka jika meminta investasi, atau ketentuan pembayaran jika meminta pinjaman.

4. Menggunakan Tabungan Yang Ada

Untuk bisa mendapatkan sebuah modal usaha dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan, bisa dengan menggunakan tabungan yang ada. Setiap orang tentu memiliki sebuah tabungan yang menjadi pegangan dalam menjalankan kesehariannya.

Dengan mengambil tabungan untuk mengembangkan sebuah usaha tidaklah salah. Hal tersebut dilakukan dengan syarat usaha yang dijalankan benar-benar telah terpapar jelas kegiatan serta rencana pengembangan yang akan dilakukan.

Baca juga : Apa itu WFH atau Work From Home? Berikut Pengertian dan Tips Efektif Pelaksanaannya

5. Dengan Menjual Aset Yang Dimiliki

Sebagai sarana mendapatkan modal tambahan dalam pengembangan bisnis, bisa dengan menjual aset yang dimiliki. Pilihlah aset yang sekiranya tidak terlalu penting atau tidak dipakai saat ini. perhatikan sekeliling yang ada, apakah terdapat sebuah aset yang bisa dimanfaatkan atau tidak.

Menjual aset yang dimiliki tidaklah salah, hal tersebut bisa dibeli kembali ketika usaha telah semakin sukses dan juga berkembang. Bagikan dengan menjual sebuah aset yang tidak terlalu penting bisa menjadi sarana yang lebih efektif.

6. Dengan Menggunakan Perantara Gadai

Lain halnya dengan sebuah pinjaman bank yang hanya mengatasnamakan pinjaman dan juga menggunakan jaminan aset yang tinggi. Dengan melakukan gadai bisa menjadi langkah ketika tidak rela dalam melakukan penjualan aset yang dimiliki. Gadai ini bisa dengan mendapatkan sebuah modal namun barang yang dimiliki masih aman.

Gadai bisa menjadi solusi yang tepat ketika memiliki banyak barang yang berharga dan juga memiliki nilai tukar yang tinggi. Meminjam dengan menggadaikan barang akan lebih murah dalam membayar bunga yang ada.

Baca juga : Ingin Usaha Cafe? Berikut 8 Tips Membangun Bisnis Cafe Menguntungkan

7. Memanfaatkan Situs-Situs P2P Lending

Di era yang serba digital ini mendapatkan sebuah modal untuk menjalankan usaha terbilang sangat mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti halnya dengan memiliki perangkat dengan koneksi internet di dalamnya. Dengan mengajukan sebuah pinjaman melalui P2P lending seperti halnya dari KoinWork atau yang lainnya yang bisa menjadi solusinya.

Mendapatkan sebuah modal dengan perantara P2P lending kini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Namun sebelum pada keputusan untuk menggunakan P2P lending tersebut, pastikan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

8. Dengan Mendapatkan Rekan Bisnis

Untuk bisa mendapatkan sebuah tambahan modal bisa dengan mengajak teman untuk bergabung dalam bisnis yang dijalankan. Ketika teman yang ada tertarik untuk mendirikan bisnis bersama, tentu akan memberikan sebuah modal yang bisa menjadikan pengembangan bisnis.

Adanya rekan bisnis juga memiliki keuntungan yang terbilang besar seperti halnya menuangkan ide bisnis agar semakin maju dan juga merencanakan strategi yang ada. Dengan adanya hal tersebut, beban modal untuk menjalankan usaha akan berkurang.

Baca juga : Butuh Dana? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Usaha

9. Mendapatkan Modal Usaha Dari Pelanggan

Pelanggan bisa menjadi sarana untuk mendapatkan sebuah modal untuk mengembangkan bisnis yang ada. Dengan memberikan sebuah diskon atau sistem bayar yang berbeda ketika mampu memberikan sebuah modal bisa menjadi cara yang jitu. Ketika pelanggan telah menggunakan produk, tentu tawaran sebuah diskon sangat menggiurkan.

Dengan tetap mempertahankan kepercayaan pelanggan, cara ini terbilang tepat. Pastikan untuk selalu mempertahankan kualitas bisnis atau usaha yang dijalankan. Bahkan pembayaran saat melakukan pembelian bisa dengan memotong modal yang pernah diberikan tersebut.

10. Mendapatkan Modal Dari Sponsor

Ketika usaha yang dijalankan memiliki peluang yang besar, tidak sedikit sponsor yang akan menawarkan sebuah modal untuk mengembangkan bisnis. sistem kerja sama dengan sponsor ini bisa menjadi aspek yang tepat.

Sponsor bisa memberikan kemudahan ketika kita membutuhkan sebuah modal. Terlebih ketika bisnis yang dijalankan mampu memberikan peluang besar bagi sponsor, tentu modal yang didapatkan bisa besar.

Berbagai cara mendapatkan modal usaha tersebut tentu memiliki keunggulan dan juga kelemahan tersendiri. Pastikan untuk memikirkan rencana bisnis yang lebih agar mampu mendapatkan modal yang lebih besar.

Baca juga : Butuh Dana? Berikut Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Usaha

Kesimpulan

Ada banyaj cara bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis tapi terganjal dengan masalah modal. Hal yang perlu diperhatikan saat Anda meminjam modal pada pihak tertentu, Anda harus bisa memastikan bahwa bisnis Anda bisa berkembang secara optimal setelah Anda mendapatkan permodalan tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah Anda harus membuat laporan keuangan secara transparan dan teratur pada setiap waktu yang ditentukan. Hal ini untuk membuat para stakeholder dan pihak yang memberikan pinjaman bisa memantau bisnis Anda, apakah mengalami kerugian atau keuntungan sehingga mereka bisa mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur pembuatan laporan keuangan secara otomatis seperti Accurate Online.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, baik dari UMKM sampai perusahaan besar, dan bisa dipastikan kalau Accurate Online cocok untuk semua jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik? Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link di bawah ini :

accurate fokus pengembangan