Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan Terbaik untuk Modal Bisnis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa modal adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Ketika ingin membuka atau melakukan pengembangan bisnis, setiap pebisnis pasti akan sangat memerlukan modal. Modal tersebut bisa berasal dari mana saja, salah satunya dari meminjam dana dari pihak lain. Namun, apakah ada pinjaman usaha tanpa jaminan?

Pertanyaan seperti ini kerap kali melayang di benak para pengusaha atau pemilik bisnis. Pasalnya, beberapa pebisnis yang baru ingin memulai usaha ada yang tidak bisa memiliki aset apapun untuk dijaminkan pada pihak pemilik dana, seperti pihak lembaga keuangan, seperti bank.

Nah, bila Anda adalah salah satu pebisnis yang dijelaskan tersebut, maka jangan menyerah dan putus asa untuk menjalankan bisnis. Karena, terdapat beberapa lembaga keuangan yang bersedia memberikan pinjaman usaha tanpa jaminan.

Apa saja lembaga keuangan tersebut? Nah, Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel tentang pinjaman usaha tanpa jaminan di bawah ini hingga selesai.

Rekomendasi Pinjaman Usaha Tanpa Jaminan Terbaik yang bisa Anda coba

1. Pinjaman Usaha Fintech

Rekomendasi pinjaman usaha tanpa jaminan yang pertama adalah Fintech. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Fintech adalah singkatan dari Financial Technology yang memiliki arti teknologi keuangan.

Bila dijabarkan secara lebih lanjut, fintech adalah inovasi teknologi dalam bidang keuangan yang membuat kegiatan transaksi keuangan bisa dilakukan dengan lebih mudah, praktis, dan juga efektif.

Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, fintech pun semakin meningkat dan terus mengalami pertambahan jumlah. Sudah banyak sekali perusahaan fintech yang memiliki layanan pinjaman usaha tanpa jaminan.

Namun, Anda harus lebih cerdas dalam memilih perusahaan fintech tersebut dan pertimbangkan bunga pinjaman yang mereka tawarkan. Pastikanlah perusahaan fintech tersebut sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan mengikuti seluruh peraturan yang dibuat oleh Bank Indonesia.

Hal tersebut sangat penting sekali, karena saat ini banyak juga perusahaan fintech ilegal yang tidak terdaftar OJK serta menerapkan suku bunga yang sangat tinggi dan tidak mengikuti peraturan suku bunga BI.

Baca juga: Apa itu Invoice Financing? Ini Pengertian dan Cara Kerjanya!

2. Pinjaman Usaha Bank

Bank adalah salah satu lembaga keuangan yang ikut andil dalam memberikan pinjaman usaha atau pinjaman lainnya untuk masyarakat Indonesia. Ketika Anda sedang memerlukan pinjaman modal usaha, Anda bisa meminjam modal ke pihak Bank dengan mengikuti berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. Bank mempunyai beragam produk pinjaman dana. Beberapa bank tersebut adalah sebagai berikut:

  • BCA

Bank BCA menyediakan kredit modal kerja BCA yang bisa Anda pertimbangkan. Kredit ini memiliki beragam alternatif pembiayaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa meminjam modal usaha dari mulai 500 juta rupiah sampai dengan 15 miliar rupiah dengan bunga flat perbulan sebesar 0,89%.

Pinjaman modal bisnis BCA ini mempunyai beragam skema, antara lain:

  1. Kredit Lokal: Pembiayaan bisnis yang sifatnya likuid, dimana penarikan dan juga pelunasannya bisa dilakukan sewaktu-waktu dalam jangka waktu fasilitas kredit dengan menggunakan rekening giro.
  2. Installment Loan: Pembiayaan modal bisnis yang mana penarikannya bisa dilakukan secara bertahap atau sekaligus, dan pelunasannya juga bisa dilakukan secara diangsur.
  3. Time Loan: Suatu solusi pembiayaan yang bersifat musiman atau likuid. Anda bisa melakukan penarikan dan melunasinya kapanpun.
  4. Kredit Ekspor: Pembiayaan dalam kegiatan pengumpulan, produksi, dan juga penyiapan barang dalam rangka kegiatan ekspor.

Namun, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi bila ingin melakukan pinjaman modal usaha di Bank BCA, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Sudah berusia 17 tahun ke atas
  3. Usaha sudah dijalankan selama lebih dari 2 tahun.
  4. Memiliki fotokopi NPWP, KTP, Akte pendirian usaha atau SIUP, Kartu Susunan Keluarga, rekening bank selama 3 bulan terakhir, dan lain sebagainya.
  • BRI

BRI adalah pinjaman bank yang memberikan pinjaman usaha mikro dengan bantuan bunga subsidi dari pihak pemerintah sebesar 6% per tahun. Pinjaman usaha ini sangat cocok sekali untuk Anda yang baru merintis bisnis dengan nominal pinjaman hingga 50 juta rupiah per tahun.

Selain itu, tenornya pun lebih fleksibel, dari mulai 12, 18 dan juga 24 bulan. Pinjaman modal usaha bank BRI tanpa modal ini juga memiliki tiga produk utama, yaitu:

  1. Mikro BRI: Jenis kredit investasi atau kredit modal kerja dengan jumlah plafon hingga 40 juta rupiah per nasabah. Waktu tenornya adalah maksimal 3 tahun untuk modal kerja, dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  2. Ritel BRI: Produk ini akan memberikan kredit pada nasabah yang usahanya produktif dan layak dengan plafon pinjaman hingga 500 juta rupiah per debitur. Tenor KUR Ritel ini maksimal 4 tahun sebagai kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  3. TKI BRI: Jenis produk ini akan membiayai keberangkatan calon Tenaga Kerja Indonesia atau TKI ke negara penempatan dan nominal pinjamannya hingga 25 juta rupiah, yang mencakup tujuan negara Brunei, Taiwan, Hongkong, Singapura, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, dan Malaysia.

Berikut ini adalah beberapa ketentuan dan syarat yang harus Anda penuhi bila ingin mengajukan pinjaman modal usaha ke Bank BRI:

  1. Memiliki Bisnis yang produktif dan dianggap layak oleh bank
  2. Sudah melakukan bisnis secara aktif, minimal selama 6 bulan lamanya.
  3. Memenuhi persyaratan administrasi yang berlaku, seperti KTP, KK, surat izin usaha, dan lain sebagainya.
  4. Tidak sedang melakukan layanan kredit dari bank lain, kecuali kredit konsumtif seperti KPR atau KKB.
  • BNI

Bila saat ini Anda sedang mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan, maka Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari BNI bisa Anda coba pertimbangkan. Produk ini mampu memberikan fasilitas kredit untuk para pelaku bisnis mikro, kecil dan koperasi sebagai kredit modal kerja atau kredit investasi.

Anda bisa memperoleh pinjaman modal dari mulai 25 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah dengan jangka waktu 1 hingga 5 tahun. Suku bunga Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari bank BNI ini adalah 6% pertahun dan berlaku dari mulai tanggal 1 Januari 2020.

Pinjaman modal usaha KUR BNI ini juga memiliki beberapa produk, yakni:

  1. Mikro: Pembiayaan modal bisnis hingga 25 juta rupiah dengan tenor hingga 4 tahun
  2. Ritel: Pembiayaan modal bisnis dari mulai 25 juta sampai 500 juta rupiah dengan tenor 5 tahun
  3. TKI: Pinjaman yang khusus untuk para TKI atau Tenaga Kerja Indonesia hingga 25 juta rupiah dengan jangka waktu maksimal 3 tahun, sesuai dengan kontrak kerja yang berlaku.
  4. Khusus: Produk yang dibuat khusus untuk masyarakat tani, seperti pedagang pupuk atau ekosistem pendukung pertanian lainnya. Nominal pinjaman modal usaha ini adalah hingga 22 juta rupiah dengan tenor selama 5 bulan atau seperti satu musim tanam.

Bila Anda tertarik untuk memanfaatkan pinjaman usaha tanpa jaminan dari Bank BNI, maka beberapa syarat yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) sah
  2. Memiliki fotokopi E-KTP dan Kartu Keluarga atau KK
  3. Melampirkan fotokopi Surat Nikah untuk Anda yang sudah menikah.
  4. Fotokopi Surat Izin Usaha atau Keterangan Usaha yang dikeluarkan oleh Kelurahan setempat
  5. Fotokopi dokumen jaminan untuk pengajuan kredit KUR lebih dari 50 juta rupiah
  6. Bisnis sudah berjalan minimal selama 6 tahun
  7. NPWP untuk pengajuan kredit KUR lebih dari 50 juta rupiah.

Baca juga: Mengenal Bunga Floating dan Kelebihannya

3. Pinjaman Usaha Pemerintah

Pemerintah memiliki suatu program Kredit Usaha Rakyat atau KUR. Pinjaman ini disubsidi bunganya oleh pihak pemerintah, sehingga para pelaku bisnis UMKM bisa memperoleh tingkat suku bunga yang sangat rendah.

Terdapat KUR mikro dari pihak pemerintah yang disalurkan melalui bank. Untuk tahun ini, totalnya adalah berjumlah 253 triliun rupiah.

Bank BRI pun memperoleh jatah paling banyak, yaitu sebesar 170 triliun rupiah. Plafon pinjaman maksimal yang ditawarkan adalah lebih dari 50 juta rupiah dengan suku bunga sebesar 6% per tahun dan tenor sampai dengan 24 bulan.

Jika Anda berminat untuk mengajukan usaha tanpa jaminan dari pemerintah ini, maka syarat yang harus Anda penuhi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 bulan, menjalankan kegiatan bisnis di salah satu e-commerce atau perusahaan angkutan online, tidak sedang mendapatkan kredit dari bank kecuali KPR, KKB atau kartu kredit.
  • Melengkapi Dokumen KK, KTP dan juga SIUP.
  • Pengajuan bisa online melalui situs KUR, atau offline dengan mengunjungi kantor cabang Bank yang telah bekerjasama dengan pemerintah.

4. Pinjaman Usaha E-commerce

Sebagian besar dari kita pasti sudah sangat akrab dengan istilah e-commerce. Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, E-commerce sudah tidak hanya digunakan sebagai platform penjualan barang dan jasa saja. E-commerce juga bisa menawarkan fasilitas pinjaman online, terutama untuk mitra penjualnya.

Baca juga: Apa itu Surat Tagihan? Ini Fungsi dan Komponen di Dalamnya!

Penutup

Demikianlah rekomendasi pinjaman usaha tanpa jaminan yang bisa Anda gunakan, baik itu untuk tujuan menjalankan bisnis yang sedang terpuruk atau untuk melakukan ekspansi bisnis. Jika Anda sudah mendapatkan pinjaman usaha tersebut, maka Anda harus bisa mengelolanya dengan baik agar bisnis Anda bisa tetap berjalan dan melunasi pinjaman dengan lancar.

Nah, untuk bisa lebih mudah dalam mengelola pinjaman atau utang-piutang lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, seluruh kegiatan transaksi keuangan Anda akan tercatat secara otomatis, dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dana pinjaman modal.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lainnya yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.