5 Strategi Melakukan Ekspansi Bisnis yang Berkelanjutan

Siapapun yang memiliki bisnis pasti ada tujuan untuk melakukan ekspansi bisnis. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan ekspansi. Perusahaan atau bisnis menjadi lebih dikenal masyarakat, produk atau jasa semakin mudah diraih pelanggan, dan lain sebagainya.

Ekspansi bisnis adalah tahap kehidupan perusahaan yang penuh dengan peluang dan bahaya. Di satu sisi, pertumbuhan bisnis sering membawa peningkatan kekayaan finansial yang sesuai untuk pemilik dan karyawan.

Namun disisi lain ekspansi bisnis juga menghadirkan kepada para pemilik bisnis kecil berbagai masalah yang harus diatasi. Pertumbuhan menyebabkan berbagai perubahan, yang semuanya menghadirkan manajerial yang berbeda, tantangan hukum, dan keuangan yang juga berbeda.

Manfaat lain dari ekspansi bisnis yang harus diketahui para pebisnis lebih lengkapnya antara lain meningkatkan daya pinjam perusahaan namun kewajiban keuangannya menurun, menambah keterampilan manajemen atau teknologi, mempertimbangkan pajak, meningkatkan likuiditas pemilik, diversifikasi, dan manfaat positif lainnya.
Karena banyaknya manfaat yang bisa diraih perusahaan, maka akan menjadi keputusan yang bagus bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi.

Baca juga : 5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

Strategi Untuk Melakukan Ekspansi Bisnis

Ekspansi bisnis tak serta merta dipalukan begitu saja dengan menambah cabang atau menambah produk yang dijual. Jika perusahaan ingin sukses melakukan ekspansi maka harus ada strategi yang dibuat yang mana akhirnya diwujudkan.

1. Memaksimalkan Produk dan Layanan

Produk dan layanan bisa dikatakan sebagai tolak ukur performa suatu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya. Sebenarnya, ekspansi bisnis sendiri biasa dilakukan oleh perusahaan yang sudah cukup besar, sudah dikenal masyarakat luas, dan sudah memiliki produk atau layanan yang banyak dibutuhkan.

Ini memang menjadi sebuah usaha kecil, namun produk atau layanan yang meningkat atau menguat justru menjadi langkah awal yang bisa dilakukan oleh perusahaan demi bisa melakukan ekspansi.

Baca juga : Berencana Berbisnis? Berikut 7 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Pemula

2. Menyusun Rencana Untuk Ekspansi Bisnis

Apapun yang dilakukan oleh perusahaan tentunya harus direncanakan dengan matang sebelumnya. Tentunya hal ini bertujuan untuk menghindarkan perusahaan dari masalah-masalah, kerugian misalnya.

Ciptakanlah sebuah strategi untuk ekspansi nanti dengan memahami bagaimana kondisi perusahaan saat ini. Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus paham betul bagaimana situasi perusahaan Anda. Anda juga bisa mengobservasi dan mencatat apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jauhilah ambisius yang berlebihan saat melakukan ekspansi nanti, dan pastikan langkah yang diambil sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya.

3. Membuka Cabang Baru

Poin inilah yang paling diketahui orang saat mendengar kata ekspansi perusahaan. Memang benar adanya, tetapi ingat, ekspansi perusahaan tak melulu soal membuka cabang baru saja, melainkan juga didukung oleh beberapa poin di atas dan di bawah ini.

Anda bisa membuka cabang di sekitar cabang yang sebelumnya dan bisa juga membuka cabang di tempat yang jauh dari cabang sebelumnya. Keduanya sama-sama memiliki tujuan dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Cabang baru yang dekat dengan cabang lama biasa dibuka jika cabang yang sudah lama tadi kurang bisa melayani pelanggan karena terlalu banyak pelanggannya. Daripada harus kehilangan pelanggan karena tempat yang ramai dan mungkin ruang yang sempit, perusahaan akan melakukan ekspansi dengan cara membuka cabang yang baru dekat dengan cabang lama.

Membuka cabang di tempat yang jauh dari cabang lama juga sama-sama bertujuan. Ini biasanya karena perusahaan ingin mendapat pemasukkan lebih. Disarankan untuk mencari tempat buka cabang yang masih minim persaingan namun tetap di spot strategis.

Baca juga : Mengetahui Pentingnya Konsep Pemasarannya Dan Tujuannya Dalam Bisnis

4. Mengadakan Target Pasar Baru

Strategi ekspansi kali ini juga bisa dilakukan dan malahan cukup efektif. Arti dari mengadakan target pasar baru adalah membuat produk atau jasa lain yang sekiranya juga dibutuhkan oleh pelanggan. Dengan memanfaatkan brand yang bagus dari produk sebelumnya, produk yang baru ini pasti tak akan sulit untuk bisa menarik daya beli pelanggan.

Inilah mengapa pada realitanya ada pabrik pasta gigi yang kemudian memproduksi sikat gigi, perusahaan alat tulis pensil kemudian juga memproduksi bolpoin, dan masih banyak lagi contohnya.

5. Melakukan Aliansi ( Merger atau Akuisisi)

Perusahaan saingan ternyata bisa Anda ajak untuk bekerja sama atau beraliansi. Tak sembarang perusahaan yang bisa Anda ajak bekerja sama, melainkan perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang berkaitan atau serupa.

Secara tidak langsung, dengan melakukan aliansi dengan perusahaan lain, perusahaan Anda telah melakukan ekspansi. Sebuah ekspansi perusahaan memang harus disertai dengan sebuah strategi untuk memaksimalkan hasilnya dan bersifat totalitas. Lima strategi di atas bisa jadi andalannya

Kesimpulan

Seperti yang telah kami jelas kan diatas, ekspansi bisnis akan membuat perubahan dan pertumbuhan pada bisnis Anda. Pertumbuhan berarti bahwa pangsa pasar akan berkembang, menyerukan strategi baru untuk berurusan dengan pesaing yang lebih besar.

Pertumbuhan juga berarti bahwa modal tambahan akan diperlukan, menciptakan tanggung jawab baru kepada pemegang saham, investor , dan pemberi pinjaman institusional. Dengan demikian, pertumbuhan membawa berbagai perubahan dalam struktur, kebutuhan, dan tujuan perusahaan, termasuk pembukuan bisnis Anda.

Dengan keadaan ini, pembukuan pada perusahaan Anda akan lebih rumit karena akan ada lebih banyak transaksi dan perusahaan Anda akan dituntut membuat laporan  keuangan sesuai standar yang ada, karena hal ini berhubungan dengan para pemangku kepentingan dan investor.

Anda tidak bisa menggunakan pembukuan manual. Selain menghabiskan banyak waktu, menggunakan pembukuan manual atau excel akan membuat laporan keuangan rentan mengalami kesalahan.

Gunakanlah software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja seperti Accurate Online yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Kebutuhan bisnis untuk tumbuh harus dibarengi oleh kebutuhan untuk memahami bahwa pertumbuhan yang bermakna, jangka panjang, dan menguntungkan adalah produk sampingan dari manajemen dan perencanaan yang efektif. Langkah yang paling tepat adalah melakukan pembukuan yang benar.

accurate 200 ribu perbulan