5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

Sebuah evaluasi kinerja dibutuhkan dalam suatu perusahaan, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar untuk berbagai tujuan. Tujuan tersebut utamanya tak lain adalah memajukan perusahaan dan memberikan kesadaran diri secara tidak langsung kepada karyawan bahwa mereka berharga dan tak ada salahnya memberikan distribusi yang baik kepada perusahaan.

Selain tujuan utama tersebut, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa diambil dari evaluasi kinerja, terlebih untuk Anda yang mana dalam hal ini sebagai karyawan. Anda akan terlatih untuk bersikap jujur dan lebih profesional dengan adanya evaluasi kinerja ini. Evaluasi kinerja juga bisa membuat Anda menyadari bahwa eksistensi Anda di kantor memang penting adanya. Ini berlaku untuk Anda yang merasa belakangan ini kurang percaya diri.

5 Tips Untuk Evaluasi Kinerja yang Mudah Dilakukan

Mengingat memang evaluasi kinerja ini bisa memberikan manfaat yang baik, baik untuk perusahaan maupun untuk karyawan sendiri, menjadi ide yang bagus jika Anda mau melakukannya. Evaluasi kinerja ini bisa saja Anda lakukan dengan inisiatif diri sendiri, namun bisa juga suatu saat nanti dilakukan secara formal oleh perusahaan. Bagaimanapun situasinya, simak lima tips melakukan evaluasi kinerja berikut ini.

1. Bersikap Profesional

Ingat, berusahalah untuk bersikap profesional saat Anda melakukan evaluasi  pada setiap pekerjaan yang telah terjadi. Terutama untuk Anda yang melakukannya dengan inisiatif sendiri tanpa dimonitori perusahaan.  Catat hal sebenarnya apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda selama ini menjadi karyawan. Catat juga apa saja prestasi Anda selama Anda di posisi saat ini.

Dengan bersikap profesional, nantinya Anda akan menyadari bahwa sebenarnya profesionalitas adalah hal yang menguntungkan Anda sendiri, bukan menguntungkan perusahaan. Ya, meskipun perusahaan juga merasakan sedikit keuntungan dari profesionalitas karyawannya.

2. Memantau atau Mengingat Prestasi Anda

Penting halnya untuk mengetahui dan mengingat prestasi apa saja yang telah Anda lakukan dalam berkontribusi pada perusahaan Anda. Ini bisa meningkatkan self esteem Anda sebagai seorang karyawan. Terlebih untuk mereka yang sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari karyawan lain, tidak dihargai misalnya.  Oleh karena itu, memantau atau mengingat prestasi selama di perusahaan adalah tips melakukan evaluasi kinerja yang bisa Anda coba.

3. Memberikan Kemajuan yang Berkesinambungan

Jika Anda sudah menanamkan pikiran bahwa Anda harus terus melakukan kemajuan, maka pasti Anda akan puas dengan hasil evaluasi kinerja Anda. Bagaimana tidak, saat kembali melihatnya nanti atau mungkin saat menuangkannya Anda akan menyadari bahwa Anda hadir sebagai karyawan yang terus memberikan kemajuan yang baik untuk perusahaan. Selain bisa menumbuhkan self esteem yang baik, Anda di mata atasan pun juga akan mendapat penilaian yang baik.

4. Bersikap Kritis dan Jujur

Misalnya saja Anda diberi lembar evaluasi kinerja atau disuruh mempresentasikannya, sangat disarankan untuk bersikap jujur dan kritis. Anda harus mengatakan yang sebenarnya proyek atau prestasi apa yang telah Anda lakukan.

Bersikap kritis disini bisa dituangkan dengan mengatakan yang lebih spesifik apa peran Anda dalam proyek tersebut dan berapa persentase kinerja Anda dalam proyek tim.

Dengan demikian, atasan akan membuktikan sendiri bahwa Anda adalah seorang karyawan yang jujur dan patut diapresiasi. Dengan terbuktinya kejujuran Anda, tak menutup kemungkinan Anda akan lebih dipercaya oleh atasan.

5. Mendokumentasikan Prestasi Atau Proyek yang Dikerjakan

Berbicara saja mungkin akan sulit membuat atasan percaya saat Anda mempresentasikan evaluasi kinerja Anda nantinya. Supaya perkataan Anda lebih konkrit dan jauh dari kata abstrak, lebih baik dokumentasikan saja proyek yang Anda kerjakan atau prestasi yang telah Anda berikan selama ini.

Adanya dokumentasi disini bisa membuat Anda tampak lebih profesional karena bisa membicarakan hal yang ada buktinya. Dokumentasi yang dimaksud bisa saja video, gambar, atau catatan, yang mana bisa memperkuat penilaian yang Anda berikan untuk diri Anda sendiri.

Kesimpulan

Mulai dari bersikap profesional hingga melakukan dokumentasi atas proyek atau prestasi yang telah Anda lakukan, bisakah Anda mengingat lima tips di atas dan mulai merealisasikannya untuk evaluasi pada setiap pekerjaan yang Anda lakukan nanti? Selain bisa memberikan Anda ide untuk melakukan evaluasi secara lebih maksimal tips di atas juga bisa memberikan Anda feedback berupa kesadaran akan eksistensi Anda di perusahaan.

Termasuk juga pada pembukuan  bisnis, Anda harus melakukan evaluasi pada laporan keuangan pada interval waktu tertentu. Hal ini untuk memastikan bahwa keuangan bisnis aman dan Anda bisa mengambil keputusan penting pada perusahaan, misalnya Anda merasa bahwa pos pengeluaran Anda terlalu besar pada laporan laba rugi, maka Anda bisa menekan pengeluaran Anda dengan mengurangi pembelian pada pos pos tertentu.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pembukuan manual, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dan telah dipakai 300 ribu pengguna di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.