Mengenal Ansoff Matrix dan Strategi Penerapannya

Pada dasarnya, ansoff matrix adalah suatu kerangka kerja yang mampu membantu anda dalam merumuskan strategi perkembangan secara efektif. Strategi ini sangat penting sekali untuk membantu perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat.

Oleh karena itu, setiap perusahaan harus bisa merancang dan juga menerapkan strategi perkembangan yang kompetitif agar bisa memperkuat posisi ekonominya.

Nah, kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang Ansoff Matrix di bawah ini.

Apa itu Ansoff Matrix?

Berdasarkan laman Wikipedia, ansoff matrix adalah suatu alat analisis portofolio yang berorientasi pada masa depan yang banyak digunakan oleh para marketer dalam merancang strategi perkembangan masa depan sambil mempertimbangkan risiko bawaan yang terkait di dalamnya.

Kerangka kerja ini dikembangkan oleh Igor Ansoff di tahun 1957 yang didasarkan pada pertanyaan fundamental tentang dimana perusahaan harus mengarahkan upaya perkembangannya? Serta memberikan empat strategi perkembangan yang berbeda agar bisa diadopsi oleh perusahaan, tergantung dari apakah perusahaan ingin menargetkan pasar baru ataupun produk baru.

Baca juga: Apa itu Golden Circle? Ini Pengertian dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis

4 Strategi Ansoff Matrix

Produk dan pasar adalah faktor yang sangat penting untuk mendorong perkembangan pasar. Matriks Ansoff akan menghitung kedua faktor tersebut untuk membuat matriks dua dimensi dan menghasilkan 4 strategi perkembangan, yaitu:

1. Penetrasi Pasar

Penetrasi pasar adalah suatu penilaian tentang berapa banyak penawaran yang dibeli oleh pelanggan dibandingkan dengan total perkiraan pasar.

Strategi ini menjadi strategi yang paling banyak digunakan, di mana perusahaan akan fokus dalam menjual lebih banyak produk saat ini ke pasar. Hal tersebut bisa dicapai dengan cara meningkatkan upaya pemasaran atau dengan memberikan manfaat tambahan pada pelanggan yang mampu mendorong mereka untuk bisa membeli produk lebih banyak.

Contohnya perusahaan seluler yang menawarkan lebih banyak waktu atau data dengan harga yang lebih rendah agar bisa menarik pelanggan baru dan merangsang pelanggan setianya untuk membeli lebih banyak produk.

2. Pengembangan Produk

Strategi ini dilakukan saat perusahaan memperkenalkan lini produk baru dan lebih baik pada pasar yang sudah ada. Tujuan dari dilakukannya strategi ini adalah agar bisa mempertahankan pangsa pasar dan menghasilkan aliran pendapatan baru dengan cara menawarkannya pada pelanggan.

Agar bisa menerapkan strategi ini dengan baik, maka perusahaan harus memahami secara baik tentang target pasar mereka dan apa yang sedang mereka cari.

Strategi ini pernah dilakukan oleh Apple. Perusahaan tersebut mulai menjalankan bisnis dengan menjual komputer, lalu mengembangkan produknya dengan mengeluarkan iPod, iPhone, iPad, dan sejumlah perangkat elektronik lain.

3. Pengembangan Pasar

Strategi pengembangan pasar dilakukan agar bisa menargetkan pasar baru dengan produk yang memang sudah ada. Contohnya seperti perusahaan yang menjual sepatu badminton di pasar lokal bias memutuskan untuk menargetkan pasar luar negeri.

4. Diversifikasi

Strategi diversifikasi adalah strategi pasar di mana perusahaan harus fokus pada penjualan produk baru ke pasar baru dan melibatkan teknologi, keterampilan, dan pengetahuan yang berbeda.

Namun, risikonya akan jauh lebih tinggi, karena perusahaan harus memulainya dari awal. Umumnya, strategi ini diterapkan oleh perusahaan yang mempunyai uang cadangan dan ingin memasuki bisnis baru.

Perusahaan besar yang pernah melakukan strategi ini adalah Google. Mereka memulainya dengan mesin pencari, lalu berkembang ke penjualan ponsel, peralatan rumah tangga, dan merambah ke mobil self driving.

Baca juga: Mengenal Market Challenger dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

Penutup

Setiap perusahaan mempunyai metodenya masing-masing dalam menganalisis posisi bisnisnya dan bisa memilih strategi bisnis untuk perkembangan dan pertumbuhan pasar. Ada banyak sekali metode yang tersedia untuk membantu proses identifikasi, analisis, dan alternatif metode lain secara mudah.

Jadi, risiko tidak bisa sepenuhnya dihilangkan dari bisnis. Untuk itu, solusinya adalah memilih strategi yang tepat pada waktu yang tepat, serta menggunakan analisis portofolio seperti matriks ansoff, lalu membuat keputusan menjadi lebih mudah.

Salah satu risiko dalam menjalankan bisnis adalah kesulitan dalam mengelola keuangan yang bisa membuat bisnis jatuh bangkrut. Untuk itu, software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online adalah pilihan yang #lebihbaik.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi cloud computing dan telah dibekali dengan sistem keamanan super ketat. Tampilan dashboard di dalamnya pun sangat menarik dan sangat sederhana. Sehingga, aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja secara aman, nyaman dan mudah, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Accurate Online juga sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dari berbagai skala industri dan bisnis, mulai dari pebisnis F&B, jasa, manufaktur, dan skala bisnis UMKM hingga perusahan besar. Bahkan, Accurate Online sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 hingga tahun ini.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka semua transaksi yang terjadi di dalam bisnis Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan laporan penjualan, laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan persediaan, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat.

Fitur tersebut juga sudah terintegrasi dengan fitur bisnis luar biasa lainnya yang telah disediakan oleh Accurate Online, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, semua kelebihan dan fitur luar biasa yang ditawarkan oleh Accurate Online bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulan.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.