Apa itu Account Management? Ini 4 Manfaatnya untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

oleh | Apr 10, 2023

source envato.

Apa itu Account Management? Ini 4 Manfaatnya untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Berdasarkan laman Lucidchart, jika perusahaan ingin mempertahankan dan menjaga hubungan baiknya dengan klien, maka perusahaan harus membangun tim account management andal. Dengan begitu, maka klien akan terus membeli dan menggunakan produk atau jasa pada suatu perusahaan.

Itulah kenapa Anda harus memertahankan pelanggan yang sudah loyal agar Anda bisa meraih kesuksesan bisnis dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu, apa itu account management? Baca terus artikel tentang account management untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Account Management?

accurate.id gambar account management-1

Berdasarkan laman HubSpot, account management adalah kegiatan pasca-penjualan yang lebih fokus pada memelihara hubungan yang baik dengan klien.

Lebih lanjut lagi, account management adalah proses pengelolaan hubungan antara suatu perusahaan dengan pelanggannya. Tujuannya adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan bisnis yang sudah ada dengan pelanggan, serta menciptakan peluang baru untuk menjual produk atau jasa perusahaan.

Dalam hal ini, seorang account manager bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan mereka, memastikan kepuasan pelanggan, dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pendapatan dari pelanggan tersebut.

Berbagai tugas utama dari dari seorang account manager mencakup hal di bawah ini:

  • Memahami kebutuhan dan tujuan pelanggan
  • Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan
  • Memastikan kepuasan pelanggan
  • Mengembangkan strategi untuk meningkatkan pendapatan dari pelanggan
  • Menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan dan anggota tim internal lainnya

Dalam banyak perusahaan, account management seringkali menjadi peran kunci dalam menjaga kesetiaan pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: Surat Bisnis: Pengertian dan 6 Bagian Penting yang Ada di Dalamnya

Tanggung Jawab Account Management

accurate.id gambar account management-2

Tanggung jawab account management (pengelolaan akun) meliputi beberapa hal, antara lain:

1. Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien

Seorang account manager bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik dengan klien. Mereka harus memastikan bahwa klien mereka merasa puas dengan layanan atau produk yang ditawarkan dan memberikan umpan balik yang berguna untuk perusahaan.

2. Memahami Kebutuhan Klien

Account manager harus memahami kebutuhan dan keinginan klien agar dapat memberikan solusi yang tepat untuk kebutuhan mereka. Dengan begitu, maka rasa kepuasan klien nantinya akan meningkat dan membangun hubungan jangka panjang.

3. Mengelola Akun Klien

Seorang account manager bertanggung jawab untuk mengelola akun klien, termasuk memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan klien, mengelola pembayaran, dan memenuhi persyaratan kontrak.

4. Mengembangkan Strategi Penjualan

Seorang account manager juga harus mengembangkan strategi penjualan yang efektif untuk memperluas bisnis dengan klien yang sudah ada, serta mencari klien baru untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

5. Memonitor Kinerja Akun

Seorang account manager harus memantau kinerja akun klien, termasuk memantau pengeluaran dan pendapatan, serta menganalisis data untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan yang ada.

6. Berkoordinasi dengan Tim Lain

Account manager juga harus bekerja sama dengan tim lain dalam perusahaan, seperti tim marketing dan tim customer service, untuk memastikan bahwa kebutuhan klien telah terpenuhi dengan baik dan memperkuat brand perusahaan.

7. Memberikan Laporan dan Presentasi

Seorang account manager harus menyajikan laporan dan presentasi tentang kinerja akun dan mendapatkan feedback dari klien, serta mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Untuk bisa menjalankan berbagai tugas tersebut secara efektif, maka seorang account manager harus memiliki keterampilan interpersonal yang baik, pemahaman yang mendalam tentang produk atau layanan yang ditawarkan, serta kemampuan untuk menganalisis data dan membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: Pengertian Reputational Risk dan 2 Cara Mengurangi Risiko Tersebut

Manfaatnya bagi Perusahaan

accurate.id gambar account management-3

Account management merupakan kegiatan pengelolaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. Nah, dirangkum dari laman Indeed, beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan perusahaan dari adanya account management yang baik adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Account management akan membantu perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, perusahaan dapat meminimalisir risiko kehilangan pelanggan yang sudah ada.

2. Meningkatkan Penjualan

Dalam menjalankan berbagai tugasnya, nantinya perusahaan dapat menemukan peluang yang baru untuk bisa meningkatkan penjualan produk dan layanan yang mereka tawarkan. Dengan memahami kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat menawarkan solusi yang tepat dan meningkatkan penjualan.

3. Memperluas Basis Pelanggan

Perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan potensial yang belum mereka layani dan berusaha untuk memperluas basis pelanggan mereka. Dengan memperluas basis pelanggan, perusahaan nantinya dapat meningkatkan pangsa pasar mereka.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Account management akan membantu perusahaan untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dan memperkuat hubungan dengan mereka.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Account management yang baik akan membantu perusahaan dalam memahami pola pembelian pelanggan dan mengoptimalkan proses operasional mereka untuk meningkatkan efisiensi. Dengan meningkatkan efisiensi operasional, maka perusahaan dapat mengurangi biaya dan meningkatkan keuntungan.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang account management. Jadi dengan adanya berbagai tanggung jawab dan manfaat di atas, maka perusahaan bisa memanfaatkan strategi ini untuk meningkatkan keuntungan mereka dan memperkuat hubungan dengan para pelanggannya.

Namun untuk memastikan keuntungan, tentunya perusahaan harus memiliki sistem pencatatan keuangan yang baik dan harus bisa membuat laporan keuangan yang tepat.

Nah, Accurate Online hadir sebagai software akuntansi dan bisnis paling lengkap di Indonesia yang mampu mencatat berbagai transaksi keuangan dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Berbagai fitur bisnis luar biasa yang ada di dalamnya juga mampu membantu bisnis dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara #lebihbaik.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo segera gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

9 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait