Surat Bisnis: Pengertian dan 6 Bagian Penting yang Ada di Dalamnya

oleh | Mar 23, 2023

source envato.

Surat Bisnis: Pengertian dan 6 Bagian Penting yang Ada di Dalamnya

Dalam dunia bisnis, perusahaan atau individu akan lebih terlihat profesional bila mereka mampu menggunakan surat bisnis sebagai alat untuk melakukan komunikasi. Kita seringkali akan dianggap tidak sopan bila mengadakan atau mengundang seseorang tanpa terlebih dahulu mengirimkan surat pada pihak yang berkaitan. Untuk itu, diperlukanlah surat bisnis.

Kehadiran surat bisnis ini memiliki peran yang penting demi menjaga kredibilitas bisnis atau individu. Lantas, apa manfaat dari surat bisnis? Bagian apa saja yang wajib dimasukkan ke dalamnya?

Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang surat bisnis di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Surat Bisnis?

accurate.id gambar surat bisnis-1

Berdasarkan laman Target Study, surat bisnis adalah surat yang berfungsi sebagai alat komunikasi tertulis untuk beragam tujuan bisnis dan juga dunia kerja, dari mulai kesepakatan, undangan, pernyataan, informasi, dan lain sebagainya.

Surat ini umumnya dibuat oleh perusahaan dan dikirimkan oleh perusahaan lain, investor, atau pada klien dan para pemilik kepentingan di dalam perusahaan.

Surat bisnis ini juga bisa digunakan oleh setiap individu untuk kebutuhan korespondensi dan menampilkan profesionalitas di dalam dunia bisnis maupun dunia kerja, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Berdasarkan laman The Business Communication, salah satu manfaat yang bisa diberikan dari surat ini adalah mempererat hubungan dengan perusahaan lain atau pada para pemilik kepentingan bisnis, seperti klien atau investor.

Dengan adanya surat ini juga Anda bisa menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.

Walaupun surat bisnis ini memang bisa dibuat dengan email, namun masih banyak perusahaan yang membuatnya di atas kertas untuk beberapa hal yang penting, seperti surat pernyataan, verifikasi, referensi, dan masih banyak lagi.

Surat ini bahkan tidak jarang digunakan untuk melamar pekerjaan atau meminta referensi kerja pada pihak yang bersangkutan.

Baca juga: Apa Itu Surat Paklaring? Ini Fungsi dan Syarat Membuatnya!

Jenis-Jenis Surat Bisnis

accurate.id gambar surat bisnis-2

Dikutip dari laman Target Study, surat bisnis ini pada dasarnya terbagi menjadi dua, yakni surat bisnis formal dan non formal. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Formal

Jenis surat ini umumnya dibuat untuk kebutuhan ataupun korespondensi yang bersifat formal, contohnya saat Anda ingin membuat perjanjian dengan perusahaan lain, investor, atau dengan klien.

Surat bisnis berjenis formal ini juga umumnya digunakan ketika meminta laporan penjualan atau menyelesaikan perselisihan. Untuk itu, surat yang formal ini sangat dibutuhkan dan harus lengkap, dari mulai bahasa, kon surat, dan lain sebagainya.

2. Informal

Bertolak belakang dengan surat bisnis formal, surat bisnis foormal akan lebih terlihat kasuan dan bahasanya tidak terlalu kaku. Jenis surat ini bisa digunakan untuk meminta referensi kerja, ucapan terima kasih, penilaian karyawan, dan lain sebagainya.

Walaupun demikian, Anda tetap harus memerhatikan gaya bahasa dan berbagai bagian penting di dalamnya. Bahkan, surat ini juga umumnya dikirim melalui email

Baca juga: Apa itu Surat Tagihan? Ini Fungsi dan Komponen di Dalamnya!

Berbagai-bagian dari Surat Bisnis

accurate.id gambar surat bisnis-3

1. Kop surat

Kop surat harus dimasukkan ke dalam bagian surat bisnis agar bisa melakukan identifikasi terkait pengirim surat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap perusahaan tentu memiliki kop suratnya masing-masing.

Walaupun begitu, informasi yang tercatat di dalamnya tidak jauh berbeda.

2. Tanggal

Saat menulis surat bisnis, jangan lupa juga untuk mencantumkan tanggal. Umumnya, tanggal dicatat pada bagian bawah judul, di bagian pojok kanan atas.

3. Informasi Penerima

Selain itu, Anda juga harus mencantumkan informasi penerima. Karena, surat bisnis Anda tidak akan terkirim secara tepat bila di dalamnya tidak ada informasi sama sekali.

Berdasarkan laman The Balance Careers, informasi yang harus dicantumkan tersebut adalah nama penerima, nama perusahaan, jabatan penerima, dan alamat perusahaan.

4. Salam

Pada dasarnya, ucapan aslam bisa dijadikan sebagai surat pembuka. Anda bisa menggunakan salam sapaan seperti Dear Mr/Mrs…. atau menggunakan salam sapaan lainnya.

5. Body atau Isi Surat

Di dalam surat bisnis, Anda harus membuat paragraf dan membaginya menjadi tiga bagian, yakni paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.

Anda bisa membuat paragraf pembuka dengan penjelasan terkait alasan Anda dalam mengirim surat tersebut. Lalu, jelaskanlah informasi penunjang, seperti tempat undangan, jam, tanggal, dan lain sebagainya.

Lalu pada paragraf akhir atau paragraf penutup, Anda bisa memberikan kata-kata untuk menunggu pihak dan penerima, lalu mencantumkan kalimat terima kasih.

6. Tanda tangan

Di bagian akhir surat bisnis, jangan lupa juga untuk mencantumkan nama dan tanda tangan secara jelas. Lalu, bila Anda memerlukan catatan tertentu, anda bisa menambahkan P.S atau postscript pada bagian bawahnya.

Baca juga: Technopreneur: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Cara Menjadi Technopreneur

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang surat bisnis dan bagian apa saja yang memang Anda harus masukkan ke dalamnya.

Jadi, Anda tidak bisa menulis surat bisnis secara asal karena akan berdampak pada kredibilitas bisnis Anda di mata orang lain. Pada akhirnya, hal tersebut bisa merugikan dan mengancam keberlangsungan bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengelola bisnis secara tepat dan mudahkanlah hal tersebut dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis terlengkap dari Accurate Online.

Saat ini, Accurate Online terbukti #lebihbaik dalam membantu setiap pebisnis dalam mengelola dan menjalankan bisnisnya secara menyeluruh. Kenapa? Karena setiap pebisnis tersebut bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, bisa lebih mudah dalam membuat keputusan, lebih mudah dalam mengelola stok, melakukan kegiatan jual-beli, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menikmati seluruh layanan dan fitur luar biasa dari Accurate Online dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait