Apa itu Brand Community? Ini Pengertian dan 4 Manfaatnya untuk Memperkuat Bisnis Anda

oleh | Mar 28, 2023

source envato.

Apa itu Brand Community? Ini Pengertian dan 4 Manfaatnya untuk Memperkuat Bisnis Anda

Pada dasarnya, komunitas brand atau brand community adalah sekumpulan orang yang mempunyai peran penting dalam memperkuat sebuah brand. Karena, saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan brand community sebagai strategi bisnis dan branding mereka.

Sekumpulan orang tersebut tentunya bukan karyawan perusahaan, tetapi para pelanggan yang sudah terikat dalam sebuah brand.

Lalu, apa itu brand community? Apa saja manfaatnya untuk bisnis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang brand community di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Brand Community

accurate.id gambar Brand Community-1

Di tahun 193 lalu, perusahaan sepeda motor bernama Harley-Davidson sempat mengalami masa-masa kritis. Lalu, 25 tahun kemudian, perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat itu berhasil masuk ke dalam 50 perusahaan global terbaik dengan nilai mencapai 7,8 dolar AS.

Lantas, apa kunci kebangkitan dari Harley-Davidson? Pada kala itu, perusahaan ini berkomitmen untuk membangun brand community. Strategi ini membuat Harley-Davidson mampu bertahan sampai hari ini, seperti yang telah dikutip langsung dari laman Harvard Business Review.

Lantas, apa itu brand community? Berdasarkan laman Sprout Social, brand community adalah tempat berkumpulnya mereka yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya serta bisa terhubung secara langsung dengan brand. Kelompok ini selanjutnya dianggap sebagai bagian dari brand tersebut.

Sedangkan berdasarkan laman Webolutions, brand community adalah komunitas yang dibuat atas dasar keterikatan dalam sebuah produk ataupun brand tertentu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kunci keberhasilan dari suatu brand bisa dilihat dari brand awareness dan juga brand engagement dari perusahaan tersebut.

Padahal, komunitas brand memiliki peran yang lebih besar saat perusahaan berada dalam kondisi yang sulit. Brand community ini bisa menjadikan brand menjadi lebih kuat dan bisa bangkit kembali.

Saat ini, banyak perusahaan yang telah sadar bahwa komunitas brand merupakan salah satu elemen yang sangat mereka perlukan. Salah satu alasannya adalah efisiensi branding

Dilansir dari laman Marketing Insider Group, brand community terbukti mampu memangkas 10 hingga 25% biaya customer support perusahaan per tahunnya. Walaupun begitu, membangun komunitas brand bukanlah suatu hal yang mudah. Perusahaan harus selalu berkomitmen dalam membangunnya.

Lebih dari itu, perusahaan juga wajib menerima cara setiap komunitas dalam menjalin hubungan sampai menerima konflik yang datang dari mereka.

Baca juga: Apa itu Brand Recognition? Ini Pengertian dan 4 Strategi Jitu dalam Meningkatkannya

Manfaat Brand Community

accurate.id gambar Brand Community-2

1. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat yang pertama dari memiliki komunitas brand tentu meningkatkan brand awareness. Berdasarkan laman  Alexa, brand awareness mampu menggambarkan sejauh mana para pelanggan bisa mengingat ataupun mengenali suatu brand.

Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan komunitas brand, nah salah satunya adalah dengan menyebarkannya dari mulut ke mulut atau word of mouth marketing.

Berdasarkan data yang diterbitkan dalam laman Nielsen, sebanyak 84 orang lebih percaya pada rekomendasi produk yang diberikan oleh orang lain. Nah, disinilah peran penting dari brand community. Mereka mampu menyebarkan dan juga meningkatkan brand awareness bisnis Anda pada siapa saja yang mereka kenali.

2. Mendapat Pandangan Tentang Produk atau Jasa

Berdasarkan data yang dipublikasikan dalam laman Marketing Insider Group, sebanyak 67% perusahaan menggunakan brand community agar bisa memperoleh insight terkait produk baru yang ingin mereka rilis.

Nah, komunitas brand mampu memberikan ulasan yang jujur pada bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa memahami seluruh kebutuhan dan keinginan para pelanggan secara lebih mendalam.

3. Mencapai Customer Success

Manfaat selanjutnya dari brand community adalah agar bisa mencapai customer success. Customer success adalah salah satu cara agar bisa memastikan bahwa pelanggan Anda sudah mencapai hasil yang diinginkan ketika mereka menggunakan produk atau jasa Anda.

Brand community mampu membantu Anda untuk bisa mencapai customer succes karena mereka ikut mendiskusikan berbagai ide kreatif bisnis Anda.

4. Meningkatkan Brand Loyalty

Dilansir dari laman Accenture, sebanyak dua per tiga pelanggan akan terus memilih menggunakan produk yang sama dari perusahaan yang mereka suka. Nah, hal inilah yang dikenal dengan brand loyalty.

Biasanya, brand community mempunyai brand loyalty yang besar terhadap suatu perusahaan. Untuk itu, bila Anda berhasil membangun komunitas brand yang kuat, maka brand loyalty pelanggan pada bisnis Anda akan ikut kuat.

Baca juga: Brand Value adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Cara Membangun Brand Community

accurate.id gambar Brand Community-3

1. Definisikan Brand

Tahap pertama yang harus Anda lakukan dalam membangun brand community adalah menjelaskan brand Anda. Anda harus memahami hal apa yang ditawarkan oleh brand Anda, apa saja visi dan misi perusahaan, siapa target pelanggan Anda, dan lain sebagainya.

Berbagai hal tersebut sangat penting sekali agar bisa menargetkan siapa yang akan menjadi komunitas brand Anda.

2. Tentukan Tujuan dan Matriks

Bila sudah, Anda harus menentukan tujuan dan alat ukur keberhasilan dari strategi brand community Anda. Contohnya, tujuan komunitas brand, yang Anda lakukan dengan komunitas, cara Anda dalam mengukur tingkat keberhasilan komunitas brand, alat ukur yang Anda gunakan, dan lain sebagainya.

3. Pilih Platform yang Tepat

Saat ini, ada banyak sekali platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun brand community. Dilansir dari laman Sprout Social, beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun komunitas brand adalah forum, media sosial, reward, dan platform dari pihak ketiga, seperti Slack.

4. Ciptakanlah Koneksi

Bila Anda sudah berhasil menciptakan brand community, maka hal selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah memberikan alasan kenapa mereka harus ikut bergabung dengan komunitas Anda.

Anda harus rajin dalam merespon komentar dan pertanyaan dari mereka, membuat diskusi, pertemuan, dan juga acara yang bisa membuat mereka menjadi bagian penting dari brand Anda.

Baca juga: Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang brand community. Jadi, brand community adalah sekumpulan orang yang dibentuk atas adanya dasar ketertarikan pada sebuah brand atau suatu produk.

Brand community diklaim sebagai elemen yang penting untuk suatu perusahaan. Dengan adanya komitmen yang kuat, maka perusahaan bisa membangun komunitas yang sama kuatnya.

Walaupun memang efisien, Anda tetap harus mengelola anggaran pemasaran Anda dengan baik untuk bisa membangun brand community yang sukses. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan Accurate Online.

Kenapa? Karena software akuntansi dan bisnis ini mampu membuat anggaran yang diperlukan dalam setiap pos operasional Anda dan mencatat setiap pengeluarannya secara tepat. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan Anda secara otomatis dan real-time.

Jadi, ayo rasakan sendiri manfaat dari Accurate Online dan coba gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

11 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

bisnisukmbanner
Natalia

Artikel Terkait