Apa itu Community Relation? Ini Peran Pentingnya untuk Perusahaan!

Sebagian besar dari Anda pasti belum pernah mendengar tentang apa itu community relations. Namun, mereka yang bertugas sebagai PR atau public relation pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Pada dasarnya, community relation adalah salah satu bentuk dari kegiatan yang dilakukan oleh tim public relation.

Dalam menjalankan kegiatan bisnis, sangat penting sekali untuk membangun hubungan dengan berbagai komunitas yang ada disekitarnya. Hal tersebut termasuk ke dalam ranah publik eksternal bagi perusahaan agar bisa melancarkan kegiatan bisnis kedepannya.

Untuk itu, diperlukanlah suatu hubungan komunitas atau community relation yang dilakukan oleh tim public relation.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal secara lebih mendalam tentang community relation dan peran pentingnya untuk perusahaan.

Apa itu Community Relations?

Pada dasarnya, community relation adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh public relation agar bisa membangun relasi pada komunitas yang ada di sekitar lingkungannya.

Berdasarkan laman PRMR Inc, kegiatan ini akan fokus pada berbagai metode yang dilakukan oleh perusahaan agar bisa membangun hubungan yang saling menguntungkan pada masyarakat atau komunitas lain yang ada disekitarnya.

Contohnya, perusahaan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat sekitar, seperti kegiatan pengadaan kesehatan masyarakat, donor darah, bazar makanan, dan lain sebagainya. Sehingga, setiap pihak akan saling diuntungkan satu dengan yang lainnya.

Pihak masyarakat bisa memenuhi kebutuhan mereka dan perusahaan juga bisa membangun citra yang baik pada masyarakat atau komunitas yang ada disekitarnya.

Baca juga: Brand Trust adalah Salah Satu Kunci Buat Pelanggan Setia, Ini Alasanya!

Peran Penting Community Relation Untuk Perusahaan

1. Membangun Citra Perusahaan

Harus kita akui bahwa saat perusahaan memiliki community relation, maka hubungannya dengan masyarakat pun akan semakin bagus, sehingga bisa membangun citra perusahaan.

Contohnya, perusahaan Anda mengadakan bantuan sosial dengan cara memberikan sembako pada masyarakat sekitar. Setelah selesai, masyarakat nantinya akan menganggap bahwa perusahaan mempunyai tujuan yang baik untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Bila hal ini dilakukan secara konsisten, seiring berjalannya waktu masyarakat akan menyebarkan nama baik perusahaan ke masyarakat yang lainnya.

2. Mendapatkan Dukungan Masyarakat

Dalam jangka waktu yang panjang, community relation akan sangat penting untuk perusahaan karena mereka bisa mendapatkan kepercayaan, dukungan dan kesetiaan dari masyarakat. Bahkan, kemungkinan mereka juga akan menggunakan layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan. Tentunya hal ini penting sekali untuk kelancaran bisnis.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Tentunya masyarakat secara perlahan-lahan akan menyadari keberadaan produk atau layanan yang ditawarkan bila perusahaan membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Hal ini menjadi sangat penting sekali untuk perusahaan kedepannya. Karena, suatu kelompok masyarakat bisa saja menceritakan perusahaan Anda pada orang lain. Sehingga, nama perusahaan pun akan menyebar luas seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Net Promoter Score: Metrik Akurat Untuk Menilai Loyalitas Pelanggan

Skill yang Harus Dimiliki

Setelah mengetahui pengertian dan peran penting community relation di dalam perusahaan, beberapa dari Anda mungkin ada yang tertarik untuk menjalani profesi ini. Namun, ada beberapa kemampuan yang harus Anda ketahui bila ingin menjalani profesi ini. Nah, kemampuan yang harus Anda miliki untuk menjadi community relation adalah sebagai berikut:

1. Komunikasi

Mereka yang bekerja dalam bidang community relation tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Karena, profesi ini akan terus berkaitan dengan masyarakat sekitar untuk membicarakan berbagai jenis proyek yang nantinya ingin dijalankan.

Tanpa adanya kemampuan komunikasi yang baik, kemungkinan besar Anda akan merasa kesulitan untuk bisa merangkul masyarakat.

2. Analisis

Anda juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik. Karena, bidang ini mengharuskan Anda untuk pintar dalam menganalisis keadaan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan.

Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam waktu dekat ini. Hal tersebut bisa Anda ketahui dengan melakukan analisis terlebih dulu terkait kehidupan masyarakat.

3. Active Listening

Berdasarkan laman BSR, strategi yang tepat untuk membangun komunikasi adalah dengan mendengarkan perspektif dari orang lain. Sebagai orang yang bergelut dalam bidang community relations, Anda harus lebih aktif untuk mendengarkan pendapatan ataupun tanggapan dari orang lain.

Sehingga, Anda bisa mendapatkan banyak informasi dari mereka dan membuat acara yang luar biasa.

Baca juga: Merchant Acquisition Adalah: Ini Pengerian dan Perannya Untuk Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang community relation. Jadi, community relation adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh public relation agar bisa membangun relasi pada komunitas yang ada di sekitar lingkungannya. Dengan menerapkan kegiatan ini, Anda bisa membangun citra perusahaan, mendapatkan dukungan masyarakat, dan meningkatkan brand awareness.

Namun, kegiatan ini tentunya tidak bisa dilakukan secara asal. Diperlukan analisa dan anggaran yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan ini. Untuk itu, pastikanlah Anda memiliki anggaran yang cukup dan mampu mengelola keuangan dengan baik.

Kabar baiknya, hal tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah bila Anda menggunakan Accurate Online. Aplikasi bisnis dan akuntansi ini akan membantu Anda dalam mengelola anggaran keuangan perusahaan dengan cara menyajikan lebih dari 200 jenis laporan secara otomatis, cepat dan akurat.

Berbagai perhitungan akuntansi yang kompleks pun bisa dilakukan secara instan melalui Accurate Online.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi berbagai fitur dan modul bisnis yang lengkap agar operasional bisnis Anda bisa lebih efisien.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa di dalamnya bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, dan Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.