Merchant Acquisition Adalah: Ini Pengerian dan Perannya Untuk Perusahaan

Pada dasarnya merchant acquisition adalah salah satu posisi penting di beberapa industri bisnis, terutama industri e-commerce. Tanpa adanya posisi ini, suatu e-commerce tidak bisa beroperasi dengan lancar.

Karena posisi ini sangat penting untuk keberlangsungan industri, maka posisi merchant acquisition menjadi posisi yang banyak dikenal sebagai posisi yang kompetitif dengan nominal gaji tinggi.

Lalu, apa saja tugas dari merchant acquisition? Apa saja peran pentingnya untuk perusahaan? cari tahu selengkapnya dengan membaca artikel tentang merchant acquisition di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Merchant Acquisition

Merchant acquisition adalah suatu posisi yang biasanya bisa ditemukan di dalam industri e-commerce. Walaupun begitu, bukan artinya industri diluar e-commerce tidak boleh memiliki posisi ini.

Pada awalnya, istilah merchant acquisition ini digunakan di dalam dunia finansial. Dilansir dari laman Investopedia, merchant acquisition adalah posisi yang bertindak sebagai pihak ketiga yang akan menengahi pedagang dengan bank.

Sedangkan untuk saat ini, posisi merchant acquisition akan lebih banyak bertindak sebagai penghubung antara pedagang dengan perusahaan. Di dalam e-commerce, merchant acquisition akan mengajak setiap pedagang untuk ikut menjualkan produknya di e-commerce tersebut.

Selain itu, beberapa tugas dan tanggung jawab dari merchant acquisition adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan, mengelola dan juga mengembangkan konsep kemitraan dengan pedagang.
  • Melakukan analisis dan mengelola pedagang yang memiliki potensi tinggi untuk bisa menarik konsumen.
  • Mengembangkan, mengajukan, dan juga melakukan negosiasi kerjasama yang bisa memenuhi harapan pedagang, pelanggan atau bahkan perusahaan.
  • Bertanggung jawab untuk mengurus berbagai hal khusus yang berkaitan dengan kerja sama antar perusahaan dan pedagang.

Agar bisa menjadi seorang merchant acquisition, tidak dibutuhkan latar belakang pendidikan yang tinggi ataupun pengalaman khusus. Tapi, mereka yang memiliki latar belakang sales atau pemasaran akan jauh lebih mudah untuk mengerjakan tugas merchant acquisition.

Baca juga: Mark Up Pricing Adalah Strategi Ampuh Raih Untung Maksimal, Ini Caranya!

Skill yang Dibutuhkan Merchant Acquisition

1. Skill Komunikasi

Merchant acquisition adalah suatu posisi yang akan berhubungan dengan orang banyak, khususnya mengajak kerjasama dengan pedagang. Untuk itu, salah satu skill wajib yang harus dimiliki oleh merchant acquisition adalah skill komunikasi.

Berdasarkan laman Masterclass, Anda bisa mengasah skill komunikasi dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Menerapkan active listening, sehingga Anda bisa memberikan jawaban yang bersifat afirmatif dan mengajukan pertanyaan lanjutan agar bisa menunjukkan bahwa Anda memang memerhatikan lawan bicara.
  • Lebih fokus pada komunikasi non verbal agar bisa menghindari kesalahan komunikasi.
  • Terus berlatih untuk mengatur emosi agar bisa melakukan komunikasi secara jelas dan menghindari konflik.
  • Jangan ragu untuk meminta feedback dalam melakukan komunikasi dengan lawan bicara.
  • Melatih kemampuan public speaking dengan cara berbicara di dalam suatu kelompok atau berbicara di depan umum secara rutin.
  • Mengetahui hal apa saja yang pantas dan tidak pantas untuk dikeluarkan di dalam berbagai konteks komunikasi yang berbeda.

2. Skill Interpersonal

Selain komunikasi, skill interpersonal lainnya seperti kerjasama tim dan leadership adalah kemampuan yang sangat diperlukan oleh seorang merchant acquisition.

Sebagai seorang merchant acquisition Anda tidak hanya akan menjalin hubungan dengan pedagang, tapi juga dengan rekan satu tim Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti berbagai saran yang direkomendasikan oleh Indeed di bawah ini untuk meningkatkan skill interpersonal Anda.

  • Mengikuti workshop atau pelatihan agar bisa memahami skill interpersonal dan melatihnya dengan baik.
  • Mencari kesempatan untuk menciptakan koneksi, khususnya koneksi profesional. Anda juga bisa membangun koneksi dengan cara mengikuti komunitas yang sesuai dengan hobi dan minat Anda.
  • Memerhatikan cara Anda berinteraksi dengan orang lain. Dari mulai kata-kata yang Anda keluarkan, cara Anda dalam berinteraksi, sampai bahasa tubuh yang Anda gunakan.
  • Meminta umpan balin ataupun kritik dari orang yang Anda percaya agar bisa meningkatkan kemampuan interpersonal Anda.
  • Mengamati interaksi interpersonal positif yang lainnya. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa belajar menggunakan keterampilan interpersonal. Amatilah interaksi positif orang-orang yang ada disekitar Anda dan terapkanlah hubungan Anda sendiri.
  • Mencari mentor yang bisa menasehati Anda dalam meningkatkan keterampilan interpersonal dan meningkatkan karir Anda secara menyeluruh.

Baca juga: Consumer Insight Adalah: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang merchant acquisition. Jadi, merchant acquisition adalah posisi yang lebih banyak bertindak sebagai penghubung antara pedagang dengan perusahaan.

Kemampuan yang diperlukan untuk menjadi seorang merchant acquisition adalah kemampuan komunikasi yang baik dan kemampuan interpersonal. Selain itu, motivasi yang tinggi dan kemampuan inisiatif juga sangat diperlukan untuk menjadi merchant acquisition. Seorang merchant acquisition pun harus bisa proaktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Namun, bila Anda ingin merekrut merchant acquisition, tentu Anda harus menyiapkan anggaran tersendiri, terlebih lagi bila Anda ingin merekrut seorang profesional dan ahli dalam bidang merchant acquisition. Anggaran tersebut juga harus Anda kelola dengan baik agar tidak mengganggu operasional perusahaan.

Kabar baiknya, saat ini Anda bisa lebih mudah mengelola anggaran keuangan dengan cara menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis ini akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara tepat yang akan membantu Anda dalam mengelola anggaran keuangan dan menetapkan keputusan bisnis yang baik.

Lebih dari itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan meningkatkan efisiensi perusahaan Anda.

Tertarik dengan Accurate Online? Segeralah klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.