Brand Trust adalah Salah Satu Kunci Buat Pelanggan Setia, Ini Alasanya!

Jika Anda ingin membuat orang lain mau membeli produk Anda, maka kepercayaan pelanggan atau brand trust adalah satu hal yang harus Anda terapkan.

Lalu, apa itu brand trust? Bagaimana cara meningkatkannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang brand trust di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Brand Trust

Berdasarkan laman Wix, brand trust adalah suatu penilaian kepercayaan pelanggan pada bisnis Anda. Di dalamnya akan menggambarkan tentang Anda yang mampu memenuhi janji pada mereka dan kesetian brand Anda pada berbagai nilai yang sudah Anda pegang.

Semuanya akan menggambarkan kepercayaan pelanggan pada brand Anda. Business 2 Community mengatakan bahwa tanggung jawab brand dan pengalaman pelanggan juga akan ada di dalamnya.

Baca juga: Net Promoter Score: Metrik Akurat Untuk Menilai Loyalitas Pelanggan

Mengapa Brand Trust Penting?

Suatu penelitian di Amerika Serikat memberikan hasil yang menarik. Berdasarkan laman Marketing Charts, konsumen menganggap bahwa kepercayaan dari brand ternyata sangat penting. Karena, mereka sering mengalami kesulitan dalam hal keuangan. Untuk itu, mereka tidak mau membelanjakan uangnya untuk produk yang salah.

Karena adanya faktor inilah yang membuat brand trust menjadi sangat penting. Audiens harus percaya pada brand Anda dan bersedia menjadi pelanggan Anda.

Bahkan, dilansir dari laman The Drum, jika Anda gagal membangun brand trust, maka loyalitas pelanggan Anda akan menurun.

Baca juga: Merchant Acquisition Adalah: Ini Pengerian dan Perannya Untuk Perusahaan

Strategi Meningkatkan Brand Trust

Bila Anda sudah memahami pengertian brand trust, maka Anda harus mengetahui juga manfaat yang ada di dalamnya. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kepercayaan tersebut? Berdasarkan laman Content Marketing Institute, strategi untuk meningkatkan brand trust adalah sebagai berikut:

1. Ketahui Tujuan Brand Trust

Anda harus mengetahui tujuan Anda untuk meningkatkan brand trust, apakah untuk menguasai situs ulasan atau apa? Bisa jadi selama ini semuanya demi produk Anda direkomendasikan dari mulut ke mulut.

Beberapa brand ada juga yang memiliki tujuan untuk memiliki pelanggan setia. Pelanggan yang setia ini nantinya akan diminta untuk selalu siap membela brand.

Semuanya akan tergantung pada keputusan Anda sendiri. Untuk itu, tentukanlah terlebih dulu tujuan Anda. Karena bila misi Anda berbeda, maka jalan menuju hasil tersebut juga akan berbeda.

2. Jika Perlu, Milikilah Brand Trust Lead

Beberapa orang ada yang menganggap bahwa aspek penting perusahaan harus ditangani oleh tim khusus. Brand trust adalah salah diantara aspek tersebut. Bila memang perlu, Anda bisa mencari seseorang yang memiliki brand trust lead. Mereka bisa Anda tugaskan untuk menjalankan visi brand trust Anda.

3. Lakukan Brand Storytelling

Artinya, Anda harus membangun brand narrative. Anda bisa membuat suatu cerita yang berhubungan dengan brand Anda. contohnya seperti video yang berisi kisah pelanggan dan brand Anda.

Dengan cerita ini, Anda bisa membagikan unsur penting perusahaan. Beberapa unsur tersebut seperti nilai, tujuan selain keuntungan yang ingin dicapai, budaya, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut mampu meningkatkan brand trust karena brand Anda akan terasa lebih hidup dan lebih jujur.

4. Berikan Customer Experience Konsisten

Customer service adalah hal yang sangat penting untuk perusahaan. Namun, sifatnya hanya transaksional saja. Anda akan diberikan pertanyaan dan segera menjawabnya. Anda juga akan diminta untuk memberikan rekomendasi produk dan segera menawarkannya.

Inilah hal yang berbeda dari customer experience. Di dalamnya akan diperlihatkan perjalanan pelanggan pada brand Anda. Bila dilakukan secara tepat, maka layanan Anda akan sangat sesuai dengan apa yang mereka perlukan. Hal ini akan membuat brand Anda semakin dipercaya.

5. Fokus Pada Hubungan, Bukan Konversi

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang memiliki penjualan tinggi. Tentunya setiap pebisnis ingin selalu mengejar angka tersebut. Namun, akan lebih baik bila Anda memikirkan hubungan pelanggan. Jangan hanya fokus pada penjualan saja.

Nah, fokus pada brand trust adalah salah satu trik yang diklaim memiliki hasil yang lebih berkelanjutan. Walaupun untuk meraih kesuksesannya tidak instan, namun di dalamnya memiliki sifat yang lebih tahan lama.

6. Transparan

Kepercayaan pelanggan pun akan sangat berkaitan dengan brand trust. Anda harus mengatakan secara jujur tentang produk, brand dan layanan Anda. Wujud dari transparansi ini ada banyak. Beberapa contohnya adalah merilis riset terkait brand Anda, mengatakan bahan produk yang Anda jual secara terbuka, dan masih banyak lagi.

7. Jangan Melupakan Word of Mouth

Hal ini sudah kami jelaskan sebelumnya di atas. Penilaian yang positif dan strategi dari mulut ke mulut bisa Anda jadikan sebagai ujung tombak brand trust. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan hal tersebut. Jaga terus kepuasan pelanggan agar mereka mau merekomendasikan brand Anda pada orang lain disekitarnya.

Baca juga: Mark Up Pricing Adalah Strategi Ampuh Raih Untung Maksimal, Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang brand trust. Jadi, brand trust adalah konsep yang harus bisa Anda kuasai dengan baik. Selain brand trust, Anda juga harus bisa menerapkan penggunaan teknologi di dalam ruang lingkup bisnis Anda.

Kenapa? karena dengan menerapkan penggunaan teknologi, Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Nah, salah rekomendasi penerapan teknologi yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan        secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, kegiatan operasional bisnis Anda juga akan berjalan lebih efektif dan efisien karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan fitur dan modul bisnis luar biasa.

Tunggu apa lagi? Ayo segera gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari dengan klik gambar tautan di bawah ini, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.