Apa itu Modal Ventura? Ini Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya!

oleh | Mar 25, 2021

source envato.

Apa itu Modal Ventura? Ini Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya!

Pada dasarnya, modal ventura adalah salah satu jenis modal yang bisa digunakan oleh para pebisnis atau entrepreneur muda. Seperti yang sudah kita ketahui, suatu bisnis ataupun perusahaan akan bisa terbentuk bila ia memiliki modal. Nah, perusahaan bisa menggunakan modal tersebut untuk kegiatan operasional dan juga performa bisnis.

Tanpa adanya modal yang memadai, maka suatu perusahaan akan sulit untuk berkembang dan menjadi lebih baik. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari modal ventura? Bagaimana cara memperoleh modal seperti ini? temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang modal ventura ini hingga selesai.

Apa itu Modal Ventura?

Berdasarkan laman Investopedia, venture capital atau modal ventura adalah salah satu jenis investasi yang pendanaannya berbentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta dalam kurun waktu tertentu.

Wujud investasi dari jenis pendanaan ini adalah uang tunai yang diberikan pada pihak perusahaan, lalu mereka akan memberikan sekumpulan saham pada individu ataupun lembaga yang memberikan pendanaan. Risiko yang dihasilkan termasuk tinggi, namun mempunyai timbal balik atau return yang juga tinggi.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan, umumnya para investor sudah memahami bahwa perusahaan yang didanai tersebut memiliki risiko yang tinggi dan juga tidak memenuhi standar perusahaan terbuka untuk bisa memperoleh pinjaman dari pihak perbankan.

Modal ventura ini umumnya berasal dari pihak investor yang sudah mapan, baik ataupun institusi keuangan yang melakukan penghimpunan dana dari beberapa pihak dengan tujuan untuk berinvestasi.

Biasanya, pernyataan modal di dalamnya akan diberikan pada perusahaan rintisan atau perusahaan  startup.

Baca Juga: Apa itu Aliansi Strategis Bisnis? ini Pengertian dan Kelebihan dalam Menerapkannya

Jenis Modal Ventura

Tercatat ada dua jenis modal ventura, yakni berdasarkan cara pemberian dana, cara penghimpunan, dan berdasarkan  kepemilikan. Di dalam klasifikasi ini nantinya akan dibedakan lagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

1. Berdasarkan Cara Pemberian Bantuan

Bantuan yang diperoleh oleh perusahaan pasang usaha ataupun investor ini terbagi lagi menjadi dua bagian, yakni bantuan manajemen dan juga bantuan finansial. Atas dasar pemberian kedua jenis bantun ini, maka terdapat dua jenis bantuan, yakni single tier approach dan juga two tier approach.

  • Single Tier Approach

Single tier approach adalah perusahaan yang menghimpun dana dan juga pengelolaan dana tersebut untuk diinvestasikan ke dalam bentuk penyertaan modal di suatu perusahaan pasang usaha.

  • Two Tier Approach

Two tier approach merupakan modal yang dikelola oleh dua badan usaha maupun terpisah, yakni suatu perusahaan sebagai penyedia dana ataupun fund company dan yang satunya sebagai pengelolaan ataupun management company yang bertindak mengelola dana dari fund company.

2. Berdasarkan Cara Penghimpunan

Berdasarkan cara penghimpunannya, maka modal ventura bisa dibedakan lagi menjadi dua bagian, yaitu leverage venture capital dan equity venture capital.

  • Leverage Venture Capital 

Leverage venture capital bersumber dari suatu perusahaan modal ventura tapi dikumpulkan dalam wujud pinjaman yang berasal dari berbagai pihak.

  • Equity Venture Capital

Equity venture capital bersumber dari suatu perusahaan modal ventura dan sebagian besar dana yang dikumpulkan berasal dari modal pribadi.

3 Berdasarkan Kepemilikan

Kepemilikan akan menunjukkan pengaruh yang sangat berbeda pada suatu modal. Nah, di bawah ini adalah berbagai jenis modal ventura berdasarkan kepemilikannya.

  • Private Venture Capital Company 

Sama seperti namanya, private venture capital company adalah perusahaan yang belum go public atau perusahaan ini belum menjual lembaran sahamnya di lantai bursa efek.

  • Public Venture Capital Company

Sedangkan public venture capital company adalah kebalikannya dari private modal capital company, yakni perusahaan modal ventura yang sudah menjual lembaran sahamnya di lantai bursa efek.

  • Bank Affiliate Venture Company

Bank affiliate venture company adalah perusahaan yang d oleh beberapa pihak bank dan mengalami surplus dana atau mempunyai tujuan khusus dalam hal modal ventura.

  • Conglomerate Venture Capital

Conglomerate venture capital adalah perusahaan yang dibangun oleh beberapa jenis perusahaan besar.

Contoh Modal Ventura

Untuk di Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan modal ventura yang sudah di bangun dan bisa kita jadikan contoh. Beberapa perusahaan tersebut adalah berikut ini.

1. Cyberagent Venture

Cyberagent Venture adalah perusahaan modal ventura yang berasal dari Jepang yang sudah melakukan ekspansi ke Indonesia. Bersama dengan East Ventures, kedua perusahaan ini lantas memberikan suntikan dananya kepada perusahaan startup besar Tokopedia.

2. 500 Startup

500 Startup adalah perusahaan yang sangat terkenal di dunia karena dibangun oleh para karyawan Facebook, Google dan juga PayPal. Perusahaan ini adalah salah satu investor resmi Bukalapak.

Manfaat Modal Ventura

1. Meningkatkan Kegiatan dan Potensi Usaha

Suatu perusahaan yang diberikan pendanaan akan menjadikan investor bukan lagi sebagai pihak penggalang saja, tapi juga sebagai partner bisnisnya. Investor akan berperan menjadi rekan bisnis yang bersedia membantu dalam berbagai hal, seperti mengembangkan ide, inovasi, atau hal lain yang mampu membuat bisnis menjadi lebih besar.

Untuk itu, bila pihak investor ikut andil dalam mengembangkan ide dan kegiatan perusahaan, maka kegiatan dan juga potensi bisnis akan semakin meningkat.

2. Pemasaran Produk Lebih Efisien

Perusahaan startup ataupun UMKM umumnya mempunyai strategi pemasaran yang belum maksimal karena mereka mengalami keterbatasan dana. Nah, dengan memperoleh modal ventura, maka kredibilitas perusahaan akan terus meningkat dan perusahaan juga akan mendapatkan citra yang baik, sehingga nantinya akan berdampak pada pemasaran produk barang atau jasa yang lebih optimal.

3. Likuiditas Meningkat

Modal pendanaan yang diberikan tidak membuat perusahaan diwajibkan harus membayar bunga ataupun angsuran utang. Hal ini akan membuat bertambahnya modal dan akan bisa digunakan secara langsung. Dengan begitu, likuiditas perusahaan pun akan semakin meningkat.

4. Rentabilitas Membaik

Perusahaan yang memperoleh dana bantuan tidak hanya dibantu secara finansial juga, namun juga akan dibantu dalam hal manajemen. Untuk itu, perusahaan bisa meminimalisir biaya produk dan juga perusahaan sehingga rentabilitas perusahaan akan meningkat.

Cara Mendapatkan Perhatian Pemodal Ventura

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pebisnis agar usahanya bisa mendapatkan perhatian perusahaan modal ventura supaya bisnisnya bisa memperoleh suntikan dana. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Datang ke Pameran UKM

Umumnya, pameran UMKM akan dihadiri oleh para investor yang sedang berburu perusahaan startup. Disinilah para pebisnis akan diberikan kesempatan yang sangat besar untuk bisa memperoleh tambahan modal.

Pada beberapa acara pameran UKM, bahkan terkadang ada yang membuat sesi khusus agar bisa langsung berhadapan dengan para investor. Jadi, pebisnis bisa mempersiapkan rancangan terkait rencana bisnisnya agar mampu mencuri perhatian para investor agar bisa menjadi perusahaan yang ingin didanai oleh investor.

Acara seperti ini juga sering diadakan oleh para pemodal ventura dengan tujuan mencari bibit unggul perusahaan yang menguntungkan di masa depan. Hal tersebut dilakukan agar para investor di dalamnya mampu menyeleksi langsung perusahaan yang terlibat di dalam pameran tersebut.

2. Mengajukan Rencana Bisnis

Rencana bisnis adalah hal yang sangat penting dalam mencari modal ventura. Fungsinya adalah untuk merancang strategi bisnis, menilai biaya dan keperluan, meningkatkan nilai bisnis, dan juga mencari sumber pendanaan usaha.

Setiap pebisnis bisa membuat susunan rencana bisnis yang sangat menarik pada calon investornya. Disarankan untuk mampu menjelaskan isi rencana dengan gaya bahasa yang baik dan sederhana, serta berisi data akurat dan lengkap agar bisa lebih mudah untuk dipahami dan tidak mengakibatkan kesalahpahaman.

3. Uji Kelayakan

Umumnya, saat rencana bisnis sudah mulai diperhatikan oleh pemilik modal ventura, maka saat tersebut adalah saat yang tepat untuk melakukan uji kelayakan.

Kegiatan ini nantinya akan membuat bisnis menjadi sangat sibut, karena pihak investor akan mengajukan banyak pertanyaan, mengevaluasi bisnis dan produk, lalu mempertimbangkan saran dari investor untuk menyempurnakan bisnisnya.

Dalam tahapan ini, investor akan cenderung memberikan keputusan terkait layak atau tidaknya perusahaan Anda memperoleh pendanaan.

4. Tanda Tangan Perjanjian

Perusahaan yang sudah lolos uji kelayakan dan sudah melakukan kesepakatan, maka pada saat ini perusahaan modal ventura akan langsung memberikan pendanaan. Pebisnis dan modal ventura akan melakukan suatu perjanjian dengan menyelesaikan urusan administrasi dan juga legalitas yang diperlukan.

Setelah selesai, maka dana akan segera masuk ke rekening bank yang langsung bisa digunakan untuk tambahan modal usaha serta  mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Perusahaan Unicorn Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Decacorn serta Hectocorn

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang modal ventura. Bisa kita simpulkan bahwa modal ventura adalah salah satu jenis investasi yang pendanaannya berbentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta dalam kurun waktu tertentu.

Terdapat dua jenis modal ventura, yakni berdasarkan cara pemberian dana dan cara penghimpunan dana  berdasarkan  kepemilikan. Manfaat dari adanya modal ventura adalah untuk meningkatkan kegiatan dan potensi usaha, pemasaran produk lebih efisien,  likuiditas meningkat, dan rentabilitas membaik.

Cara mendapatkan perhatian pemodal ventura adalah dengan datang ke pameran ukm, mengajukan rencana bisnis, melakukan uji kelayakan, dan tanda tangan perjanjian.

Bila pendanaan sudah didapatkan, jangan lupa juga untuk selalu mencatatnya di laporan keuangan bisnis Anda. Hal ini menjadi sangat penting, terlebih lagi nantinya para investor pun akan menagih laporan keuangan Anda. Namun bila Anda kesulitan dalam membuat laporan keuangan, Anda tinggal gunakan saja software akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang merepotkan. Terlebih lagi, tampilan dashboard di dalam aplikasi ini juga sederhana, sehingga akan sangat memudahkan siapapun dalam membuat laporan keuangan.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan Anda dimana saja dan kapan saja. Karena aplikasi ini dibuat berbasis cloud system yang aman.

Tertarik? Ayo gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Download Template Pembukuan Bisnis

Template pembukuan untuk bisnismu dengan format Excel.

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait