Mengenal Aplikasi Pelacak Lokasi dan Manfaatnya dalam Bisnis

Di zaman yang sudah sangat modern seperti saat ini, perkembangan teknologi telah semakin canggih. Salah satunya adalah smartphone. Perkembangan teknologi pun menghadirkan suatu aplikasi yang sangat berguna untuk bisnis, salah satunya adalah aplikasi pelacak lokasi.

Aplikasi pelacak lokasi adalah suatu aplikasi yang bekerja dengan sistem pemantauan jarak jauh menggunakan satelit GPS sebagai penentu lokasi benda yang bergerak secara akurat.

Aplikasi ini pada dasarnya digunakan untuk melacak kendaraan bermotor, seperti mobil atau motor. Aplikasi ini tentunya berbeda dengan aplikasi GPS Navigasi yang mana fungsinya adalah untuk menunjukkan rute perjalanan karena fungsinya adalah lebih pada keamanan.

Untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis proyek konstruksi, Anda bisa menggunakan aplikasi pelacak lokasi ini. aplikasi ini memerlukan suatu perangkat keras dan perangkat lunak.

Dengan menggunakan teknologi ini, Anda jadi bisa meminimalisir risiko pencurian dalam proyek konstruksi dan menyelamatkan bisnis dari terjadinya kebocoran profit yang tidak terdeteksi.

Lalu apa itu aplikasi pelacak lokasi? Ini penjelasan lengkapnya:

Apa itu GPS Tracker?

Pada dasarnya, aplikasi pelacak lokasi adalah suatu perangkat yang digunakan agar bisa melacak keberadaan suatu barang ataupun objek tertentu. Sistem ini bekerja dengan cara menggunakan bantuan sinkronisasi dari suatu sinyal satelit. Alat ini juga umumnya bisa digunakan pada kendaraan, baik itu sepeda motor, mobil atau truk, agar bisa mengantisipasi terjadinya tindakan pencurian kendaraan.

Ketika alat ini terpasang, maka keberadaan dan lokasi dari kendaraan akan bisa dipantau secara langsung. Lokasi kendaraan juga bisa Anda lihat melalui suatu peta digital yang ramah pengguna. Sehingga, jika suatu waktu motor atau mobil Anda hilang, maka Anda bisa secara mudah mengetahui lokasi kendaraan Anda melalui smartphone yang sudah terhubung dengan alat GPS Anda.

Baca juga: 7 Olahan Frozen Food yang Diminati Masyarakat Indonesia untuk Bisnis

Manfaat Menggunakan Aplikasi GPS Tracker

Aplikasi pelacak lokasi ini akan sangat membantu Anda bila nantinya terjadi berbagai hal di luar dugaan. Bukan hanya untuk mencegah tindakan pencurian saja, tapi juga bisa mengawasi penggunaan kendaraan, khususnya jika anggota keluarga Anda sedang menggunakan kendaraan tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan aplikasi pelacak lokasi untuk bisnis Anda.

1. Dapat Melacak Kendaraan

Dengan memasang alat GPS tracker dan mengaktifkan peringatan penyalahgunaan kendaraan, Anda bisa memantau kendaraan perusahaan pada jam yang seharusnya, sehingga kendaraan bisa terlacak secara real time.

Dengan adanya bantuan aplikasi tersebut, Anda bisa menjamin kondisi kendaraan, bahan bakar dan dokumen legal kendaraan Anda berada dalam kondisi layak jalan.

2. Alat Monitoring Suara atau Penyadap

Masih sedikit orang yang menyadari bahwa GPS Tracker tidak hanya bisa digunakan untuk melacak kendaraan atau seseorang saja, alat ini juga bisa digunakan sebagai alat penyadap. Setiap pengguna aplikasi ini bisa secara mudah mendengarkan percakapan yang berlangsung dalam suatu kendaraan secara real time.

3. Menginformasikan Kondisi dan Histori Kendaraan

Manfaat lainnya dari GPS tracker adalah bisa memberikan informasi penting terkait kondisi dan hal apa saja yang terjadi dalam suatu kendaraan melalui pengiriman email atau SMS. Informasi tersebut berisi hal tentang status hidup atau matinya arus kelistrikan, sabotase, dan informasi penting lain.

Jadi, aplikasi pelacak lokasi ini bisa menginformasikan pada Anda terkait kondisi dan juga histori perjalanan dari kendaraan milik pengguna.

Baca juga: Apa itu Industri Garmen? Ini Pengertian dan Hal Penting di Dalamnya!

Penutup

Aplikasi pelacak lokasi atau gps tracker merupakan aplikasi yang tepat untuk bisnis Anda, khususnya untuk memantau inventaris kendaraan Anda, baik itu motor atau mobil perusahaan.

Namun, Anda tidak boleh hanya fokus dalam menggunakan aplikasi ini saja. Anda harus bisa menggunakan dan menerapkan aplikasi lain yang bisa membantu bisnis Anda untuk bisa berkembang. Nah, aplikasi tersebut adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi buatan anak bangsa yang dibuat dengan menggunakan teknologi cloud computing. Sistem keamanan dari aplikasi ini pun cukup ketat. Tampilan dashboardnya juga di desain dengan sangat sederhana. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online secara aman, mudah dan nyaman dimana saja serta kapan saja Anda perlukan.

Anda juga sudah tidak perlu lagi meragukan keandalan dari Accurate Online. Kenapa? karena aplikasi ini telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman dalam menyediakan aplikasi bisnis yang canggih. Buktinya, Accurate Online telah berhasil meraih penghargaan Top Brand Award sejak tahun 2016 hingga tahun ini.

Dengan menggunakan Accurate Online, semua kegiatan transaksi yang terjadi di dalam bisnis Anda akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat serta akurat.

Lebih menariknya lagi, seluruh fitur tersebut sudah terintegrasi dengan fitur bisnis lengkap yang disediakan oleh Accurate Online. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi pajak, dan masih banyak lagi.

Dengan kelebihan dan fitur bisnis luar biasa dari Accurate Online ini Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Lebih menariknya lagi, Anda bisa menikmati Accurate Online dengan hanya mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni sebesar 200 ribuan saja per bulannya. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

rifqi

Penulis blog Accurate Online lulusan ilmu teknologi informasi yang menyukai dunia gadget, network, jaringan, big data, dan seluruh hal yang berkaitan tentang teknologi.