Benchmarking Bisnis: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Benchmarking adalah alat penting yang dapat digunakan perusahaan dan bisnis untuk tetap mengikuti perkembangan tren dalam industri mereka yang terkait dengan penjualan, layanan pelanggan, dan lainnya. Dengan menggunakan proses benchmarking, organisasi dapat menentukan standar kinerja terbaik berdasarkan keberhasilan perusahaan lain.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu benchmarking, tujuh alasan mengapa benchmarking dalam bisnis itu penting dan tips untuk benchmarking yang sukses dalam organisasi Anda.

Apa itu benchmarking dalm bisnis?

Benchmarking adalah praktik umum di antara organisasi dan mengacu pada praktik yang memungkinkan perusahaan membandingkan produk, operasi, dan prosesnya sendiri dengan perusahaan lain.

Sebuah perusahaan biasanya akan membandingkan kinerjanya sendiri dengan bisnis dalam industrinya yang berhasil. Jenis alat ini menunjukkan organisasi yang dapat ditingkatkan secara internal untuk meningkatkan kinerja dan pendapatan secara keseluruhan.

7 alasan mengapa benchmarking penting untuk bisnis

Ada beberapa alasan mengapa benchmarking dalam bisnis itu penting. Alasan ini termasuk:

1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi

Melakukan tolok ukur secara teratur berkontribusi pada efektivitas dan efisiensi perusahaan secara keseluruhan dengan memungkinkan organisasi mengidentifikasi area potensial untuk perbaikan secara internal.

Ini berlaku untuk bisnis penjualan dan manufaktur serta perusahaan yang berorientasi pada layanan. Komponen yang benchmarking dapat membantu organisasi meningkatkan termasuk penjualan, pemasaran, dukungan dan periklanan.

Dengan melihat perusahaan yang paling efektif dan efisien dalam industri atau ceruk bisnis Anda, Anda akan memiliki kesempatan untuk menganalisis mereka lebih efisien dan efektif dan menggunakan informasi ini untuk mendukung peningkatan perusahaan Anda.

Pertanyaan yang harus diajukan untuk memastikan Anda menilai efisiensi dan efektivitas perusahaan lain dengan cara yang sukses meliputi:

  • Seperti apa efisiensi dalam industri atau niche Anda?
  • Apa yang membuat perusahaan paling efisien dan efektif seperti itu?
  • Apa yang dapat Anda ambil dari model bisnis mereka dan memasukkannya ke dalam bisnis Anda sendiri?

2. Tetapkan tujuan bisnis yang jelas

Melakukan tolok ukur reguler akan memungkinkan Anda menetapkan tujuan bisnis yang lebih jelas untuk organisasi Anda.

Memahami mengapa kompetisi berhasil akan memberi Anda wawasan penting yang memungkinkan Anda membuat tujuan terukur dengan mendefinisikan kesuksesan, mengembangkan strategi inovatif untuk memberi dampak, dan memantau kemajuan Anda secara efektif menuju setiap tujuan dari waktu ke waktu.

Saat Anda memantau kemajuan Anda, pastikan untuk membuat penyesuaian bila perlu untuk mengakomodasi perubahan di pasar atau perubahan dalam organisasi Anda.

 Baca juga: Siklus Bisnis: Pengertian Lengkap dan 5 Tahapnya

3. Memberikan kesempatan baru untuk penemuan

Alasan lain mengapa benchmarking dalam bisnis itu penting adalah karena memberikan Anda cara untuk menemukan peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesuksesan. Ini sangat penting jika organisasi Anda mandek atau tidak bergerak maju seperti yang Anda inginkan.

Melakukan tolok ukur memungkinkan Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan agar perusahaan Anda setara dengan pertumbuhan dan kesuksesan organisasi lain dalam industri atau ceruk pasar Anda.

Dengan menilai apa yang dilakukan perusahaan lain untuk menjadi sukses, Anda dapat mengembangkan rencana untuk meningkatkan kinerja dan memanfaatkan peluang baru.

4. Meningkatkan kinerja penjualan bisnis

Penjualan yang kuat sangat meningkatkan kesuksesan perusahaan secara keseluruhan, tetapi tidak memiliki wawasan yang tepat untuk memahami kinerja penjualan Anda dapat menciptakan penghalang bagi organisasi Anda.

Benchmarking memberikan kesempatan untuk menilai angka penjualan Anda dan membandingkannya dengan organisasi paling sukses di ceruk atau industri Anda. Misalnya, Anda dapat memeriksa berapa banyak penjualan perusahaan lain, berapa banyak orang yang mereka miliki di tim penjualan mereka, berapa banyak tim penjualan yang mereka miliki dan di mana mereka berada, dan apakah pesaing Anda bekerja sama dengan organisasi besar lainnya dalam bentuk kemitraan.

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan mungkin memiliki kinerja penjualan yang lebih tinggi daripada organisasi Anda. Faktor umum yang harus diperhatikan termasuk bagaimana mereka memasarkan dan mengiklankan produk mereka, setiap keuntungan yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka untuk bisnis yang berulang dan di mana mereka menjual produk dan layanan mereka. Anda juga harus melihat situasi internal organisasi.

Menilai mengapa tim penjualan berkinerja baik akan membantu Anda menentukan perubahan apa yang dapat Anda buat secara internal untuk meningkatkan kinerja.

Baca juga: Monkey Business: Pengertian, Contoh, dan Cara Menghindarinya

5. Memotivasi karyawan

Membandingan reguler dalam bisnis juga memberikan peluang besar untuk meremajakan karyawan dan meningkatkan motivasi dan kontribusi mereka secara keseluruhan kepada organisasi.

Tolok ukur terbaik untuk meningkatkan motivasi karyawan adalah tes tolok ukur yang mengevaluasi masing-masing departemen kompetisi. Anda kemudian membandingkan hasil ini dengan departemen dalam organisasi Anda sendiri dan menetapkan tujuan agar sesuai dengan kompetisi.

Saat menetapkan tujuan untuk karyawan, penting untuk memastikan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai, realistis, dan terukur. Ini memastikan bahwa setiap orang memahami harapan yang Anda miliki untuk mereka dan bahwa setiap karyawan mengetahui tujuan atau sasaran yang sedang mereka upayakan. Anda juga harus menerapkan program pengakuan atau penghargaan untuk memastikan karyawan diakui atas upaya mereka dan tetap termotivasi.

6. Lebih memahami kompetisi

Alasan yang jelas mengapa benchmarking dalam bisnis itu penting adalah memungkinkan Anda untuk lebih memahami persaingan Anda secara keseluruhan. Memahami metode operasi pesaing dan apa yang berkontribusi pada kesuksesan mereka secara keseluruhan memungkinkan Anda untuk memperluas operasi Anda saat ini dan meningkatkan produktivitas dan kinerja secara keseluruhan.

7. Tingkatkan kualitas produk

Anda juga dapat menggunakan benchmarking untuk menilai kualitas produk Anda saat ini dan memperbaikinya. Misalnya, Anda dapat membeli produk perusahaan lain yang lebih sukses, menganalisis apa yang membuatnya berbeda dari produk Anda, dan menemukan cara untuk mengungguli produk tersebut.

Baca juga: Daftar dan Jenis Produk Konsumen Beserta Contohnya

Tips untuk proses benchmarking yang sukses

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika melakukan benchmarking dalam bisnis:

Tentukan area apa yang perlu ditingkatkan dalam organisasi Anda

Menargetkan area spesifik untuk peningkatan seringkali lebih efektif daripada sekadar mencoba meningkatkan kinerja di mana saja dan di mana saja dalam perusahaan Anda. Fokus pada area di mana perusahaan Anda tidak berkinerja seperti yang Anda inginkan dan gunakan pengetahuan ini untuk membandingkan departemen dan faktor yang sesuai yang membuat pesaing Anda lebih sukses.

Temukan organisasi dengan kinerja tertinggi

Sangat penting untuk menemukan perusahaan paling sukses di industri atau niche Anda untuk dijadikan patokan. Anda juga dapat melihat organisasi yang sukses di luar industri Anda yang mengalami masalah serupa dengan perusahaan Anda dan menilai bagaimana mereka menangani situasi ini dengan sukses.

Buat dan terapkan rencana peningkatan kinerja

Setelah Anda menghabiskan waktu yang cukup untuk mempelajari persaingan dan memiliki gagasan yang baik tentang proses mereka, Anda harus mulai membuat rencana peningkatan kinerja dan kemudian menerapkannya di dalam perusahaan Anda. Ini akan memastikan Anda merasakan manfaat benchmarking dan meningkatkan kesuksesan organisasi Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Tanggung Jawab Sosial: Pengertian dan Contohnya pada Bisnis

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa benchmarking pada bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menilai, mengukur, dan membandingkan performa yang dilakukan oleh individu, unit kerja, departemen, atau organisasi tertentu.

Umumnya, tujuan benchmarking adalah guna memberikan informasi pada organisasi terkait produk atau performanya saat ini. Sehingga, perusahaan bisa melakukan evaluasi dan menemukan cara yang paling tepat untuk meningkatkan performa atau kualitas produk.

Namun, kegiatan benchmarking ini juga harus dilakukan dengan seluruh aspek manajemen perusahaan yang baik, termasuk manajemen keuangan. Sehingga, tujuan utama perusahaan bisa tercapai secara sempurna. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan