Perhatikan 6 Hal ini Sebelum Membuka Bengkel di Kota Makassar

Prospek Bisnis Bengkel di Kota Makassar

Jika Anda adalah seorang yang memiliki keterampilan otomotif dan tinggal di Kota Makassar, membuka bengkel di Kota Makassar bisa menjadi sebuah peluang usaha yang potensial dan menguntungkan untuk Anda. Terlebih, Kota Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia timur yang memiliki laju pertumbuhan ekonomi dan manusia yang pesat. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di kota ini.

Namun keterampilan saja tidak cukup untuk membuat bengkel Anda sukses dan bertahan di Kota Makassar. Anda memerlukan perencanaan dan strategi yang benar agar bengkel yang Anda bangun nantinya bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan.

Kelak, setelah Anda berhasil membuka bengkel kecil di Kota Makassar, Anda perlu saran dan tips yang berguna tentang cara untuk tetap bertahan. Apakah Anda punya ide bagaimana mendapatkan kepercayaan klien Anda, sehingga mereka terus mendatangi Anda setiap kali mereka memiliki masalah dengan kendaraan mereka? Apakah Anda ingin menjadi salah satu bengkel yang tepercaya di Kota Makassar?

Berikut adalah 6 hal yang harus Anda tahu sebelum membuka bengkel di Kota Makassar :

1. Mulai dengan harga standar

Tidak peduli seberapa terlatih dan terorganisir Anda, mulailah menawarkan layanan Anda dengan harga awal yang sesuai standar. Hal ini sangat penting, meskipun Anda baru di industri ini Anda harus mengetahui harga pasaran dari layanan dan spare part yang Anda jual. Mulailah dengan melakukan riset kecil terhadap harga rata-rata bengkel di Kota Makassar

Anda juga dapat mulai menarik pelanggan dengan diskon dan penawaran khusus. Akan sangat sulit bagi Anda untuk meyakinkan orang-orang yang tidak mengenal Anda sebagai seorang profesional mobil. Berilah pelayanan yang lebih baik dari harga yang mereka berikan pada saat awal Anda membuka bengkel. Hal ini bisa membangun citra baik bengkel Anda pada awal bisnis.

Baca juga : 10 Rahasia Sukses Membuka Wirausaha di Kota Makassar

2. Tetap konsisten dan jangan kecewakan pelanggan

Pastikan pelanggan Anda mendapatkan persis apa yang mereka bayar. Ini sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Selalu berikan yang terbaik untuk menyelesaikan tugas Anda tepat waktu dan sesuai dengan perjanjian.

Investasikan seluruh waktu dan upaya Anda untuk melakukan pekerjaan Anda dengan benar dan tidak terburu-buru, sehingga pelanggan Anda tidak perlu kembali kepada Anda dalam beberapa bulan untuk masalah yang sama pada kendaraannya. Ingatlah, Anda menjual jasa perbaikan mobil, bukan malah merusaknya!

Baca juga : 5 Tips Terbaik Sebelum Membuka Toko Sepeda di Kota Makassar

3. Selalu tepati janji Anda

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui keterbatasan Anda. Jika ada pekerjaan yang Anda pikir tidak bisa Anda tangani dengan baik, sebaiknya sejak awal memberi tahu pemilik mobil daripada memberikan layanan berkualitas buruk.

Selalu pertahankan jam kerja Anda dan bahkan tinggal lebih lama jika pelanggan Anda mengalami situasi darurat. Nyatakan bahwa Anda menawarkan layanan yang dapat diandalkan dan selalu jujur ​​tentang apa yang seharusnya mereka harapkan dari Anda. Kepercayaan adalah hal utama pada bisnis jasa.

4. Berilah garansi

Pelanggan adalah raja, tidak terkecuali untuk usaha bengkel. Memastikan mereka merasa puas atas jasa yang kita berikan adalah hal yang utama. Jika perlu berilah garansi untuk kendaraan yang sudah diperbaiki atau diservis di bengkel Anda. Jika pada waktu tertentu kendaraan yang telah diperbaiki kembali rusak, maka pengguna bisa membawanya lagi ke bengkel Anda tanpa biaya tambahan.

Namun, pastikan Anda juga menyusun syarat dan ketentuan tentang kondisi pengajuan garansi yang valid. Apakah masuk akal jika kendaraan rusak akibat kecelakaan lalu mengklaim garansi ke bengkel Anda? Pikirkanlah secara detail.

Baca juga : Mau Membuka Toko Elektronik di Makassar? Baca dulu Tips Berikut ini

5. Teruslah belajar

Mengembangkan keterampilan untuk hidup Anda sangat penting untuk bisnis perbaikan mobil Anda. Tidak peduli seberapa berkualitas dan berpendidikan Anda, gunakan setiap kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru tentang kendaraan. Ikuti kursus tambahan, tonton video, baca majalah khusus untuk mempelajari metode dan teknik baru agar perbaikan dan pemasangan berhasil.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bisnis otomotif selalu terus berkembang dan bukan tidak mungkin jika keterampilan yang Anda kuasai sekarang menjadi tidak berguna bagi kendaraan keluaran 3 tahun mendatang.

Baca juga : Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar

6. Catat seluruh biaya pada bengkel Anda

Pengeluaran dan pemasukan pada bisnis adalah hal yang tidak dipisahkan. Hal ini juga menentukan keuntungan atau kerugian bengkel Anda nantinya. Disiplinlah untuk mencatata seluruh biaya yang terjadi pada bengkel Anda. Catat setiap transaksi yang terjadi, baik itu pengeluaran atau pemasukan pada pembukuan manual.

Jika Anda merasa melakukan pembukuan manual adalah hal yang memakan waktu, terlebih Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan sekalipun Anda tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna termasuk pada pemiliki bengkel untuk mengembangkan usahanya melalui pembukuan dan pemantauan stok dari berbagai cabang toko dengan lebih mudah dan lebih efisien.

Tertarik? Cobalah semua fitur Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan