Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar

Peluang Bisnis Rental Mobil di Makassar

Makassar adalah kota dengan perkembangan ekonomi terbesar di Indonesia. Ini juga berarti bahwa Makassar memiliki peluang bisnis yang berpotensi sangat menguntungkan, contohnya adalah membangun bisnis rental mobil di kota Makassar.

Sebagai kota besar, tentu kegiatan mobilisasi menjadi kebutuhan penting bagi penduduk asli kota Makassar atau para pendatang yang ingin bewisata, kegiatan bisnis, mengunjungi kerabat, atau lainnya. Di kota Makassar sendiri membangun rental mobil akan selalu dicari. Ratusan bahkan ribuan orang melakukan pencarian “rental mobil makassar” atau “rental mobil murah makassar.”

Ini berarti menandakan bahwa bisnis rental mobil di Makassar memiliki permintaan yang tinggi. Namun sebelum Anda memualai bisnis ini, tentunya Anda perlu merencanakan semuanya secara matang. Hal ini dikarenkan membuka bisnis rental mobil mengeluarkan modal yang tidak sedikit.

Berikut adalah beberapa tips efektif untuk membuat bisnis rental mobil yang sukses :

Pilih Target Market Anda

Hal pertama dalam memulai bisnis rental mobil yang penting adalah memilih target market yang tepat. Siapa yang akan menggunakan layanan bisnis Anda?

Apakah para wisatawan, backpacker, atau orang yang sedang melakukan kunjungan bisnis di kota Makassar? Bisa juga jika Anda menargetkan pasangan pengantin yang melangsukan pernikahan untuk akomodasi kendaraan pengantin bersama keluarganya.

Mengapa ini penting? Hal ini akan berhubungan dengan keputusan pembelian jenis mobil Anda nantinya.

Baca juga : Tips Membangun Coffee Shop Sukses di Makassar

Pilih Kendaraan yang Tepat

Jika Anda telah menentukan target pasar, selanjutnya adalah memilih kendaraan yang tepat untuk market yang tepat. Ingat, jangan pernah salah untuk menentukan pasar dan memilih kendaraan untuk pelanggan Anda.

Jika Anda menargetkan market para backpaccker atau wisatawan lokal dan tujuan sekitar kota, Anda bisa memilih kendaraan yang irit bahan bakar, tidak terlalu besar, dan memiliki banyak bangku dan bukan jenis sedan. Contohnya adalah, Avanza, Grandmax, atau Xenia. 

Dengan bagitu ini akan menekan biaya modal Anda dan tentu akan membuat pelanggan Anda lebih hemat dengan tarif rental yang rendah.

Namun jika Anda menargetkan kelas menengah ke atas atau untuk kebutuhan pesta pernikahan. Kenyamanan adalah nomor satu. Mereka membutuhkan mobil yang nyaman dan mungkin mewah, seperti mobil sedan Toyota Camry, BMW, Mercedes Benz, Toyota Alphard atau sejenisnya.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya

Jangan Membeli Mobil Bekas

Jangan hanya kerena harga yang murah, namun Anda mengambil risiko atas kepuasan pelanggan. Jangan! Membeli mobil bekas berarti Anda mempertaruhkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah biaya perawatan yang lebih besar jika Anda menggunakan mobil bekas untuk operasional bisnis rental mobil Anda. Karena bagian suku cadang mobil bekas tidaklah sebaik jika Anda menggunkan mobil baru.

Bisa Anda bayangkan jika pelanggan Anda mengalami mobil mogok di daerah rawan kejahatan akibat mobil bekas yang Anda beli?

Baca juga : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Lakukan Servis Berkala Secara Rutin

Mobil Anda adalah ujung tombak pada bisnis Anda, maka pastikan “dia” untuk tetap tajam dan tanpa masalah. Salah satu caranya adalah melakukan servis secara rutin.

Melakukan servis rutin juga bisa untuk mengantisipasi kerusakan lebih besar yang lebih besar dan akan membuat pengeluaran lebih besar pula. Dengan melakukan servis rutin juga akan membuat Anda mobil Anda dalam kondisi prima selalu dan akan menambah kepuasan pelanggan Anda.

Pembelian secara Kredit

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, membangun bisnis rental mobil di Makassar membutuhkan modal yang cukup besar. Jika Anda kesulitan membeli mobil secara cash, Anda bisa menggunakan metode pembelian secara kredit untuk meringankan pengeluaran bisnis secara langsung. Hasil dari penyewaan mobil bisa Anda bayarkan untuk angsuran.

Sebenarnya hal ini adalah tindakan yang sangat menguntungkan. Dengan melakukan pembelian secara kredit dan jika kredit sudah terlunasi, itu berarti Anda menambah aset pada bisnis Anda.

Baca juga : Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Barbershop secara Optimal

Arusansikan setiap Kendaraan Anda

Sekalipun semua rencana telah kita matangkan, akan selalu ada hal yang tidak kita duga dalam bisnis, begitupun pada bisnis rental mobil.

Pertimbangkan untuk menggunakan asuransi dengan premi yang terjangkau pada setiap mobil operasional pada bisnis Anda. Hal ini untuk mengurangi risiko jika terjadi kerusakan akibat hal hal yang tidak kita duga seperti, kecelakaan, kerusakan, atau kehilangan.

Pastikan Kendaraan Anda selalu Aman

Keamanan kendaraan bagi Anda dan konsumen adalah hal terpenting dalam membangun bisnis rental mobil. Tentu Anda tidak ingin terjadi hal hal yang merugikan Anda dan pelanggan Anda bukan?

Untuk memastikan keamanan pelanggan, pastikan mobil selalu di servis secara berkala, tersedia kotak P3K di dalam mobil, pastikan selalu ban cadangan pada setiap mobil operasional.

Sedangkan untuk keamanan Anda, penggunaan asuransi pada setiap kendaraan dan pemasangan GPS Tracker bisa mengurangi risiko kerugian yang tidak Anda inginkan.

Anda juga bisa menetapkan aturan penyewaaan kepada pelanggan seperti :

  • Menerapkan surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan materai.
  • Memberlakukan penahanan Kartu Tanda Penduduk atau tanda pengenal lainnya selama masa penyewaan.
  • Melakukan foto wajah kepada pihak yang bersangkutan sebelum melakukan penyewaan.

Baca juga : Ingin Membangun Bisnis? Berikut Beberapa Tips Membangun Bisnis Plan

Lakukan Pemasaran yang Terarah

Jika Anda ingin menjalankan bisnis penyewaan mobil yang sukses, Anda perlu memasarkan bisnis tersebut. Tidak perlu mahal, pemasaran dari mulut ke mulut bisa menjadi bentuk pemasaran yang baik.

Namun jika Anda ingin usaha rental mobil Anda dikenal banyak orang dan dicari banyak pelanggan, Anda bisa mencoba untuk melakukan digital marketing. 

Proses ini adalah dengan melakukan pemasaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftar pada pihak ketiga peyedia jasa travel atau OTA (Online travel agent) seperti Traveloka atau AirBnb yang memiliki fitur rental mobil.

Pikirkan juga untuk membuat situs pemesanan online sendiri yang akan mengakomodasi pelanggan Anda lebih mudah dan dengan harga yang lebih murah.

Baca juga : Mengenal Beberapa Startup Besar yang ada di Indonesia

Lakukan Pembukuan

Untuk pengelolaan keuangan dan perencanaan pengembangan bisnis yang baik Anda harus melakukan pembukuan dan mencatata seluruh transaksi yang terjadi.

Tidak hanya melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran, sebagai pemilik rental mobil Anda juga harus menghitung aset dari keseluruhan bisnis Anda. Ingatlah, semua mobil yang Anda punya sekarang adalah aset yang harganya terus menurun, makan melakukan penghitungan seluruh aset adalah penting bagi pemilik rental mobil selain membuat laporan keuangan yang benar.

Akan sangat menyulitkan jika Anda melakukan semua itu secara manual. Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap seperti pernghitungan aset dengan harga terjangkau dan mudah digunakan, contohnya seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna di Indonesia dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Jadi apa yang masih Anda ragukan?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate fokus pengembangan