Mau Membuka Toko Elektronik di Makassar? Baca dulu Tips Berikut ini

Prospek Toko Elektronik di Kota Makassar

Seiring pertumbuhan yang sangat cepat di Kota Makassar, tentu ini akan menjadikan banyak kesempatan bisnis di kota makassar. Terlebih banyaknya pembangun infrastruktur yang masif terjadi di Makassar yang memicu pertumbuhan ekonomi yang tinggi di kota. Hal ini meningkatkan permintaan terhadap perangkat elektronik, dan tentu jika Anda berniat untuk membuka toko elektronik di Kota Makassar merupakan ide yang cukup bagus.

Namun sama seperti bisnis lain, sebelum membangun toko elektronik di kota Makassar membutuhkan perencanaan bisnis yang matang selain pengetahuan tentang perangkat elektronik yang mumpuni.

Jika Anda tertarik untuk membuka toko elektronik di kota Makassar, berikut adalah tipsnya untuk Anda :

1. Siapkan Modal yang Cukup

Untuk memulai bisnis, hal pertama kali yang Anda butuhkan adalah modal untuk membangun usaha tersebut, termasuk jika membangun toko elektronik di kota Makassar. Memiliki modal yang cukup akan menentukan kelengkapan barang yang Anda jual.

Jika hanya tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa memilih untuk tidak membuka toko fisik dan hanya berjualan online. Tidak perlu banyak barang yang Anda jual, pastikan saja semua barang elektronik tersebut memiliki banyak permintaan dan memiliki margin keuntungan yang cukup untuk Anda mengembangkan toko Anda.

Baca juga : 10 Tips Mendapatkan Modal Usaha untuk Pengembangan Bisnis

2. Perhatikan Darimana Anda Mendapatkan Stok Anda

Pertanyaan utama yang harus dijawab oleh Anda yang ingin membuka toko elektronik adalah di mana Anda menemukan barang yang ingin Anda jual.

Meskipun tidak sulit untuk menemukan barang yang ingin Anda jual, jauh lebih sulit untuk menemukan barang yang menghasilkan keuntungan. Sumber yang Anda pilih sangat menentukan tingkat pendapatan Anda dan tingkat keuntungan pada toko elektronik Anda

Anda bisa mencari penyedia barang dagangan pada toko elektronik Anda di:

Distributor

Membeli barang dari distributor memungkinkan Anda tidak hanya membeli barang merek terkenal dengan diskon yang besar, tetapi juga menerima materi pelatihan dan menjadi yang pertama tahu tentang produk baru dan mendapatkan informasi terupdate

Baca juga : Ingin Membuka Bisnis Grosir di Makassar? Baca dulu 9 Tips ini

Dropshipper

Inti dari metode ini adalah kerja sama dengan pemasok yang memungkinkan Anda untuk menghindari kerumitan pengadaan. Bahkan, satu-satunya hal yang harus Anda lakukan adalah mengunduh katalog barang yang tersedia dan meneruskan informasi pembelian serta data pelanggan terkait ke pihak dropship begitu pembelian dilakukan. Kemudian, tunggu saja komisi Anda!

Baca juga : Dropship Adalah Bisnis yang Mudah? Mari Bahas lebih Jauh

Mengimport Barang dari Cina

Cara semacam ini bisa menjadi sangat menguntungkan. Cina adalah negara dengan industri manufaktur elektronik terbesar dan murah.

Anda bisa mengakses untuk mengetahui seluruh harga barang yang Anda butuhkan melalui aplikasi B2b seperti alibaba.com.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses penawaran dari ribuan penjual dengan harga yang murah. Meskipun, dengan memilih opsi ini, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk mentransfer sejumlah besar barang secara lintas batas, namun tetntu ini akan sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki toko fisik.

Tidak selalu mudah untuk menemukan pemasok yang dapat diandalkan dengan persyaratan yang menguntungkan. Namun, setelah Anda melakukan beberapa  penelitian, Anda akan dapat menemukan pemasok sempurna Anda dan bergerak maju dengan pengembangan toko elektronik Anda di kota Makassar.

Baca juga : Tips Membangun Coffee Shop Sukses di Makassar

3. Lokasi yang Baik

Sampai pada poin ini, kami harap Anda sudah memiliki toko elektronik dengan omzet yang cukup besar hingga Anda sudah bisa menyewa toko fisik di kota Makassar. Memiliki toko fisik sebenarnya penting, hal ini untuk menunjukan eksestensi bisnis Anda kepada pelanggan setia Anda.

Anda bisa menyewa lokasi di pusat kota atau setidaknya tempat dengan intensitas keramaian yang cukup untuk menarik perhatian. Di Kota Makassar sendiri terdapat berbagai tempat strategis yang bisa Anda pilih seperti Panakkukang, Jalan Poros, Rappocini, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan Pemasaran Online

Yang seperti kami jelaskan pada poin nomor 1, Anda mungkin lebih dulu memasarkan produk Anda secara Online daripada penjualan konvensional. Dan saat bisnis Anda berkembang dengan pesat Anda mendirikan toko dan melakukan penjualan dengan pelanggan Anda. Tapi ini bukan berarti Anda harus meninggalkan metode penjualan online, melainkan membuat penjualan online menjadi lebih baik.

Jika sebelumnya Anda hanya memasarkan produk Anda pada marketplace lokal seperti Tokopedia, Bukalapak, atau shopee, kini saatnya Anda masuk dalam proses pemasaran yang lebih besar. Misalnya saja Anda membuat toko online sendiri atau memasarkannya ke ecommerce yang memiliki market global seperti amazon atau ebay.

Baca juga : Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar

5. Pastikan Strategi Marketing yang Efektif

Setelah Anda memiliki toko fisik dan toko online, langkah selanjutnya adalah mengatur strategi marketing yang optimal untuk mendongkrak penjualan bisnis Anda. Langka-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Untuk menambah pengunjung pada toko online, Anda bisa menggunakan metode SEO untuk meningkatkan trafic pengunjung.
  • Pastikan juga pemasaran melalui media sosial seperti Instagram atau Facebook marketplace.
  • Anda bisa memasang iklan di radio lokal Makassar untuk meingkatkan brand awareness toko Anda.
  • Gunakan promosi berbayar pada marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, atau Shopee.
  • Gunakan Google ads atau Facebook Ads untuk menambah tingkat pengunjung atau followers.

Baca juga : 28 Ide, Strategi, dan Cara untuk Menambah Like di Instagram

6. Pastikan Pembukuan Anda Benar

Hal pernting bagi semua bisnis termasuk toko elektronik di Makassar adalah melakukan semua pencatatan transaksi di pembukuan yang benar.

Dengan pembukuan yang benar, Anda bisa memantau seluruh kesehatan keuangan bisnis secara menyeluruh secara transparan. Pembukuan juga berguna untuk membuat laporan keuangan yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan untuk pengambilan keutusan yang penting dalam bisnis. Contohnya adalah untuk pengadaan produk baru, menghentikan proses bisnis yang dianggap sebagai pemborosan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tidak megerti sama sekali tentang akuntansi dan berpikir bahwa proses pembukuan hanya memakan waktu, Anda bisa mencoba untuk mengunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai kebutuhan toko elektronik Anda. Contonya adalah software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan oleh siapapun. Terbkti telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan meraih Top Brand Award sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu