10 Bisnis Online tanpa Modal yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

Mungkin ada yang beranggapan sulit untuk melakukan bisnis online tanpa modal? Walau sebetulnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Ada banyak contoh kisah sukses menjalankan bisnis online sekalipun dengan modal yang terbatas.

Ingin tahu apa saja daftarnya? Lihat di bawah ini.

1. Penulis

Menjadi penulis atau content writer bisa dibilang merupakan bisnis online tanpa modal. Anda hanya perlu modal keterampilan dalam menulis. Nantinya, Anda akan dibayar oleh orang-orang yang membutuhkan jasa Anda.

Dengan semakin maraknya jual beli online serta situs web yang bertebaran di internet, hal ini merupakan ladang empuk. Semua itu membutuhkan konten yang up-to-date. Tugas Anda hanyalah mencari klien dan menyelesaikan setiap pesanan yang datang.

Baca juga : Mengetahui Perbedaan Omset, Margin, dan Profit dalam Bisnis

2. Youtuber

Youtube merupakan ladang bisnis yang menjanjikan. Kepopuleran platform video ini membuat banyak orang kaya mendadak karena mendapatkan banyak penghasilan dari iklan maupun tawaran kerjasama lainnya.

Sebagai youtuber, tugas Anda adalah membuat vlog yang menarik sehingga makin banyak penggemar yang berminat untuk men-subscribe akun Youtube Anda. Makin banyak jumlah subscriber akan makin banyak view yang Anda peroleh. Walhasil, makin banyak juga pundi-pundi uang yang Anda hasilkan.

Anda bisa memulai bisnis Youtube dengan menggunakan smartphone Anda. Lambat laun nantinya Anda bisa mengembangkannya dengan berbelanja “alat tempur” video yang lebih bagus agar hasil vlog Anda makin menarik.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Retail? Baca ini sebelum Memulainya

3. Dropshipper

Sebagai dropshipper, tugas Anda adalah menjualkan barang kepunyaan orang lain. Nantinya, setiap order yang masuk akan dikirim oleh pemilik barang namun tetap atas nama Anda.

Jenis bisnis ini tidak perlu modal, karena Anda tidak perlu melakukan stok barang. Tugas Anda hanyalah mempromosikannya secara gencar dan tertarget.

Langkah untuk menjalankan bisnis dropship adalah mencari supplier yang bisa diajak kerjasama. Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi dropshipper kepada pemilik bisnis online. Jika diterima, selanjutnya Anda tinggal mempromosikan aneka barang tersebut.

4. Konsultan

Bisnis online tanpa modal dengan hasil yang menggiurkan adalah bidang konsultasi. Anda bisa menjadi konsultan sesuai kepakaran Anda. Kalau Anda seorang ahli search engine optimization (SEO), Anda bisa tawarkan konsultasi SEO. Kalau Anda adalah pakar marketing, Anda bisa membuka konsultasi marketing. Atau bahkan kalau Anda adalah pakar dalam dunia percintaan, Anda bisa buka konsultasi cinta dan permasalahan rumah tangga.

Pendek kata, Anda bisa menjadi konsultan sesuai bidang yang selama ini Anda tekuni. Tugas Anda adalah memberikan saran maupun masukan terhadap setiap masalah yang dialami klien.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis di Tahun 2020 yang Mudah untuk Dikembangkan

5. Penerjemah

Kalau Anda punya keahlian dalam banyak bahasa, bisa coba usaha untuk menerjemahkan. Banyak yang membutuhkan keahlian Anda untuk menerjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Anda bisa mulai menawarkan diri ke penerbit maupun pihak yang membutuhkan jasa penerjemahan. kalau hasil terjemahan Anda bagus, Anda pun akan selalu dibanjiri oleh pesanan terjemahan.

6. Desainer

Bagi yang hobi desain, Anda bisa menggeluti bisnis desain. Buka saja jasa desainer sesuai passion Anda. Kalau Anda gemar dengan desain grafis, Anda bisa membuat jasa desain untuk banner promosi. Kalau Anda ahli dalam bidang mendesain rumah, Anda bisa juga layanan ini.

7. Fotografer

Profesi fotografer juga makin banyak dilirik. kalau Anda memiliki skill di bidang ini, jangan ragu untuk terjun membuka jasa fotografi.

Lingkup bidang usaha ini amat beragam. Mulai dari jasa foto pernikahan hingga foto produk. Pasar yang luas dengan permintaan yang tak pernah habis menjadikannya sebagai ladang usaha yang menarik untuk digeluti.

8. Admin Media Sosial

Kalau selama ini Anda gemar bermain media sosial, Anda juga bisa menjadikannya sebagai bisnis yang menjanjikan. Sebagai administrator, tugas Anda adalah mengelola akun media sosial milik klien.

Potensinya sangat besar. Anda bisa menggaet berbagai kalangan, mulai dari selebritis, politisi, atau bahkan toko online. Kemampuan mengelola media sosial dengan baik dan menyesuaikan dengan tujuan klien adalah modal kunci untuk sukses di bidang ini. Anda tertarik untuk menyelaminya?

9. Agen properti

Sebagai agen properti, tugas Anda adalah memasarkan properti sehingga terjual. Nantinya Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Anda hanya perlu cakap berkomunikasi dengan calon pembeli sehingga berminat untuk membeli properti yang Anda pasarkan.

10. Tutor Online

Anda pun bisa menjual keahlian Anda dengan mengajarkannya kepada orang lain. Sebagai contoh, Anda bisa membuka kursus SEO online atau mungkin bisa kursus periklanan online.

Anda dapat mengadakan kursus maupun webinar berbayar. Jika keahlian Anda sudah banyak diakui, banyak peserta yang siap untuk beljar dari Anda.

Baca juga : 9 Tips Membangun Bisnis Rumah Makan yang Sukses & Menguntungkan

Kesimpulan

Itulah 10 jenis bisnis online tanpa modal yang bisa Anda mulai dari sekarang. Maksud “tanpa modal” di sini adalah tanpa atau sedikit modal uang. Tentu saja Anda tetap perlu modal yang lainnya seperti perangkat komputer, internet, dan tentunya soft skill Anda.

Satu lagi, saat menjalankan bisnis, bersikaplah pantang menyerah. Lakukan juga pencatatan pengeluaran dan pemasukan bisnis secara detail, hal ini untuk mengetahui apakah bisnis yang Anda lakukan mengalami keuntungan atau kerugian . Jika kesulitan dengan pencatatan manual, Anda bisa mencoba meenggunakan software pembukuan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan kapan saja, dimana saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa merasakan semua fitur terbaik untuk kemudahan proses pembukuan secara menyeluruh. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Dalam membangun bisnis, mungkin di awal terasa tidak mudah, tapi yakinlah dengan persistensi Anda, bisnis yang Anda mulai ini akan berkembang pesat di masa mendatang.