Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Anda Jalani untuk Usaha Sampingan

Bisnis tanpa modal memang bisa? Bisa, kok. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, melakukan bisnis tanpa modal kini bukan lagi menjadi khayalan semata. Ada beragam jenis bisnis yang dapat dilakukan tanpa modal dan dapat dijadikan usaha sampingan.

Ragam Bisnis Tanpa Modal

Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu alternatif bisnis tanpa modal yang mudah untuk dilakukan. Bermodal katalog atau foto produk, Anda dapat menawarkan produk dari supplier tanpa harus mengeluarkan uang untuk memiliki stok barang.

Jika ada yang berminat dengan produk yang Anda tawarkan, Anda hanya perlu meneruskan pembayaran konsumen kepada supplier dan supplier lah yang mengurus pengemasan hingga pengiriman produk. Selisih harga dropship dan retail menjadi laba bagi Anda.

Social Media Influencer

Di era serba internet saat ini, media sosial juga berkembang sangat pesat. Dari sinilah social media influencer seperti selebgram dapat meraih keuntungan. Menjadi social media influencer tidak hanya dapat membuat Anda mendapat produk gratis dari pihak yang mengendorse, namun juga pundi-pund uang yang tidak sedikit. Semakin tinggi jumlah follower yang Anda miliki, semakin mahal pula harga setiap postingan endorsement Anda.

Youtuber

Jika Anda suka membuat video yang menarik, Anda bisa mencoba menjadi youtuber untuk meningkatkan pendapatan Anda. Penghasilan para youtuber bisa dibilang sangat fantastis, bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya. Hanya bermodalkan video yang kreatif dan menarik, Anda dapat mendatangkan subscriber dan jumlah view yang tinggi sehingga dapat menghasilkan income bagi Anda.

Jasa Titip

Jasa titip juga bisa menjadi alternatif bisnis tanpa modal yang saat ini sedang banyak diminati. Tugas utama menjadi jasa titip adalah membelanjakan barang pesanan dengan harga yang sama dengan harga toko, namun mereka menambahkan biaya jasa titip setiap produk sebagai laba bagi mereka. Jika Anda memiliki hobi berbelanja, sepertinya pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda.

Garage Sale

Jika Anda memiliki banyak baju atau benda yang masih bagus namun jarang digunakan, Anda dapat membuka usaha garage sale. Benda-benda preloved tersebut dapat memberikan penghasilan tambahan bagi Anda daripada ditumpuk tak berguna. Anda juga dapat membuka jasa menawarkan barang preloved milik orang lain dan mendapatkan laba dari biaya promosi tersebut.

Jasa Jahit

Bagi Anda yang memiliki hobi menjahit, Anda dapat membuka jasa jahit sebagai bisnis sampingan Anda. Bisnis ini juga dapat diseriusi hingga Anda dapat memiliki butik atau clothing line sendiri. Untuk mengetahui hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan saat membuka bisnis menjahit, Anda bisa membacanya melalui link ini.

Jasa Pembuat Hantaran dan Aksesoris

Jasa membuat hantaran pernikahan atau aksesori custom juga merupakan peluang yang bagus sebagai usaha tanpa modal. Anda hanya perlu membuat contoh hantaran dan aksesorisnya sebagai display lalu mempromosikannya. Jika ada yang berminat, customer membayar di awal pemesanan, Anda pun tinggal membuatkan hantaran atau aksesorisnya sesuai pesanan.

Jasa Desain Grafis

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda untuk membangun bisnis sampingan. Menyediakan jasa desain grafis dapat dilakukan tanpa modal dan dapat dilakukan di waktu senggang Anda setelah menyelesaikan pekerjaan utama.

Les Privat

Menjalankan les privat juga dapat menjadi peluang usaha sampingan bagi Anda yang memiliki hobi mengajar dan kemampuan akademik di atas rata-rata.

Penulis Lepas dan Penerjemah Online

Seiring pesatnya perkembangan dunia digital dan konten website, peluang menjadi penulis lepas dan penerjemah online juga semakin terbuka lebar.

Kesimpulan

Ada banyak peluang bisnis tanpa modal yang dapat Anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan. Beberapa diantaranya yaitu dropshipper, social media influencer, youtuber, jasa titip, garage sale, jasa jahit, jasa membuat hantaran, jasa desain grafis, les privat, penulis lepas dan penerjemah online.

Lakukan juga pencatatan untuk setiap pemasukan dan pengeluaran pada bisnis Anda, dengan begitu Anda bisa dengan mudah untuk mengetahui langkah apa yang bisa Anda gunakan untuk pengembangan bisnis yang lebih baik, seperti penghematan pada pos pengeluaran yang terlalu berlebihan.

Jika Anda kesulitan dalam mengelola pembukuan secara manual, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi untuk kemudahan pembukuan yang lebih optimal. Accurate Online memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau yang cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis. Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

 

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :