10 Cara Membangkitkan Motivasi Usaha Dalam Diri Anda

Sebagai seorang pengusaha atau calon pengusaha, tentunya spirit dalam menjalankan usaha tidak boleh luntur atau patah semangat. Motivasi usaha merupakan suatu hal penting yang harus ada dalam diri setiap entrepreneur muda atau yang sudah berpengalaman.

Tanpa adanya sebuah motivasi, bisa dipastikan segala sesuatunya termasuk impian yang selama ini diidam-idamkan akan terasa sangat sulit untuk dicapai dan diperluas kesuksesannya.

Sebenarnya salah satu kunci untuk mendapat kesuksesan adalah dengan pantang menyerah serta tidak patah semangat dalam segala kondisi apapun. Maka dari itu, untuk membantu kesuksesan seluruh calon pengusaha serta pengusaha yang telah berkecimpung dalam dunia bisnis, berikut sepuluh kiat-kita penting agar motivasi dalam usaha tidak pernah padam.

1. Mempunyai Goals Atau Tujuan yang Nyata

Tentunya sebagai seorang entrepreneur pasti ada tujuan atau goals yang dicapai. Entah itu saat baru pertama kali mencoba atau saat yang sudah berjalan. Sebagian goals tersebut pastinya ada yang secara spesifik maupun yang hanya sebagai pelengkap. Namun keseluruhannya haruslah menjadi tujuan yang benar-benar ingin dicapai dan diraih sebagaimana mestinya.

Saat memutuskan berkecimpung dalam dunia usaha pasti sudah memiliki tujuan yang sederhana, seperti ingin menjadi orang yang berguna bagi lingkungan sekitar, ingin membawa teknologi bisa digunakan siapa saja, memudahkan suatu proses yang selama ini sulit, atau sejenisnya.

Pastikan Anda memiliki rencana, to do list, dan target yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Pastikan Anda memiliki target jangka pendek dan jangka panjang yang berkorelasi dengan tujuan Anda membangun sebuah usaha.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

2. Selalu Mematok Kesuksesan Seorang Pengusaha Sebagai Sebuah Contoh Hidup

Tidak bisa dipungkiri memang, kebanyakan seorang pengusaha yang terkenal pasti mempunyai kisah-kisah menariknya sendiri.

Hal itulah yang menjadi tujuan serta hal menarik bagi setiap calon pengusaha atau entrepreneur muda yang ingin sukses kedepannya. Dengan melihat kisah sukses seorang pengusaha maka dari dalam diri terbentuk motivasi yang otomatis juga akan tumbuh semangat untuk menjadi lebih baik kedepan nya.

Jika dilihat, kisah sukses seorang pengusaha terdapat hampir ribuan bahkan jutaan cerita. Sehingga bagi seorang entrepreneur muda tidak boleh patah semangat dalam menggapai mimpi-mimpinya.

3. Ikut Ke Dalam Komunitas Pengusaha

Sebagai seorang entrepreneur, bergabung kedalam sebuah komunitas merupakan hal wajib yang harus diikuti. Karena seorang pengusaha pasti membutuhkan teman atau kelompok dalam mengembangkan usahanya.

Bertemu dengan orang-orang yang dalam hidupnya memiliki visi dan misi yang sama tentu akan menambah semangat dalam menjalankan dunia usaha.

Sebuah komunitas atau grup, nantinya akan saling memberikan informasi bagaimana cara membuat sebuah usaha yang makin sukses di era selanjutnya, dan Anda akan mengetahui bagaimana teknik-teknik dalam menjalankan dunia usaha juga apa yang tidak boleh dilakukan dalam sebuah bisnis.

Selain itu, hadirnya sebuah komunitas, tentu akan menjadi wadah dalam bertukar pikiran berkaitan dengan dunia usaha atau kewirausahaan.

Baca juga: Mengenal Konsep dan Karakteristik dari Wirausaha

4. Hal-hal Sehat Wajib Dijalankan

Sebagai seorang entrepreneur, dalam mengejar sebuah jalan kesuksesan pasti akan mendapat berbagai rintangan dan juga halangan di depannya.

Tentu saja hal tersebut akan memberikan berbagai dampak, mulai dari stress, kesehatan menurun, dan hal terparahnya adalah sebuah rasa depresi. 

Bagi seorang entrepreneur, hal tersebut bukanlah menjadi sebuah rintangan jika selalu menjalankan sebuah rutinitas atau kehidupan yang sehat.

Menghadapi rasa stress ini adalah dengan selalu rutin merawat fisik. Karena tentu saja saat fokus dalam membangun dunia bisnis, hal yang paling sering dilupakan adalah merawat diri serta kesehatan. Alhasil terkadang emosi diri kadang menjadi tidak stabil dan terkadang akan meningkatkan resiko stress.

Untuk itu kebiasaan-kebiasaan sehat haruslah tetap dijaga, seperti merawat diri, minum dan makan makanan bergizi serta istirahat cukup, selalu olahraga rutin setidaknya satu jam dalam sehari. Dengan melakukan gaya hidup yang sehat akan membuat mental serta fisik akan terus terjaga.

5. Membuat Jadwal Rutin Setiap Pagi

Untuk meningkatkan produktivitas serta menjaga agar tetap produktif setiap hari, maka menjadwalkan agenda setiap pagi adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap entrepreneur muda.

Salah satu motivasi usaha yang satu ini tentu akan membuat hari-hari menjadi lebih produktif dan lebih siap menghadapi kegiatan atau aktivitas yang akan mencapai tujuan Anda.

Dengan membuat list serta daftar-daftar kegiatan apa saja yang akan dilakukan maka goals yang menjadi target utama akan lebih mudah untuk didapatkan dengan segera.

Ada baiknya Anda menggunakan teknik ¾ goals pada jadwal rutin Anda, yang dimana Anda menargetkan ¾ tujuan untuk bsinis Anda, dan  ¼ dari tujuan pribadi Anda.

Sehingga seluruhnya akan berjalan secara seimbang dan tanpa rintangan. Jikalau terdapat rintangan pun akan tetap dapat dihadapi dengan mudah karena telah memiliki list untuk problem solvingnya.

Baca juga: Anda Pelaku Bisnis Kecil? Ketahui Semua Hal Tentang Pajak UMKM

motivasi usaha 2

6. Selalu Memasang ‘Alarm’ Pribadi

Walaupun telah membuat daftar-daftar atau list agenda yang harus dilakukan setiap harinya, belum tentu hal tersebut dapat berjalan sesuai rencana. Karena sebuah motivasi usaha akan hadir jika sang entrepreneur nya selalu fokus. 

Sedangkan dalam dunia usaha, kehilangan fokus akan lebih rentan dialami, maka tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan alarm pribadi atau pengingat sebagai acuan dalam menghadapi agenda tiap hari.

Bukan orang lain atau keluarga yang harus menjadi alarm, melainkan diri pribadi lah yang harus menjadi sebuah alarm diri. Untuk itu harus selalu ‘on’ setiap saat. 

Banyak ragam cara yang dapat dilakukan untuk membuat alarm pribadi, bisa dengan aplikasi di ponsel, bisa dengan menggunakan sticky notes yang dipasang di tempat tempat biasa terlihat oleh mata. Dengan begitu motivasi usaha dalam membangun dunia usaha yang sukses dan kuat akan tetap diraih dalam kondisi apapun.

7. Melakukan Hal-hal Inspiratif Bagi Diri

Dalam membangun dunia usaha yang kuat dan sukses salah satu motivasi usaha yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang bersifat inspirasional.

Bisa dengan mendengarkan podcast, bisa dengan melihat film film yang berkisah tentang sebuah kesuksesan. Atau dengan melihat film-film dokumenter yang mengarah pada hal membangun sebuah semangat.

Beberapa aktivitas tersebut tentu dapat dilakukan dimana saja, bisa dilakukan dirumah, di cafe, atau dimanapun berada.

Baca juga: 15 Cara Mengembangkan Usaha yang Optimal dan Menguntungkan

8. Istirahat Cukup

Walaupun terdengar sepele, nyatanya istirahat menjadi salah satu agenda atau kegiatan yang wajib dilakukan. Karena dengan istirahat cukup maka tubuh akan bisa fokus dalam menjalani hari-hari esok, sehingga tidak ada salahnya untuk selalu memiliki waktu istirahat yang cukup.

Jangan sampai mengembangkan dunia usaha tapi fisik drop, tentu akan sangat meresahkan bukan.

9. Memberi Apresiasi Terhadap Diri Sendiri

Salah satu kiat motivasi usaha yang utama adalah dengan memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Dengan begitu akan ada semangat dan rasa menggebu dalam meraih sebuah target tertentu. Disamping itu, dengan memberi apresiasi kepada diri sendiri adalah sebagai bentuk dalam menghargai jerih payah diri.  

Sebuah rewards tentunya akan membangkitkan semangat dalam meraih tujuan kecil kedepannya. Kemudian target jangka panjang pun juga harus diberikan sebuah reward, karena dengan begitu semangat dalam diri juga akan terus tumbuh.

Baca juga: Tertarik Membuka Usaha Ayam Potong? Perhatikan 10 Hal Ini

10. Selalu Menjaga Detil Keuangan

Yang terpenting dalam membangun dunia usaha adalah dengan selalu membuat list atau melihat bagaimana sistem keuangan berjalan.

Baik pengeluaran maupun pemasukan semuanya harus dicek secara detail dan lengkap, jangan sampai ada yang terlewat. Karena dengan mengetahui jumlah uang serta jumlah uang yang masuk, maka suatu usaha akan dapat dilihat sampai dimana akan  bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Lakukanlah pencatatan keuangan dalam sistem pembukuan yang akan memudahkan Anda dalam menilai kesehatan finansial bisnis secara menyeluruh.

Jika kesulitan dengan proses pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis online yang mudah digunakan kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Tidak hanya berguna untuk mencatat seluruh data keuangan perusahaan Anda, dengan software akuntansi online Anda juga bisa memeriksa laporan keuangan, pengelolaan pajak, penghitungan aset, pemantauan stok dan banyak hal lainnya dimana saja dan kapan saja.

Untuk solusi menyeluruh dalam kemudahan proses pengelolaan keuangan usaha, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Accurate Online yang bisa bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.

Baca juga: Apa Itu SIUP? Berikut Pengertian Lengkap dan Cara Mengurus SIUP


Dalam dunia usaha, motivasi usaha merupakan salah satu kita yang tidak boleh dilupakan. Semua kegagalan dan keberhasilan semua berawal dari sebuah motivasi. Bagaimana seseorang menyikapinya adalah apakah sebuah motivasi tersebut dijadikan kebiasaan rutin atau hanya dijadikan sebuah embel-embel belaka. Maka dari itu, kedisiplinan adalah kunci untuk meraih kesuksesan.

accurate 200 ribu perbulan