Cara Memilih Nama yang Sempurna untuk Bisnis Anda

Saat Anda memulai bisnis baru, salah satu tugas terpenting adalah memilih nama. Nama bisnis Anda harus mengomunikasikan merek Anda secara unik sekaligus mudah diingat namun sederhana. Dalam artikel ini, kami membahas pentingnya nama bisnis, cara memberi nama bisnis Anda, dan tips memilih nama bisnis yang efektif.

Seberapa Pentingkah Nama dalam Sebuah Bisnis?

Nama bisnis Anda akan sering memengaruhi kesan pertama yang diperoleh pelanggan saat mereka melihat perusahaan Anda. Nama sederhana yang mengomunikasikan pesan merek dan produk Anda sering kali dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan menjadi lebih mudah diingat. Nama yang kreatif dapat dikenali oleh pelanggan saat ini dan calon pelanggan, yang dapat mempermudah penyebaran pesan perusahaan Anda kepada orang lain.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempertimbangkan dengan cermat nama untuk bisnis Anda untuk memastikannya memiliki makna, mudah dipahami pelanggan, dan memungkinkan bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Bagaimana Cara Menamai Bisnis Anda?

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menemukan nama yang sukses untuk bisnis Anda, mulai dari brainstorming hingga pendaftaran resmi:

1. Pertimbangkan tujuan, visi, dan misi bisnis Anda

Sebelum melakukan brainstorming nama untuk bisnis Anda, renungkan tujuan dan visi bisnis Anda serta apa yang ingin Anda capai dengan nama ini. Jika Anda belum menentukan tujuan bisnis Anda, Anda bisa melakukannya sekarang.

Tulis apa yang ingin Anda capai dengan bisnis Anda dan nilai apa yang Anda yakini akan dibawanya kepada orang lain. Dari sana, Anda dapat mengembangkan pernyataan visi dan misi untuk perusahaan Anda.

Setelah ini diputuskan, pikirkan tentang bagaimana Anda ingin nama Anda mencerminkan faktor-faktor ini. Tentukan tujuan nama Anda dan apa yang ingin Anda komunikasikan.

Berikut adalah beberapa elemen yang dapat Anda komunikasikan kepada pelanggan melalui nama bisnis Anda:

  • Industri tempat bisnis Anda berada
  • Apa bisnis Anda dan produk yang Anda jual
  • Audiens yang Anda tuju

Baca juga: Bagaimana Cara Menemukan dan Memilih Mitra Bisnis yang Tepat?

2. Lakukan brainstorming untuk nama yang memungkinkan

Setelah mempertimbangkan dengan cermat pesan yang ingin Anda komunikasikan, mulailah bertukar pikiran. Dedikasikan waktu untuk bertukar pikiran, lalu biarkan otak Anda beristirahat dan kembali ke nama-nama itu lagi nanti. Kembali ke nama-nama mungkin membuat Anda menyadari nama mana yang masih Anda sukai dan mana yang bisa dibuang.

Bekerja dengan teman atau kolega dan undang mereka untuk bertukar pikiran tentang nama bisnis baru. Anda juga dapat menggunakan generator nama online yang membantu Anda mengembangkan nama unik. Setelah Anda selesai melakukan brainstorming nama, Anda dapat memilih tiga hingga lima yang paling Anda sukai. .

3. Cari nama secara online

Setelah Anda mengumpulkan daftar nama yang memungkinkan, pastikan nama tersebut belum digunakan. Untuk memeriksa ketersediaan, ketik nama ke mesin pencari dan lihat apakah ada perusahaan yang muncul. Anda juga dapat mencari melalui situs web media sosial untuk menentukan akun yang menggunakan nama bisnis ini. Jika ya, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk membeli hak atas nama tersebut.

4. Ucapkan nama dengan lantang

Baca setiap nama yang Anda pilih dengan lantang. Mungkin terdengar kurang menarik ketika diucapkan daripada ditulis. Ini juga bisa menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk menentukan apakah nama tersebut mudah untuk diucapkan.

5. Minta masukan dan saran

Memperoleh pendapat dari luar dapat membantu Anda mempelajari nama mana yang lebih mudah dipahami calon pelanggan. Tanyakan kepada teman, keluarga, dan kolega apakah mereka menyukai nama itu dan apakah itu mengungkapkan pesan yang Anda inginkan.

Terbuka untuk ide-ide baru dan kritik yang membangun. Pertimbangkan setiap masukan dan putuskan apakah umpan balik ini mencerminkan tujuan dan nilai inti perusahaan Anda.

Baca juga: Menggunakan Google Sheet? Berikut 31 Tips Penting yang Harus Anda Ketahui

6. Persempit nama ke pilihan akhir

Setelah Anda menelusuri secara online, mendengar nama yang diucapkan, dan mempertimbangkan pendapat orang lain, kini Anda dapat memilih salah satu yang menurut Anda paling mewakili perusahaan dan produk Anda. Anda juga dapat memberi peringkat nama yang tersisa dan menyimpan yang lain jika Anda tidak dapat menggunakan pilihan pertama Anda. Setelah Anda memilih pilihan pertama Anda, tulislah.

7. Beli nama domain

Dengan memilih nama bisnis Anda, Anda dapat mulai membuat materi pemasaran untuk bisnis Anda. Ini termasuk situs web Anda. Cari secara online untuk memastikan nama domain untuk bisnis Anda tersedia. Domain biasanya nama bisnis Anda diikuti dengan ekstensi seperti .com, .org atau .biz. Biasanya, jika bisnis Anda tidak berafiliasi dengan pemerintah atau bukan organisasi, domain bisnis Anda mungkin terdiri dari ekstensi .com.

Jika seseorang sudah menggunakan nama domain bisnis Anda, Anda dapat menghubungi pemiliknya dan meminta nama tersebut. Anda mungkin perlu membeli nama domain, yang dapat melibatkan pertemuan dengan pemilik dan negosiasi pembelian.

8. Dapatkan merek dagang untuk nama Anda

Jika Anda ingin perusahaan dan merek Anda tumbuh secara signifikan, Anda dapat merek dagang nama bisnis Anda. Cari secara online untuk mengetahui apakah nama tersebut telah menjadi merek dagang. Jika belum, Anda dapat mulai merek dagang nama bisnis ini. Mendapatkan merek dagang resmi berarti Anda telah mengamankan nama bisnis untuk diri Anda sendiri secara legal.

Jika telah diambil, Anda dapat menyewa bantuan hukum untuk membantu Anda menghubungi pemilik saat ini untuk mengetahui apakah Anda dapat memperoleh merek dagang tersebut.

9. Daftarkan nama sebagai hak cipta dan berkekuatan hukum

Sebelum Anda dapat secara resmi menamai bisnis Anda, Anda harus meneliti cara mendaftarkannya sebagai hak cipta dan berbadan hukum. Ini dapat membuat bisnis Anda resmi secara hukum dan terstruktur dengan lebih baik. Anda dapat mencari catatan yang ditemukan di situs Direktorat jenderal kekayaan intelektual untuk mengetahui apakah seseorang telah mendaftarkan nama tersebut. Catatan ini juga akan memberi tahu Anda apakah namanya mirip dengan nama bisnis lain yang sebelumnya terdaftar.

Terkadang otoritas tersebut dapat meminta Anda memilih nama bisnis alternatif jika nama yang Anda pilih sudah digunakan atau terlalu mirip dengan yang lain yang sudah digunakan.

Tips Menamai Bisnis Anda

Ikuti tips di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara membuat nama yang unik dan efektif untuk bisnis Anda:

Buat namanya sederhana dan mudah dieja

Saat Anda melakukan brainstorming nama, coba pikirkan nama yang tidak terlalu rumit untuk dipahami oleh rata-rata pelanggan. Memilih nama yang sederhana untuk mewakili perusahaan Anda dapat memudahkan pelanggan untuk mengingat saat mereka memberi tahu orang lain tentang merek dan usaha Anda. Menamai bisnis dengan sederhana dan mudah dieja juga dapat memudahkan pelanggan untuk mengetik saat mereka menelusuri bisnis Anda secara online.

Eja seluruh nama

Saat pelanggan membaca nama bisnis Anda, Anda harus ingin mereka mengaitkan nama tersebut secara langsung dengan usaha atau produk Anda. Inilah sebabnya mengapa yang terbaik adalah menggunakan nama yang mengeja kata atau bahkan kombinasi dari dua kata yang terkenal. Menggunakan kata-kata daripada angka atau inisial dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih mudah dipahami dan dikaitkan dengan tujuan bisnis Anda.

Pilih nama yang memungkinkan bisnis Anda berkembang

Ketika bisnis Anda menjadi lebih sukses, Anda mungkin ingin memperluas nama Anda. Dengan pemikiran ini, pada awalnya Anda harus memilih nama yang sederhana atau umum yang dapat diperluas. Misalnya, jika Anda memiliki toko pakaian di Jakarta, menamainya seperti, “Toko Pakaian Demanto” daripada “Toko Pakaian jakarta” membantu memberikan lebih banyak ruang untuk berkembang jika Anda memperluas di luar wilayah Jakarta.

Pastikan Anda senang dengan namanya

Cobalah untuk meluangkan waktu dan merenungkan nama resmi yang Anda pilih. Karena itu akan mewakili bisnis Anda, sebaiknya pilih salah satu yang menyenangkan Anda dan mencerminkan tujuan bisnis Anda serta pesan yang ingin Anda komunikasikan.

Baca juga: Valuasi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Metode dalam Penghitungannya

Kesimpulan

Pastikan Anda menamai bisins Anda sesuai dengan karakteristik atau produk yang Anda jual. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan mengenal layanan atau merek yang Anda pasarkan. Jika sudah memilih nama yang baik untuk bisnis, langkah selanjutnya adalah melakukan perencanaan keuangan bisnis dengan baik dan terencana.

Untuk kemudahan pengelolaan keuangan dan pemantauan kesehatan finansial pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis selama lebih dari 20 tahun.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu