Bagaimana Cara Menemukan Mentor Bisnis yang Tepat untuk Anda?

Membangun hubungan yang kuat dengan seorang mentor bisa sangat berharga di dalam membangun bisnis. Seorang mentor dapat memberikan jawaban atas pertanyaan Anda dan menawarkan panduan untuk membantu Anda tumbuh sebagai seorang profesional. Langkah pertama untuk membangun hubungan mentor-mentee adalah menemukan seseorang yang berpengalaman.

Dalam artikel ini, kami meninjau pentingnya bimbingan, menguraikan proses bagaimana Anda dapat menemukan seorang mentor dalam bisnis dan mengeksplorasi apa yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis lebih baik atau mempertahankan hubungan dengan pelanggan Anda.

Apa itu Mentor Bisnis?

Mentor adalah individu yang bertindak sebagai penasihat atau pelatih untuk mentee yang kurang berpengalaman atau mahir, memberikan keahlian dan pengetahuan profesional dari perspektif yang lebih berpengalaman.

Inti dari hubungan, seorang mentor tersedia untuk mentee mereka untuk menawarkan saran, memberikan dukungan dan menjawab pertanyaan. Mentor melindungi kepentingan mentee mereka. Mentees sering belajar dari hubungan ini, dan mentor sering mendapat manfaat dari bertindak sebagai penasihat terpercaya.

Mengapa mentor bisnis penting?

Seorang mentor bisnis adalah seorang profesional yang berpengetahuan luas yang bersedia membagikan apa yang telah mereka pelajari. Setiap profesional dapat belajar dan tumbuh, dan jika Anda ingin maju, bimbingan mentor dapat membantu.

Memiliki seorang mentor dapat membantu dalam beberapa cara, termasuk:

  • Mereka bisa memotivasi dan menginspirasi. Kebanyakan mentor sukses di bidangnya. Memiliki panutan dapat menginspirasi Anda untuk mendorong diri sendiri dan menyelesaikan tujuan yang lebih memuaskan.
  • Mereka dapat menawarkan umpan balik yang membangun. Pengalaman seorang mentor berarti mereka dapat menilai kemampuan Anda dan membantu Anda fokus di mana Anda harus tumbuh.
  • Mereka dapat mengajari Anda untuk menavigasi situasi yang menantang dengan percaya diri. Mentor seringkali memiliki pengalaman dalam mengatasi berbagai kendala. Ketika Anda menghadapi tantangan umum, seorang mentor dapat memberikan wawasan tentang bagaimana Anda harus merespons.
  • Mereka dapat membantu Anda mengembangkan jaringan profesional Anda. Dalam banyak kasus, seorang mentor dapat memberi Anda referensi profesional.
  • Selama hubungan Anda, mentor Anda akan sering membantu Anda membangun jaringan Anda dengan menawarkan koneksi.
  • Mereka dapat menawarkan wawasan tentang jalur karier Anda. Seorang mentor bisnis juga dapat membantu Anda melihat jalur karir Anda saat ini dari perspektif yang berbeda. Mereka dapat menawarkan wawasan tentang pilihan bisnis yang tidak Anda sadari dan panduan tentang cara terbaik untuk menavigasi bisnis Anda.

Baca juga: Akta Pendirian Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Syarat Membuatnya

Bagaimana Menemukan Mentor Bisnis?

Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan mentor dengan dorongan dan keterampilan untuk mendukung Anda:

  • Uraikan apa yang Anda cari dari bimbingan Anda. Buatlah daftar tujuan profesional dan tujuan bisnis Anda. Pertimbangkan pekerjaan Anda saat ini dan bagaimana kaitannya dengan jalur karier Anda. Mengidentifikasi apa yang ditawarkan posisi Anda dan apa yang ingin Anda capai dapat membantu Anda memilih mentor yang tepat.
  • Identifikasi mentor potensial. Metode tradisional untuk menemukan mentor adalah dengan memilih kolega atau seseorang di komunitas bisnis lokal Anda yang memiliki lebih banyak pengalaman terkait industri daripada Anda. Jaringan di perusahaan Anda atau di pameran karir juga merupakan pilihan yang efektif. Kandidat yang baik akan memiliki pengalaman dan keterampilan yang berharga di bidang Anda dan akan dapat memberikan saran yang relevan.
  • Cari jaringan bimbingan internet. Jaringan online telah menjadi sumber mentor yang umum. Tergantung pada industri Anda, jaringan bimbingan internet dapat menyediakan cara yang lebih cepat untuk menemukan koneksi potensial daripada metode tradisional.
  • Jangkau mentor potensial Anda. Ketika Anda telah memilih seseorang yang ingin Anda tanyakan tentang posisi bimbingan, hubungi mereka dan jelaskan apa yang Anda tanyakan kepada mereka. Jika Anda merencanakan percakapan awal, pastikan untuk menjadwalkan pertemuan langsung dengan mereka untuk berdiskusi tentang bimbingan. Berbicara secara langsung memastikan Anda mendapatkan perhatian penuh mentor Anda ketika Anda membuat proposal.
  • Jelaskan usulan Anda. Dalam pertemuan Anda dengan mentor potensial Anda, Anda harus dapat menunjukkan keinginan profesional Anda dan keyakinan Anda bahwa mereka dapat berhasil membimbing Anda. Menjelaskan kepada calon mentor Anda mengapa Anda memilih untuk menghubungi mereka dan bagaimana dengan keahlian karir mereka yang Anda hormati dapat meningkatkan kemungkinan mereka akan menerima tawaran tersebut.

Baca juga: Go Digital, Solusi UMKM Untuk Maju di Tengah Pandemi, Ini Tipsnya!

Kualitas apa yang harus saya cari dalam diri seorang mentor?

Sementara kebutuhan Anda dari seorang mentor dapat berubah sepanjang karir Anda, ada beberapa kualitas konstan yang harus Anda cari.

  • Kesesuaian. Meskipun tentu butuh waktu untuk mengenal seseorang, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mencari mentor yang benar-benar terhubung dengan Anda. Pastikan untuk mencari orang yang tidak hanya memiliki pengalaman profesional untuk menasihati Anda, tetapi juga berbagi nilai inti Anda.
  • Perspektif yang beragam. Mentor dapat memainkan peran penting dengan menawarkan perspektif baru. Bersikaplah terbuka untuk bekerja dengan mentor yang memiliki latar belakang berbeda dari Anda sendiri. Mentor ini dapat membantu Anda melihat karir Anda dari perspektif baru.
  • Memercayai. Anda harus dapat mempercayai mentor Anda dengan informasi rahasia. Meskipun tingkat koneksi ini mungkin membutuhkan waktu untuk dibangun, carilah seseorang yang dengannya Anda dapat membangun rasa saling menghormati.
  • Keahlian. Mentor Anda tidak perlu menjadi yang paling senior di bidangnya untuk membimbing Anda. Carilah seseorang yang memiliki pengalaman dan keterampilan khusus yang dibutuhkan untuk membantu Anda membangun karier. Gelar atau jumlah tahun di industri kurang relevan dibandingkan kebijaksanaan dan pengetahuan.

Bagaimana Menjadi Mentor Bisnis yang Baik?

Mentoring bisa menjadi pengalaman yang berharga dan bermakna. Ini memberikan kesempatan untuk terhubung dengan pemimpin generasi berikutnya dan membantu rekan junior untuk membentuk karir mereka.

Setiap hubungan mentor-mentee berbeda. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diingat saat bekerja dengan mentee untuk membantu membuat pengalaman positif bagi kedua orang.

Tetapkan harapan.

Jelaskan perspektif Anda tentang peran Anda dan apa yang ingin Anda tawarkan. Beri tahu mentee Anda tentang bantuan yang ingin Anda berikan, seberapa sering Anda ingin bertemu, metode komunikasi pilihan Anda, dan hal lain yang menurut Anda penting. Jelaskan tentang ketersediaan Anda dan buat batasan yang sesuai.

Dengarkan dulu, lalu tanggapi.

Fokus pada kebutuhan dan tujuan mentee Anda. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan. Pertimbangkan untuk membangun pemahaman yang jelas tentang apa yang mereka cari dari hubungan tersebut sebelum berkomitmen pada peran mentor.

Berikan peluang.

Salah satu bentuk dukungan tak ternilai yang dapat Anda berikan kepada mentee Anda adalah menghubungkan mereka dengan peluang dan rekan kerja. Bantu mereka membangun jaringan profesional mereka dengan menawarkan untuk menghubungkan mereka dengan individu yang relevan.

Kenali mentee Anda.

Ajukan pertanyaan mentee Anda tentang latar belakang mereka, aspirasi atau bagaimana mereka menikmati menghabiskan waktu mereka. Mengenal mereka sebagai pribadi adalah alat yang hebat untuk menawarkan saran yang dirancang dengan baik.

Baca juga: Pengertian Stakeholders dalam Bisnis dan Siapa Saja Contohnya

Tips untuk Mempertahankan Mentoring yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips untuk Anda ingat ketika memulai dengan mentor Anda:

Tetap berhubungan dengan mentor Anda

Menemukan mentor yang tepat membutuhkan waktu, itulah mengapa penting bagi Anda untuk mempertahankan hubungan Anda setelah Anda memilikinya. Secara aktif menjangkau mentor Anda membantu hubungan mentor-mentee Anda berkembang dengan kecepatan yang sehat.

Memiliki kemampuan untuk mencari bimbingan mentor Anda saat Anda membutuhkannya adalah salah satu alasan utama untuk menjalin hubungan mentor. Akan sangat membantu untuk membuat jadwal di mana Anda bertemu dengan mentor Anda sekali seminggu atau sebulan untuk membahas kemajuan dan tantangan.

Terapkan bimbingan mentor Anda

Mentor Anda memiliki pengalaman di bidangnya, jadi Anda harus bisa memercayai mentor Anda untuk jujur ​​kepada Anda tentang kelebihan Anda sebagai seorang profesional. Perspektif mentor Anda sangat berharga dan dapat membantu Anda menghabiskan waktu dan upaya Anda untuk meningkatkan diri secara lebih efisien. Jika mentor Anda menawarkan bantuan terperinci, cobalah untuk menggunakannya sebaik mungkin.

Baca juga: Pengertian Negosiasi dan Tips Melakukan Negosiasi yang Efektif

Carilah peluang baru

Salah satu peran mentor Anda adalah memberi Anda peluang baru yang nyata dalam karier Anda. Ini dapat berkisar dari mengembangkan jaringan profesional Anda melalui acara, pertemuan, dan perkenalan pribadi hingga mendapatkan promosi atau pindah perusahaan. Mintalah mentor Anda untuk peluang jaringan jika Anda ingin membuat lebih banyak koneksi yang dapat memajukan karir Anda.

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai cara mencari dan menjadi mentor bisnis yang akan membantu Anda dalam mengelola bisnis yang lebih baik. Seorang mentor harus berpikir kritis dan memiliki pengalaman mumpuni untuk membantu menteenya dalam mengambil keputusan dan membuat strategi pada bisnis, termasuk strategi keuangan.

Jika Anda memerlukan proses pencatatan keuangan yang praktis dan modern, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang sudah terbukti dan berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu penggua dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Dengan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan pembukuan, pembuatan laporan keuangan, mengelola perpajakan dan kemudahan lainnya yang bisa Anda lakukan kapanpun dan dimanapun.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate-200 ribu per bulan