Bagaimana Cara Menghitung Penjualan dalam Bisnis?

Total penjualan mengacu pada uang yang dihasilkan perusahaan dari penjualan barang atau jasa kepada pelanggan. Jika Anda pemilik bisnis, bekerja sebagai akuntan, atau profesional dalam pengelolaan keuangan lainnya, Anda harus mengetahui cara menghitung penjualan yang baik untuk bisnis atau klien Anda.

Mengetahui cara menghitung total penjualan dapat membantu Anda mengetahui apakah perusahaan mengalami untung atau rugi untuk periode tertentu.

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui mengapa penting untuk menghitung penjualan dan beberapa langkah dalam menghitung penjualan dalam sebuah bisnis.

Mengapa Menghitung Penjualan Dalam Bisnis Adalah Hal Penting?

Sangat penting untuk menghitung total penjualan, hal ini dilakukan agar perusahaan tahu bagaimana kesehatan bisnis mereka secara finansial.

Saat menghitung penjualan, Anda dapat mengetahui seberapa baik bisnis menjual produk atau layanannya, dan ini dapat menunjukkan hal apa saja yang mungkin perlu dilakukan di masa depan untuk mempertahankan kesuksesan saat ini atau meningkatkan kinerjanya.

Terkadang, terjadi ketidakberesan yang memerlukan penyesuaian saat Anda melakukan penghitungan total penjualan perusahaan. Misalnya, jika pelanggan mengembalikan produk (refund) untuk pengembalian dana, dan Anda dapat mengurangi jumlah uang tersebut dari total penjualan perusahaan.

Perusahaan yang menjual produk dengan diskon ke retailer mungkin juga perlu menghitung total penjualan dengan seksama, karena hal ini dapat mengurangi laba yang Anda dapatkan dari total penjualan.

Melakukan potongan harga atau diskon memang membutuhkan penghitungan penjualan yang lebih rumit. Hal ini dikarenakan kebanyakan bisnis menghitung penjualan menggunakan harga normal atau sebelum diskon.

Baca juga: Service Excellent Adalah: Pengertian, Aspek, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Bagaimana Cara Menghitung Penjualan?

Berikut adalah panduan langkah demi langkah dalam menghitung penjualan pada sebuah bisnis:

1. Jumlahkan Semua Nilai Pada Faktur Untuk Menemukan Total Penjualan

Ambil semua faktur untuk periode yang ingin Anda hitung total penjualannya dan jumlahkan semua nilainya. Hal ini akan memberi Anda total penjualan perusahaan untuk periode tertentu.

Misalnya, jika bisnis kecil menghasilkan 800 penjualan dalam satu bulan dengan menjual satu produk seharga 5.000 rupiah per unit, maka total penjualan mereka untuk bulan tersebut sama dengan 4.000.000 rupiah.

2. Totalkan Nilai Diskon atau Promosi yang Anda Berikan Selama Periode Tersebut

Tentukan berapa banyak uang yang dihemat pelanggan dengan menggunakan diskon atau promosi yang ditawarkan selama periode tersebut. Hal ini akan memberikan nilai yang dapat Anda gunakan untuk menemukan penjualan bersih.

Misalnya, jika bisnis kecil yang sama dengan total penjualan Rp 4.000.000 selama satu bulan menawarkan promosi beli satu gratis satu yang berlaku saat pembayaran dan 95 orang menggunakan promo ini, Anda dapat mengalikan 95 dengan Rp 5.000 dan akan mendapatkan hasil Rp 475 .000.

Nilai ini mewakili produk yang terjual dalam total penjualan, tetapi pelanggan menerima secara gratis karena promo yang Anda berikan.

3. Kurangi Nilai Diskon dari Total Penjualan untuk Menemukan Nilai Penjualan Bersih

Selanjutnya, Anda bisa mengurangi nilai diskon atau promosi dari total penjualan untuk menemukan nilai penjualan bersih di bisnis Anda.

Contohnya, bisnis kecil dengan total penjualan Rp4.000.000 selama satu bulan, nilai promosinya adalah Rp 475.000 yang dihasilkan dari promosi beli satu dapat satu.

Anda dapat mengurangi Rp 475.000 dari Rp 4.000.000 untuk menemukan nilai penjualan bersih Rp 3.525.000 untuk bulan tersebut.

Lalu, Apa yang Dapat Anda Lakukan dengan Data Penjualan?

Anda dapat menggunakan data penjualan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk mengetahui kinerja perusahaan di pasar saat ini.

Perusahaan yang memiliki nilai total penjualan tinggi dapat memastikan bahwa strategi penjualannya saat ini bekerja secara efektif, dan perusahaan yang memiliki nilai total penjualan rendah dapat mempelajari apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerjanya.

Anda juga dapat menggunakan data total penjualan untuk penghitungan metrik penjualan lainnya, seperti penjualan bersih (net sales) dan pendapatan penjualan. Kedua nilai ini juga dapat membantu perusahaan mengukur kinerjanya dan memaksimalkan keberhasilan pemasaran dan penjualannya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan?

Berikut adalah panduan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis:

1. Teliti Kompetisi yang Ada Di Pasar Saat Ini

Pelajari lebih lanjut informasi tentang bisnis lain yang menyediakan produk atau layanan serupa dengan bisnis di target pasar Anda.

Dengan melihat perusahaan lain di pasar saat ini, Anda dapat menentukan strategi yang efektif dan mencoba menerapkannya pada bisnis Anda. Hal tersebut dapat meningkatkan penjualan, terutama jika Anda meneliti perusahaan yang berkinerja lebih menguntungkan di pasar.

2. Memberikan Layanan Pelanggan yang Baik

Menawarkan layanan pelanggan yang baik dan ramah akan sangat bermanfaat bagi pelanggan. Memiliki tim layanan pelanggan yang efektif pundapat membantu pelanggan merasa didukung dan mendorong mereka untuk terus menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan Anda.

Karena layanan pelanggan terkadang dapat melibatkan pemecahan masalah, akan bermanfaat bagi Anda untuk memastikan tim layanan pelanggan Anda mengatasi tantangan apapun dengan cepat, tepat, dan solutif.

Layanan pelanggan mungkin mengharuskan Anda memiliki nomor telepon yang dapat dihubungi pelanggan, layanan obrolan online tempat pelanggan dapat mengajukan pertanyaan, atau lokasi fisik yang dapat dikunjungi pelanggan untuk mendiskusikan masalah mereka.

3. Tawarkan Promosi

Atur promosi untuk menarik pelanggan baru ke bisnis Anda. Banyak bisnis menerapkan promosi selama periode waktu tertentu, seperti diskon liburan atau promo beli satu dapat satu yang berlangsung selama beberapa hari atau minggu.

Menawarkan promosi dapat membuat bisnis Anda lebih menarik dan dapat mendorong pelanggan baru untuk membeli produk dari perusahaan Anda.

Melakukan promosi juga merupakan cara yang bagus agar pelanggan baru mengenal produk Anda dengan harga yang lebih rendah, sehingga mereka dapat mempelajari nilainya dan berpotensi kembali untuk pembelian lain di masa mendatang.

4. Buat Kampanye Pemasaran

Tetapkanlah strategi untuk materi pemasaran yang mengiklankan perusahaan Anda. Kampanye pemasaran yang sukses dapat memperkenalkan produk Anda kepada calon pelanggan dan meningkatkan kesadaran publik pada perusahaan Anda.

Materi pemasaran dapat mencakup iklan cetak dan online, baliho, iklan media sosial, dan lebih banyak lagi. Akan sangat efektif jika Anda mengiklankan promosi atau diskon melalui pemasaran dan menawarkan hadiah kepada calon pelanggan karena menggunakan produk atau layanan Anda.

5. Pastikan Kepuasan Pelanggan

Dengarkanlah feedback dari pelanggan untuk memahami aspek mana dari strategi penjualan Anda yang efektif.

Hal tersebut dapat membantu perusahaan Anda untuk mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki saat ini dan terus melakukan penjualan dengan mereka.

Pelanggan lama yang merasa puas dengan produk yang mereka beli dari perusahaan mungkin juga akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain yang mereka kenal, dan ini dapat memperluas basis pelanggan Anda.

Bagaimana Mencegah Hilangnya Pendapatan

Berikut adalah beberapa langkah untuk mencegah hilangnya pendapatan:

1. Lakukan Riset Pasar

Dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang pasar, Anda dapat menentukan tindakan untuk strategi penjualan yang mempertimbangkan detail penting tentang penjualan di pasar.

Hal ini akan membantu Anda dalam memilih strategi yang terbukti efektif untuk produk atau perusahaan serupa di industri dan memaksimalkan pendapatan Anda.

2. Perhatikanlah Biaya dan Pengeluaran Anda

Melacak biaya dan pengeluaran perusahaan dapat membantu Anda dalam membangun strategi penjualan serta mengkalkulasi berapa banyak penjualan yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan keuntungan.

Anda juga dapat menggunakan rincian biaya dan pengeluaran Anda untuk menentukan bagaimana Anda harus menentukan harga produk.

Dengan mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk menghasilkan keuntungan, Anda dapat meminimalkan pendapatan yang hilang dalam proses penjualan produk atau layanan Anda.

3. Jangan Sampai Membuat Pelanggan Kecewa

Jangkau pelanggan yang membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda dan tanyakan tentang pengalaman mereka. Anda dapat melakukan ini melalui panggilan telepon atau dengan mengirimkan survei melalui surat atau email.

Terus menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan akan memberi Anda wawasan tentang kualitas produk, kepuasan pelanggan, dan mengetahui kemungkinan apakah pelanggan tersebut akan kembali menggunakan produk atau layanan Anda di masa depan.

Menyadari bagaimana perasaan pelanggan Anda juga dapat membantu meminimalkan pengeluaran dan memungkinkan Anda menyesuaikan strategi pemasaran berdasarkan informasi yang Anda pelajari dari mereka.

Tips Strategi Penjualan

Berikut adalah beberapa tips untuk strategi penjualan:

  • Fokus tingkatkan nilai dan kualitas produk.
  • Menanamkan rasa urgensi untuk membeli pada pelanggan.
  • Ceritakan kisah yang membuat orang tertarik.
  • Pertimbangkan semua pelanggan potensial dalam strategi Anda.
  • Gunakan pemasaran kapan pun Anda bisa.
  • Lakukan pelatihan berkelanjutan dalam situasi penjualan yang berbeda.

Baca juga: Apa Itu Sektor Industri? Berikut Empat Kategori Ekonomi dan Contoh Utamanya

Kesimpulan

Itulah cara menghitung penjualan dan beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar proses penjualan produk atau layanan dalam bisnis Anda berjalan dengan maksimal. Mengetahui cara menghitung penjualan adalah hal penting untuk mengetahui keuntungan yang Anda dapatkan dalam bisnis.

Namun jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dengan berbagai macam jenis barang, tentu Anda akan kesulitan jika menggunakan cara menghitung penjualan secara manual.

Sebagai solusi terbaik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses penghitungan dan pencatatan penjualan yang lebih mudah dan efisien.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia. Accurate Online memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau, sehingga sangat cocok untuk pemilik bisnis apapun.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:accurate 3 banner bawah