Setiap bentuk usaha yang bergerak di bidang produksi maupun jasa, service excellent adalah suatu layanan yang harus dilakukan secara maksimal.
Hal ini terkait dengan menjaga hubungan baik dengan para pelanggan agar mereka tetap loyal dengan produk atau jasa dari perusahaan.
Setiap memberikan pelayanan, perusahaan atau suatu bisnis harus memberikan pelayanan terbaik, agar bukan hanya memunculkan pelanggan yang setia.
Namun juga menjadikan pelanggan percaya dan mengkonsumsi produk atau menggunakan jasa kita untuk jangka panjang.
Meskipun begitu, excellent service bagi setiap bisnis maupun perusahaan masih harus terus ditingkatkan, karena belum berjalan secara maksimal.
Beberapa hal harus diperhatikan untuk menciptakan service excellent yang baik dan terkoordinasi. Pahami caranya di artikel ini!
Daftar Isi
Apa itu Service Excellent?
Service Excellent adalah dua kata dalam Bahasa Inggris yaitu “Service” dan “Excellent”.
Terkadang kalimat ini juga dikenal dengan service excellence yang memang memiliki makna yang sama.
Service memiliki arti pelayanan, jasa, atau tugas, sementara Excellent atau Excellence memiliki arti terbaik atau unggul.
Jadi pengertian Service excellent adalah suatu upaya dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, agar mampu menciptakan kepuasan yang optimal bagi pelanggan.
Selain itu, excellent service adalah sebuah pelayanan prima yang bisa diterapkan dalam semua jenis usah.
Baik itu yang menjual produk maupun jasa, juga untuk diterapkan di lingkungan korporat.
Persaingan bisnis yang begitu ketat seperti sekarang ini, menjadikan service excellent harus dilakukan dengan maksimal, agar menjadi pembeda dengan bisnis pesaing.
Untuk mencapai sebuah service excellent, ternyata tidak semudah membalikan tangan. Suatu perusahaan atau bisnis harus mengadakan pelatihan untuk menciptakan pelayanan prima yang terbaik.
Beberapa elemen yang akan dipelajari seperti keamanan, kenyamanan, proses, kualitas, kuantitas, hingga kepuasan.
Baca juga: Pelayanan Prima: Konsep dan Cara Menghadirkannya dalam Bisnis
Tujuan Service Excellent
Setelah mengetahui pengertian dari service excellent, kini mari kita mencari tahu apa saja yang menjadi tujuan service excellent ini.
Nah, beberapa tujuan dari service excelent adalah sebagai berikut:
- Memberikan pelayanan yang berkualitas untuk para klien dan pelanggan
- Memberikan informasi dengan lengkap untuk kebutuhan para pelanggan
- Menumbuhkan rasa percaya kepada pelanggan, terhadap jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan atau bisnis
- Memberikan informasi sedetail mungkin mengenai produk atau jasa apa yang dijual, serta apa fungsi dan manfaat produk atau jasa tersebut
- Meminimalisir keluhan, tuntutan, hingga pengaduan dari pihak pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual
- Wajib menumbuhkan nilai kepercayaan dan loyalitas bagi para pelanggan, untuk konsumsi jangka panjang
Baca juga: 7 Strategi Meningkatkan Fast Response Demi Loyalitas Pelanggan
Manfaat Excellent Service terhadap Bisnis
Pelayanan prima atau excellent service membawa dampak positif yang signifikan terhadap bisnis, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Berikut adalah manfaat utamanya:
1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Pelayanan yang ramah, cepat, dan solutif membuat pelanggan merasa dihargai dan puas, yang dapat memperkuat hubungan antara bisnis dan pelanggan.
2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Pelanggan yang puas cenderung kembali untuk menggunakan produk atau jasa bisnis.
Loyalitas ini menciptakan pelanggan setia yang dapat memberikan pendapatan berulang bagi perusahaan.
3. Membangun Reputasi dan Citra Positif
Excellent service menciptakan pengalaman positif yang mendorong ulasan baik dari pelanggan.
Reputasi yang baik menarik lebih banyak pelanggan baru dan meningkatkan daya saing bisnis.
4. Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan
Kepuasan pelanggan mendorong pembelian ulang dan rekomendasi kepada orang lain, yang berkontribusi langsung pada peningkatan penjualan.
5. Mengurangi Keluhan dan Masalah Pelanggan
Dengan memberikan layanan berkualitas tinggi, bisnis dapat meminimalkan keluhan dan menyelesaikan masalah lebih efisien, sehingga menghemat waktu dan biaya.
Baca juga: Pengertian Customer Testimonials dan 6 Cara Mengumpulkannya
Aspek Penerapan Service Excellent
Jika suatu perusahaan maupun bisnis ingin menerapkan service excellence dengan baik, maka ada beberapa aspek yang harus diperhatikan.
konsep service excellent tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kepastian hukum
Dalam pelayanan prima yang diberikan, pelanggan harus mendapatkan kepastian hukum agar mereka merasa lebih aman dan terpercaya
2. Keterbukaan
Aspek keterbukaan juga diperlukan pihak pelanggan, agar informasi yang didapatkan lebih jelas dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta dibutuhkan oleh pelanggan
3. Efisiensi
Adanya efektivitas dan efisiensi juga akan menjadikan service excellent lebih baik bagi pelanggan
4. Kejujuran serta Kepercayaan
Untuk mendapatkan excellent service, perusahaan atau bisnis juga perlu memiliki aspek kepercayaan dan kejujuran yang seimbang, baik dalam aturan, pembiayaan hingga dalam penyelesaian pelayanan yang tepat
5. Penampilan
Penampilan merupakan aspek yang harus diterapkan kepada bagian pelayanan, dimana penampilan mereka harus rapi, dan nyaman ketika berhadapan dengan pelanggan
6. Aspek Kesopanan dan Keramahan
Para karyawan yang menerapkan service excellent harus memiliki sopan-santun, tidak egois dan sabar ketika bertugas menghadapi pelanggan yang berbeda status sosial maupun tingkat ekonominya.
7. Kesediaan dalam Melayani
Profesionalitas karyawan di bagian pelayanan harus baik, harus ada keinginan untuk selalu siap melayani, seperti seharusnya.
8. Pengetahuan dan Keahlian
Memberikan pelayanan prima juga harus dibarengi dengan pengetahuan dan keahlian tentang barang dan jasa yang ditawarkan.
9. Tepat waktu dan Menepati Janji
Dalam hal pelayanan prima, Anda juga harus selalu tepat waktu agar pelanggan tidak merasa membuang banyak waktu.
10. Biaya
Menerapkan biaya dalam service excellent juga harus wajar, agar sesuai dengan daya beli masyarakat
Baca juga: Optimalkan Layanan Pelanggan dengan Aplikasi CRM
Contoh Service Excellent
Berikut adalah beberapa contoh excellent service dari berbagai jenis bidang usaha, Anda dapat menggunakan contoh dibawah ini untuk meningkatkan layanan bisnis Anda:
1. Restoran
Ketika pelanggan datang, pelayan menyapa dengan senyuman dan mempersilakan duduk.
Pesanan diambil dengan ramah, makanan disajikan tepat waktu, dan pelayan bertanya apakah pelanggan puas atau memerlukan sesuatu lagi.
Jika ada keluhan, restoran segera mengganti makanan tanpa biaya tambahan.
2. E-commerce
Setelah pelanggan memesan barang, sistem mengirimkan notifikasi otomatis tentang status pesanan (pembayaran, pengemasan, pengiriman).
Jika terjadi kendala, layanan pelanggan merespons dengan cepat melalui chat atau telepon dan memberikan solusi seperti pengembalian dana atau pengiriman ulang barang.
3. Bank
Petugas bank menyambut nasabah dengan senyuman, memandu mereka ke loket yang sesuai, dan menyelesaikan transaksi dengan cepat.
Saat nasabah membutuhkan informasi lebih, petugas memberikan penjelasan yang jelas dan sabar, serta menawarkan layanan tambahan seperti perencanaan keuangan.
4. Layanan Kesehatan
Service excellent di rumah sakit dapat diwujudkan dengan pasien disambut dengan ramah di resepsionis, jadwal pemeriksaan tepat waktu, dan dokter mendengarkan keluhan dengan penuh perhatian.
Setelah pemeriksaan, pasien diberikan penjelasan yang detail tentang diagnosis dan langkah perawatan.
5. Transportasi
Maskapai penerbangan memberikan layanan cepat di check-in, kursi yang bersih dan nyaman, serta pramugari yang responsif terhadap kebutuhan penumpang, seperti menyediakan makanan khusus atau membantu bagasi.
Baca juga: Customer Satisfaction: Faktor, Manfaat, Tujuan, Caranya
Kesimpulan
Setiap perusahaan yang menjual jasa atau produk harus mampu menerapkan service excellent yang mengandung aspek-aspek pelayanan prima terbaik.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan, menjaga citra perusahaan, serta menciptakan lebih banyak pelanggan yang loyal.
Jika penjualan sudah meningkat, maka citra perusahaan juga akan semakin baik dengan kondisi keuangan yang baik dan tersaji dalam laporan keuangan yang jelas dan akurat.
Untuk membuat laporan keuangan yang terorganisir, diperlukan sebuah software akuntansi dan bisnis yang mampu melakukan pengelolaan pembukuan secara lebih cepat, tepat dan akurat. Perusahaan Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.
Accurate online merupakan software akuntansi berbasis cloud, yang lebih mudah digunakan dan cocok untuk semua jenis bisnis atau korporat.
Memiliki fitur paling lengkap dan harga yang terjangkau, software ini sudah membantu sekitar ratusan ribu lebih pemilik bisnis di Indonesia.
Kini, Anda dan perusahaan bisa mencoba menggunakan software Accurate Online ini secara gratis selama 30 hari, tunggu apa lagi!