Bagaimana Cara Mengoptimalkan Pengeluaran Bisnis? Berikut Tipsnya

Menjalankan bisnis membutuhkan uang, dan hal itu tidak ada yang bisa dihindari. Baik toko ritel fisik Anda sendiri atau perusahaan e-commerce kecil, setiap jenis bisnis memiliki kumpulan biaya dan pengeluaran bisnis sendiri. Bisnis kecil terus-menerus menghadapi kenaikan biaya, jadi pengendalian biaya sangat penting.

Anda mungkin tidak akan pernah dapat sepenuhnya menghilangkan biaya ini, Anda dapat mengurangi pengeluaran bisnis Anda secara signifikan dengan beberapa perubahan sederhana pada operasi bisnis sehari-hari Anda.

Dalam artikel ini kami akan membahas cara untuk mengoptimalkan pengeluran bisnis Anda secara efektif, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan untuk bisnis Anda.

1. Kurangi biaya kantor

Apakah Anda perlu menjalankan bisnis Anda dari ruang kantor komersial? Jika tidak, ada banyak keuntungan menjalankan bisnis kecil dari rumah atau menggunakan perangkat seluler.

Anda tidak hanya akan menghemat uang karena tidak menyewakan ruang kantor, ketika Anda menjalankan bisnis di luar kantor, Anda juga akan menghemat asuransi, pajak bisnis, dan utilitas.

Jika Anda benar-benar perlu menjalankan bisnis Anda ruang kantor komersial, pertimbangkan untuk memindahkan kantor Anda ke yang lebih murah atau negosiasikan persyaratan sewa yang lebih baik dengan pemilik yang ada.

2. Efisiensi biaya tenaga kerja

Pertimbangkan hanya memiliki beberapa karyawan penuh waktu dalam bisnis dan selebihnya pekerjaan diselesaikan oleh pekerja lepas dan magang.

Pekerja lepas dan freelance dapat menangani pekerjaan khusus jangka pendek. Anda tidak perlu membayar mereka gaji penuh waktu dengan tunjangan, Anda dapat membayarnya per proyek.

Jika Anda bekerja dengan freelancer yang benar-benar menonjol bagi Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mempekerjakan mereka di kontraktor biasa atau bahkan mempekerjakan mereka penuh waktu.

Dengan mempekerjakan seseorang yang sudah akrab dengan perusahaan Anda, Anda juga akan menghemat uang untuk pelatihan.

Mempekerjakan pekerja magang bisa menjadi win-win solution Seorang anak magang akan mendapatkan pengalaman berharga sementara Anda akan mendapatkan tenaga kerja berbiaya rendah.

Satu-satunya masalah mungkin adalah bahwa pelatihan ekstensif mungkin diperlukan untuk mempercepat prosedur dan adaptasi di bisnis Anda. Pertimbangkan biaya dan manfaat ini sebelum mempekerjakan magang.

Baca juga: Cara Membangun Bisnis yang Menguntungkan di Tengah Persaingan Ketat 

3. Efisiensi pada biaya kendaraan

Jika Anda menjalankan bisnis jasa atau kontrak, Anda mungkin memerlukan kendaraan untuk operasi bisnis Anda. Anda mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan akan kendaraan tetapi pasti ada cara untuk mengurangi biaya kendaraan Anda.

Mengisi bahan bakar kendaraan yang lebih besar seperti van dan minibus bisa sangat mahal, sehingga akan terjadi pembengkakan biaya pada bisnis Anda, terutama jika Anda membeli semua dalam kondisi baru.

Apakah Anda bersedia menerima sesuatu yang tidak baru namun tetap memenuhi kebutuhan bisnis Anda? Lihat iklan baris online dan dealer mobil bekas untuk menemukan kendaraan bekas dalam kondisi layak.

Jika Anda adalah perusahaan yang menghabiskan banyak waktu untuk kendaraan bisnis Anda, mengurangi konsumsi bahan bakar akan sangat penting bagi Anda.

Meskipun kendaraan diesel dan hibrida pada awalnya mungkin menghabiskan banyak biaya, lama kelamaan kendaraan ini akan menghemat bahan bakar dan pemeliharaan.

Departemen Energi A.S. memiliki situs web yang memungkinkan Anda menghitung “periode pengembalian modal” untuk kendaraan hibrida vs. non-hibrida.

Untuk kendaraan yang dikendarai 20.000 Km per tahun, dibutuhkan waktu 6 atau 7 tahun untuk mencapai titik impas dengan penghematan bahan bakar pada hibrida mengingat biaya awal yang lebih tinggi.

Semakin banyak jarak tempuh yang Anda lalui per tahun, semakin cepat pengembaliannya. Waktu pengembalian modal untuk kendaraan diesel biasanya jauh lebih pendek daripada hibrida.

Jika Anda baru saja memulai bisnis dan keuangan Anda terbatas, menyewa kendaraan memiliki sejumlah keuntungan seperti biaya bulanan tetap, kemampuan untuk mengembalikan kendaraan di akhir masa sewa, dan bebas dari penyusutan dan biaya pemeliharaan.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda harus menyewa atau membeli kendaraan untuk bisnis Anda, berkonsultasilah dengan akuntan sehingga mereka dapat meninjau bisnis Anda dan membuat rekomendasi.

Baca juga: Pembahasan Mendalam Tentang Akuisisi Perusahaan dan Tips Sebelum Anda Melakukannya

4. Kurangi biaya persediaan

Jika Anda menjalankan bisnis seperti restoran, Anda mungkin melakukan banyak pembelian grosir. Mendapatkan penawaran terbaik pada persediaan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis dapat membuat perbedaan besar pada keuntungan Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus secara konsisten memantau biaya pasokan dengan mencari diskon dan mempertimbangkan sumber alternatif.

Jangan malu untuk meminta diskon. Banyak bisnis yang menawarkan diskon produk dan layanan kepada bisnis lain dengan harapan bisa dibalas di beberapa titik.

Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan diskon dengan menempatkan diri Anda sebagai konsumen berharga di mata pemasok dan bisnis lain dengan membayar tagihan Anda segera. Beberapa pemasok bahkan menawarkan diskon untuk pembayaran lebih awal.

“Kerjasama” adalah cara lain untuk mengurangi biaya pasokan. Ini melibatkan menemukan bisnis lain (bahkan pesaing) untuk mengumpulkan sumber daya Anda untuk menghemat uang untuk barang dan persediaan. Cara ini dapat diperluas ke area lain bisnis Anda juga seperti berbagi ruang kantor atau biaya iklan.

Baca juga: Apa Itu Business Continuity Plan? Mari Ketahui Lebih Jauh!

mengoptimalkan pengeluaran bisnis 2

5. Memotong biaya iklan

Bisnis kecil rata-rata menghabiskan sekitar 1 persen dari pendapatan mereka untuk iklan. Jadi, jika sebuah perusahaan menghasilkan $ 500.000 dalam setahun, mereka harus membelanjakan sekitar $ 5.000 setahun untuk iklan. Angka itu mungkin jauh lebih tinggi untuk bisnis berbasis layanan atau bisnis yang baru saja dimulai.

Namun, dengan lebih banyak calon pelanggan daring daripada sebelumnya, biaya pengeluaran bisnis untuk iklan bisa menjadi sangat rendah. Anda dapat membangun kehadiran online tanpa menghabiskan terlalu banyak uang dengan membuat halaman Facebook atau situs web.

Pastikan untuk men-tweet tentang bisnis Anda di Twitter dan buat buletin email. Ini semua adalah cara yang terjangkau untuk beriklan secara online.

Untuk cara gratis, Anda bisa mempraktikan SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di mesin pencari seperti Google.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menelepon, meminta referensi, dan selalu membawa serta membagikan kartu nama sebagai cara untuk meningkatkan profil bisnis Anda.

6. Kurangi biaya asuransi

Karena premi asuransi telah meroket dalam dekade terakhir, pemilik usaha kecil telah terkena tagihan asuransi tahunan, dan ini menjadi pengeluaran bisnis yang nilainya cukup besar.

Namun, kurangnya pertanggungan asuransi dapat menurunkan bisnis Anda jika Anda berada di keadaan perlu mengklaimnya namun memerlukan ketentuan yang berbelit. Jadi, yang terbaik bagi bisnis Anda adalah mendapatkan asuransi sebanyak yang Anda mampu.

Pemilik bisnis harus meninjau ulang persyaratan asuransi bisnis mereka setiap tahun. Konsultasikan dengan broker asuransi untuk meninjau semua aspek perlindungan asuransi Anda dan minta mereka berbelanja untuk memberi Anda penawaran terbaik untuk apa yang Anda butuhkan.

Penyedia asuransi yang berbeda menawarkan tarif yang berbeda untuk cakupan yang sama, jadi ini semua tentang menemukan penawaran terbaik dan broker asuransi Anda harus dapat membantu Anda dengan itu.

Bisnis yang lebih besar dengan banyak aset yang diasuransikan harus melakukan peninjauan aset bersama dengan pembaruan asuransi tahunan mereka untuk memastikan mereka tidak membayar asuransi untuk aset yang tidak lagi mereka miliki.

Meningkatkan deductible Anda adalah cara lain untuk mengurangi premi Anda. Pastikan jumlah deductible Anda tidak terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau untuk bisnis Anda jika Anda harus membuat klaim.

Anda juga dapat menghemat dengan tarif grup jika Anda adalah anggota bisnis atau organisasi profesional. Pengurangan biaya asuransi seringkali lebih dari sekedar kompensasi biaya keanggotaan. Misalnya, organisasi seperti Kamar Dagang menawarkan rencana asuransi kepada anggota.

Selain itu, Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon asuransi dengan meningkatkan lokasi bisnis Anda dengan alarm kebakaran, sistem sprinkler, dan sistem keamanan atau patroli.

Baca juga: Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya

7. Kurangi biaya perjalana

Jika bisnis Anda memerlukan banyak perjalanan, temukan cara untuk memotong setengah dari pengeluaran bisnis tersebut. Anda dapat menghemat banyak uang dengan menghindari perjalanan yang tidak perlu.

Contohnya, Anda bisa mencoba gunakan sumber daya online seperti Skype dan Facetime untuk melakukan rapat dengan orang-orang di berbagai lokasi daripada semua orang yang bepergian untuk bertemu di lokasi sekaligus.

Jika Anda harus bepergian, pastikan untuk cerdas tentang rencana perjalanan Anda. Pesan hanya tiket Ekonomi untuk terbang dan pastikan Anda mendapatkan penawaran hotel.

Selain itu, pastikan untuk tidak membiarkan karyawan Anda membebankan biaya makan dan biaya lainnya ke perusahaan dan sebaliknya menawarkan gaji.

8. Perbolehkan karyawan bekerja dari rumah

Mengizinkan karyawan Anda bekerja dari rumah akan menghemat banyak biaya overhead. Anda akan menghemat perlengkapan kantor, utilitas, dan bahkan mungkin biaya sewa untuk ruang kantor Anda.

Teknologi semakin memudahkan tenaga kerja untuk terhubung dari mana saja dan kapan saja, sehingga tidak perlu lagi terkunci di ruang kantor tradisional.

Baca juga: Pendapatan Operasional: Pengertian dan Cara Menghitungnya

9. Gunakan Alat yang Tepat

Teknologi telah membawa kemudahan dan tentunya penghematan dalam pengeluaran bisnis. Anda bisa menggunakan alat atau software yang dapat menunjung profitabilitas bisnis, salah satunya adalah software akuntansi.

Dengan menggunakan software akuntansi terutama berbasis cloud, Anda bisa menghemat kertas, memantau bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau dan memudahkan Anda dalam proses pembukuan dan akuntansi usaha Anda. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda coba adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan membantu efisiensi 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu