Pentingnya Cloud Computing Bagi Pengembangan Usaha Kecil

Apakah Anda seorang pemilik usaha yang bingung dengan cloud computing atau komputasi awan? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Istilah “cloud” sering digunakan, tetapi seringkali tidak didefinisikan dengan benar atau dijelaskan tentang bagaimana hal itu dapat dimanfaatkan untuk membantu bisnis Anda sukses.

Mari kita uraikan apa itu komputasi awan, dan banyak manfaat yang dapat diberikannya kepada bisnis kecil secara mendalam dan lebih luas.

Apa itu “Cloud Computing”?

Cloud terdiri dari server di pusat data yang dapat diakses secara global. Di sinilah Anda dapat menyimpan semua data, file, dan menggunakan perangkat lunak secara digital, sehingga Anda dapat mengaksesnya dari komputer atau perangkat apa pun, dari mana saja, dan kapan saja. Semua bisnis, kecil atau besar, dapat menghemat uang dan meningkatkan kenyamanan pengguna dengan beralih ke cloud computing.

Seiring kemajuan teknologi dan alatnya menjadi semakin canggih, komputasi awan atau cloud computing telah menjadi cara utama bagi bisnis dan pengguna untuk mendapatkan keuntungan dalam operasi bisnis mereka.

Berikut cara komputasi awan dapat meningkatkan cara bisnis kecil Anda beroperasi, termasuk di berbagai bidang seperti keuangan, komunikasi, organisasi, dan eCommerce.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Pengarsipan tradisional vs. Penyimpanan cloud

File biasanya hanya dapat diakses di kantor. Kini dengan hadirnya penyimpanan cloud online, file dapat dengan mudah diakses secara online kapan pun dan di mana pun.

Perbankan konvensional vs. Internet banking

Dulu, perbankan hanya dapat diakses dengan pergi ke bank secara fisik. Dengan opsi internet banking, siapa pun dapat mengakses data keuangan secara online melalui web, aplikasi seluler, dan dari mana saja. Beberapa bank bahkan memilih untuk memberikan solusi perbankan digital dengan totalitas seperti Digibank dari DBS atau Jenius dari BTPN.

Baca juga:  Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Software Akuntansi UMKM

Software akuntansi desktop vs. Software akuntansi cloud

Software akuntansi desktop tradisional berarti informasi keuangan Anda hanya ada di komputer atau laptop Anda. Semua data bisnis Anda hanya tersedia pada waktu tertentu dan pada perangkat terbatas — dan seringkali untuk sejumlah orang tertentu.

Dengan software akuntansi cloud, Anda dapat mengatur dan memantau laporan keuangan dengan cepat dan mengetahui bahwa data terpenting bisnis Anda disimpan, dilindungi, dan dapat diakses dari mana saja.

Belanja tradisional vs. Belanja online

Dulu konsumen hanya dibatasi pada jangka waktu tertentu untuk melihat dan berbelanja. Dengan belanja online, konsumen kini dapat menikmati aksesibilitas dan kemudahan berbelanja di dalam rumah mereka sendiri. Belanja eCommerce tersedia untuk semua orang kapan saja, di mana saja, dan di perangkat apa saja.

Surat tradisional vs. Email

Secara historis, komunikasi hanya dilakukan di kantor pos. Dengan email, siapa pun dapat mengakses email mereka untuk mengirim komunikasi kapan saja, dari mana saja, dan di perangkat apa saja.

Baca juga: Cara Software Akuntansi dapat Mengubah Bisnis Ritel Anda

cloud computing 2

Membongkar Mitos Cloud Computing yang Sering Kita Dengar

Betapapun bermanfaatnya cloud computing, ada juga ketakutan yang mungkin dimiliki beberapa orang dengan mengalihkan operasi dan data bisnis mereka ke cloud. Seringkali, ini adalah kekhawatiran yang berasal dari kesalahpahaman atau kebingungan, itulah sebabnya kami menyanggah tiga mitos utama komputasi awan:

Mitos # 1: Bagaimana jika saya kehilangan semua data saya di cloud?

Data Anda sebenarnya jauh lebih aman di cloud daripada di komputer Anda. Meskipun laptop atau komputer Anda dapat dicuri atau hilang, data cloud dilindungi oleh perusahaan cloud yang menghabiskan ratusan juta rupiah untuk sistem dan tenaga kerja ahli untuk melindungi data Anda.

Baca juga: 10 Cara Membangkitkan Motivasi Usaha Dalam Diri Anda

Mitos # 2: Apa yang terjadi saat internet mati? Apakah data saya akan terhapus?

Sangat jarang internet turun akhir-akhir ini dan meskipun demikian, Biasanya hanya dalam waktu singkat. Selama periode ini, data Anda tetap aman di cloud.

Mitos # 3: Apakah cloud computing mahal?

Anda membayar untuk apa yang Anda gunakan. Item lain seperti peningkatan versi, pemeliharaan sistem, biaya dukungan, atau perangkat keras tambahan, seperti sistem cadangan, tidak termasuk dalam pembayaran ini.

Baca juga: Mengenal Konsep dan Karakteristik dari Wirausaha

Manfaat Bisnis Kecil Menggunakan Cloud

Sangat banyak manfaat jika Anda mengadopsi komputasi awan, manfaat utamanya adalah akses ke data Anda kapan saja dan di mana saja.

Cloud tidak hanya memutus rantai antara komputer kantor dan informasi bisnis Anda, tetapi kemampuan untuk mengakses data bisnis yang penting dari perangkat dan lokasi mana pun sangat menguntungkan bagi semua pemilik bisnis kecil.

Siap pindah ke cloud? Mulailah dengan keuangan bisnis kecil Anda. Accurate Online memungkinkan pemilik bisnis kecil untuk menyimpan tanda terima, faktur, dan lainnya di cloud. Artinya semua laporan keuangan dan dokumen transaksi Anda dapat diakses dimanapun Anda berada.

Accurate Online juga mengotomatiskan semua tugas akuntansi yang berlebihan sehingga Anda dapat kembali menjalankan bisnis Anda dengan perencanaan yang matang, memberi Anda ketenangan pikiran dan menghemat waktu Anda. Coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.