Cara Software Akuntansi dapat Mengubah Bisnis Ritel Anda

Lanskap bisnis ritel sangat memiliki permintaan yang tinggi. Meskipun dirasakan kesederhanaan menjalankan bisnis ritel, ada banyak proses dalam menjalankan toko ritel dengan sukses yang tak kalah penting dari melampaui pembelian inventori dan penjualan jenis barang tertentu kepada pelanggan, salah satunya akuntansi pada bisnis ritel.

Karena retailer memasuki pasar yang semakin jenuh. Data menunjukan, sektor ritel modern ditaksir menembus Rp256 triliun di tahun 2019 dalam penjualan, pemilik usaha kecil harus secara teratur mempertimbangkan operasi bisnis mereka saat ini dan secara aktif dan mencari cara untuk mengembangkan usaha mereka.

Apakah Anda berjuang dengan keuntungan atau hanya mencari cara untuk mengubah bisnis ritel Anda, banyak dari masalah ini disebabkan oleh kurangnya visibilitas ke dalam keuangan.

Dalam skenario ini, banyak bisnis yang sukses dimulai dari bawah ke atas. Dengan itu, mereka mulai dengan berinvestasi dalam alat akuntansi yang tepat dan Andapun juga bisa.

Berikut adalah beberapa cara agar software akuntansi dan kebiasaan keuangan yang lebih baik dapat membantu mengubah bisnis ritel Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cerdas untuk memenangkan persaingan.

Mulailah Dengan Perencanaan yang Matang

Aturan nomor satu: hindari bergerak tanpa perencanaan yang tepat. Sebelum Anda mulai mendapatkan pendanaan atau menyewa ruang kantor, penting untuk memiliki rencana bisnis yang siap dijalankan.

Bisnis ritel kecil khususnya, perlu menghadapi pertanyaan sulit: bagaimana bisnis mereka tidak hanya akan bertahan tetapi juga berhasil dalam lanskap ritel?

Rencana bisnis yang baik dan dipikirkan dengan matang terdiri dari beberapa aspek Business Model Canvas, yang berisi pertanyaan-pertanyaan kritis seperti:

  • Apa yang harus saya lakukan dengan baik untuk menghasilkan uang?
  • Apa pendorong biaya utama untuk bisnis ini?
  • Bagaimana bisnis memperoleh pendapatan dari pelanggan dan memberikan proposisi nilai?

Bagian penting lain dari perencanaan bisnis ritel Anda adalah melihat biaya. Memulai rencana bisnis dengan pembukuan dan akuntansi akan memungkinkan pemilik untuk mengajukan pertanyaan keuangan yang sulit dan tidak bias.

Dan karena mengamankan pembiayaan adalah bagian penting dalam memulai bisnis ritel, rencana tersebut dapat menjadi cara untuk mendokumentasikan bisnis Anda sehingga siap untuk menarik investor yang potensial ke bisnis ritel Anda.

Mendokumentasikan rencana bisnis dan pembukuan juga memaksa Anda sebagai pemilik untuk benar-benar mengenal angka-angka yang membentuk bisnis Anda, termasuk memahami dari mana datangnya pembelian dan kuitansi, ke mana dan kapan pembayaran perlu dilakukan, serta menyisihkan waktu untuk memperbesar penjualan dan peluang.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Digitalisasi Bisnis dengan Software Akuntansi untuk Membuat Penjualan Lebih Mudah

Garis antara bisnis konvensional dan bisnis online semakin tidak bisa dibedakan. Ketika toko offline beralih ke penjualan digital dan bisnis digital mendirikan toko fisik untuk melayani sebagai lokasi penjemputan dan / atau pencitraan merek, jelas bahwa e-commerce telah menjadi tren untuk tahun 2020 dan seterusnya.

Jadi, itu menimbulkan pertanyaan: Jika bisnis Anda bisa bertransformasi menjadi digital, mengapa pembukuan Anda tidak?

Pergeseran ke software akuntansi cloud dapat mengubah bisnis ritel Anda dalam banyak cara, dengan atau tanpa bantuan akuntan Anda. Hal ini termasuk:

Menghilangkan Aspek Pelacakan Manual

Secara manual melacak pengeluaran dan pemasukan adalah hal terakhir yang ingin dilakukan pemilik bisnis setelah seharian bekerja.

Daripada mencari tanda terima dan meneliti pengurangan yang memenuhi syarat di akhir hari, pemilik bisnis ritel dapat menggunakan software akuntansi untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang memakan waktu ini sepanjang hari mereka.

Membiarkan software akuntansi untuk mengelola hal-hal yang berlebihan seperti tugas administratif, akan membuat pemilik bisnis memiliki waktu ekstra untuk mengerjakan aspek-aspek lain dari bisnis mereka seperti pemasaran, branding, dan hubungan klien.

Begini cara Accurate Online dapat membantu bisnis Anda: Meneliti dan menghitung pengurangan bisa sangat memakan waktu dan akan sangat berisiko untuk membuat kesalahan yang mahal, terutama jika Anda kelelahan atau tidak memiliki latar belakang keuangan sebelumnya.

Sinkronkan rekening bank bisnis Anda dengan Accurate Online dan biarkan sistem kami menarik transaksi dan membuat proses rekonsiliasi transaksi dalam bisnis menjadi lebih mudah.

Baca juga: 10 Cara Membangkitkan Motivasi Usaha Dalam Diri Anda

Faktur Klien yang Lebih Mudah dan Cerdas

Faktur pelanggan adalah langkah pertama untuk mendapatkan pembayaran tepat waktu. Meskipun bukan tugas yang sulit, pemilik bisnis jauh lebih mungkin untuk mengingat untuk menagih jika kebiasaan memeriksa lembar lembar faktur yang sudah mereka buat.

Beginilah cara Accurate Online dapat membantu bisnis Anda: Pemilik bisnis ritel mendapatkan akses ke faktur yang lebih cerdas dengan Accurate Online.

Dengan Accurate Online Anda bisa dengan mudah membuat dan mengkostumisasi faktur penjualan dan pembelian sesuai kebutuhan usaha Anda. Nantinya faktur ini juga akan tersimpan pada akun Anda sehingga Anda tidak perlu memilah lembar per lembar atau mencocokkannya sendiri.

Akses Keuangan Anda Dari Mana Saja

Pergeseran akuntansi ke cloud memungkinkan retailer memiliki kemampuan untuk mengakses informasi keuangan dari mana saja di dunia. Selama pemilik bisnis memiliki perangkat digital, Anda dapat mengategorikan pengeluaran, mengunggah tanda terima), memeriksa stok barang, dan membuat atau memantau laporan keuangan langsung dari Accurate Online.

Baca juga: Anda Pelaku Bisnis Kecil? Ketahui Semua Hal Tentang Pajak UMKM

software akuntansi bisnis ritel

Memahami Profitabilitas Bisnis Ritel Anda

Laporan Benchmark Ritel 2018 oleh Vend menyatakan bahwa usaha kecil dan menengah AS memproses sekitar 482 transaksi per bulan. Dan angka ini meningkat pada waktu tertentu, terutama melalui cara bisnis ritel beroperasi mengikuti aturan pandemi COVID-19, kemampuan untuk memahami profitabilitas sangat penting untuk kesuksesan.

Angka memang bisa menjadi rumit, namun tidak seharusnya begitu. Setiap pemilik bisnis menginginkan cara untuk memahami bisnis mereka dan kesehatan keuangannya.

Seiring pertumbuhan bisnis ritel Anda, transaksi akan meningkat dan saatnya akan tiba di mana Anda memerlukan dasbor yang mudah dan intuitif untuk memahami angka-angka ini.

Cara Accurate Online membantu bisnis Anda: Anda akan mendapatkan tampilan yang akurat dan terkini tentang bagaimana bisnis Anda melakukan dengan dashboard yang informatif dari Accurate Online.

Secara visual, Anda bisa melihat angka-angka yang penting seperti pendapatan vs pengeluaran, laba bersih, pengeluaran bisnis teratas, dan saldo akun saat ini dan bahkan bandingkan angka berdasarkan tahun atau bulan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkustomisasi data atau diagram apa yang ingin Anda tampilkan pada dasbor akun Accurate Online Anda nantinya.

Dengan begitu Anda dapat memvisualisasikan apa arti angka-angka ini untuk bisnis ritel Anda sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas tentang hal-hal seperti apakah Anda perlu mengurangi biaya sewa, rekrutmen atau kegiatan promosi, atau memfokuskan upaya Anda pada bidang lain dari bisnis yang berdampak langsung pada profitabilitas.

Baca juga: Mengenal Konsep dan Karakteristik dari Wirausaha

Fokus Pada Menjalankan Bisnis Anda & Biarkan Kami Membuat Pembukuan Anda Lebih Mudah

Merencanakan bisnis dengan benar, digitalisasi bisnis dengan bantuan software akuntansi, dan benar-benar memahami profitabilitas bisnis Anda adalah kebiasaan yang kuat untuk dibangun ketika menjalankan bisnis ritel.

Jangan pernah kehilangan deduksi lain atau mengambil langkah yang tidak perlu untuk memahami keuangan bisnis lagi. Biarkan Accurate Online mengambil alih tugas berat pembukuan sehingga Anda bisa bekerja lebih pintar, bukan lebih keras.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2