Apa Itu Cockroach Startups? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Di kalangan kaum millenials, startup masih menjadi topik yang sangat hangat. Diantaranya beberapa jenis startup, terdapat jenis startup yang masih asing di kalangan banyak orang, yaitu cockroach startup.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang cockroach startup, mulai dari pengertian, pilihan membangun cockroach startup, dan cara membangun bisnis cockroach startup di bawah ini.

Apa itu Cockroach Startup?

Berdasarkan laman Wikipedia, cockroach startup adalah bisnis yang terus berjalan maju ke dalam apapun suasana, kesulitan, kondisi, dan perubahan pasar yang sedang terjadi. Sama seperti kecoa atau cockroach yang terus berjalan tanpa memperdulikan kondisi yang ada disekitarnya.

Mungkin perkembangan cockroach startup akan jauh lebih lambat dan lama daripada startup lainnya pada bidang yang sama. Tapi, startup ini tidak akan pernah merasa bahwa mereka harus terburu-buru dalam melakukan pergerakan ataupun menghabiskan banyak uang dalam proses perjalanannya.

Di dalam dunia investasi, jenis startup ini diklaim lebih minim akan resiko. Cockroach startup akan cenderung lebih fokus pada keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Mereka tidak terlalu memikirkan tentang keuntungan yang harus mereka raih. Startup ini hanya ingin bertahan dalam waktu yang lama dan tidak pailit di tengah-tengah jalan.

Baca juga: Startup: Pengertian dan Perkembangannya di Indonesia

Mengapa Cockroach Startup?

Sebagian dari Anda mungkin akan berpikir “bila bisa menjadi unicorn startup, kenapa harus memilih cockroach startup?”

Pertama, perlu Anda ketahui bahwa cockroach startup dan unicorn startup itu berbeda. Bila cockroach startup lebih fokus dengan biaya yang lebih rendah dan kualitas jasa atau barang, maka unicorn startup akan lebih fokus dalam meningkatkan valuasi mereka.

Sehingga, mereka mampu menarik hati para investor untuk menanamkan modal di perusahaan startup tersebut. Cockroach startup mampu membawa berbagai sifat yang ada pada kecoa bersama dengannya.

Dalam dunia bisnis, hal tersebut mampu memberikan keuntungan. Nah, kelebihan dari cockroach startup adalah sebagai berikut:

  • Mampu memakan semuanya hanya untuk bertahan. Kecoa akan memakan berbagai hal, mulai dari kulit, buah, serangga, kertas, dan bahkan tanah. Inilah faktor yang membuat cockroach startup bisa bertahan di berbagai situasi dan kondisi.
  • Mengalami perkembangan yang cepat.
  • Bisa bertahan di semua kondisi.
  • Mampu bertahan hidup selama satu minggu tanpa kepala, kecoa hanya akan mati karena kekurangan sumber air.
  • Bisa hidup tanpa makan selama satu bulan penuh.
  • Bisa bertahan hidup dalam ledakan nuklir.

Disisi lain, karakteristik yang membuat cockroach startup berbeda dengan bisnis startup yang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menekan seluruh pengeluaran, baik itu untuk kegiatan operasional ataupun untuk staff perusahaan. Bila perlu, perusahaan ini hanya akan mempekerjakan satu tim yang mampu melakukan berbagai hal. Tujuan utama mereka adala agar bisa tetap bertahan di keesokan harinya.
  • Bisa tumbuh dengan sangat cepat dan pesat dalam kurun waktu yang singkat.
  • Mempunyai kemampuan adaptasi yang cepat dengan kondisi pasar yang dinamis. Bisnis ini bahkan tidak akan terkena dampak dari buruknya kondisi pasar.
  • Mampu mendapatkan arus kas yang positif dan keuangan yang lebih sehat.
  • Mampu memenangkan peperangan dengan cara membuat barang jasa yang nyata. Mereka pun akan sangat memperhatikan pelanggan, sehingga bisa menjalin hubungan jangka panjang yang lebih baik dengan para pelanggan.

Baca juga: Struktur Organisasi Startup: Pengertian dan Berbagai Peran Jabatannya

Cara Menjadi Cockroach Startup

1. Tarik Uang dari Pelanggan Sejak Hari Pertama

Keuntungan dari bisnis startup ini akan sangat bergantung pada pelanggan. Sejak hari pertama berjalannya bisnis, cobalah untuk menjual jasa atau barang pada pelanggan, sehingga para pelanggan pun akan memberikan uang mereka pada bisnis Anda.

Kegiatan monetisasi seperti ini juga dilakukan oleh perusahaan besar seperti Apple dan McDonald’s. Inilah cara mereka mendapatkan keuntungan dan mampu bertahan dalam berbagai situasi.

2. Trial and Error

Bukanlah suatu masalah yang besar bila Anda mempunyai ribuan ide yang ingin Anda realisasikan. Selain itu, bukan masalah yang besar juga bila Anda merasa terdapat banyak kekurangan pada hari pertama menjalankan bisnis. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa melakukan banyak tambal sulam, melakukan banyak kesalahan, belajar pengalaman, dan seluruh hal tersebut adalah hal yang wajar.

Cobalah untuk sering-sering melakukan diskusi dengan tim dan wujudkan satu per satu ide Anda. Tentunya tidak semuanya bisa berjalan dengan baik atau sesuai dengan harapan Anda. Tapi, di sanalah Anda bisa mendapatkan pola yang tepat agar prospek perusahaan bisa jauh lebih baik di masa depan.

3. Prioritaskan Pelanggan

Tidak semua perusahaan peduli dengan pelanggannya secara personal. Ini bisa menjadi keuntungan yang besar bila Anda benar-benar memperdulikan mereka, mengetahui apa yang mereka perlukan, dan mendekati mereka secara lebih personal.

Ingatlah bahwa Anda harus memerhatikan setiap pelanggan secara lebih teliti agar bisa membuat mereka lebih dekat dengan Anda. Pastikanlah setiap pelanggan puas dengan apa yang Anda berikan.

Bila Anda tidak bisa mengelola satu pelanggan saja dengan baik, maka Anda pun tidak akan bisa mengelola jutaan pelanggan di masa depan.

Tujuan utama perusahaan startup adalah bukan bagaimana mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin, tapi bagaimana agar perusahaan tersebut bisa bertahan di berbagai kondisi dan situasi.

Baca juga: Lean Startup, Metode Mendirikan Bisnis dengan Berdasarkan Kebutuhan Audiens

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang cockroach startup, lengkap dengan pengertian, pilihan membangun cockroach startup, dan cara membangun bisnis cockroach startup.

Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, tentu Anda harus bisa lebih pandai dalam mengelola keuangan, karena tujuan utama dari menjalankan startup ini adalah bisa bertahan di berbagai kondisi dan situasi.

Saat ini, kegiatan mengelola keuangan, bahkan mengelola bisnis sudah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan. Di dalamnya pun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis. Sehingga, Anda bisa fokus mempertahankan dan mengembangkan bisnis Anda.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dan klik banner di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Accurate Online.