Ingin Membangun Coffee Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

Peluang Coffee Shop di Semarang

Saat ini coffee shop tengah menjadi bisnis yang menjamur di mana mana, tidak terkecuali di kota Semarang. Kota yang termasuk dalam 10 kota terbesar di Indonesia ini memiliki potensi besar untuk pengembangan bisnis terutama untuk membangun coffe shop. Terlebih dengan dengan banyaknya penduduk dengan usia produktif di Semarang yang bisa menjadi target pasar yang “manis” untuk Anda.

Namun sama seperti bisnis lainnya, membangun bisnis coffee shop juga membutuhkan perencanaan yang baik agar semua berjalan dengan efisien.

Jika Anda ingin menjadi coffee shop yang ingin dikunjungi banyak pelanggan, tidak cukup hanya menyediakan kopi berkualitas tinggi. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa kafe Anda ramah, menyenangkan secara estetika, dan bahwa layanan pelanggan Anda sangat baik. Ingatlah, Anda menyediakan layanan serta produk!

Apakah Anda bingung harus mulai dari mana? Kami akan berikan  beberapa tips praktis untuk membuat coffee shop Anda menjadi lebih menarik di mata pelanggan. Baca terus untuk mengetahui cara mengubah kedai kopi Anda menjadi destinasi wajib dikunjungi di kota Semarang.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya

Menyediakan Produk Berkualitas Tinggi

Tidak ada bisnis yang bisa berkelanjutan jika tidak menawarkan produk hebat. Ini mungkin tampak jelas, tetapi ini bisa dibilang bagian terpenting dari memiliki sebuah coffee shop. Jika menu minuman dan makanan Anda tidak menggugah selera, kedai kopi Anda tidak akan bertahan lama.

Tetapi perspektif produk telah banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Konsumen memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada sebelumnya dan tentu ekspektasi mereka tinggi.

Saat ini, pelanggan menginginkan lebih dari sekadar latte lezat atau kopi yang wangi. Mereka juga ingin tahu dari mana asal biji, bagaimana masyarakat diperlakukan di seluruh rantai pasokan, dan dampak lingkungan dari pilihan mereka. Di kedai kopi khusus, pelanggan berharap diberi catatan rasa dan informasi profil lainnya.

Jadi pastikan Anda menyediakan produk-produk berkualitas tinggi dan Anda mendapat informasi yang cukup tentang hal itu. Apakah semua barista Anda tahu tentang biji kopi yang ditawarkan?

Pertimbangkan untuk berfokus pada sejumlah kecil produk namun Anda mengetahuinya dengan baik, daripada menawarkan menu yang luas yang namun Anda “buta” dengan semua menu itu.

Sediakan informasi pada papan atau tempat yang mudah dilihat oleh konsumen yang merinci asal dan profil kopi dapat menjadi cara yang berguna untuk mengomunikasikan banyak informasi produk kepada pelanggan.

Baca juga : Ingin Kembangkan Bisnis? Ini 8 Cara Terbaik Mencari Investor Bagi Bisnis

Buat Pelanggan Merasa Benar tentang Pilihan Mereka

Anda mungkin bisa menyediakan kopi yang lebih murah daripada pesaing Anda, tetapi apakah itu dengan mengorbankan barista, rasa, atau produsen kopi Anda?

Dapatkah Anda memilih untuk membeli biji kopi yang memiliki rantai pasokan transparan sehingga Anda lebih percaya bahwa produsen Anda memiliki kualifikasi yang baik? Bisakah Anda menaikkan upah barista Anda di atas upah barista lainnya di Semarang?

Faktor-faktor ini mungkin berarti Anda harus menaikkan harga menu Anda, tetapi pelanggan ingin merasa senang dengan pembelian mereka, sehingga mereka juga bisa menjadi pemasaran.

Jika Anda membuat pilihan bisnis Anda terkenal,menarik pelanggan baru, dan mendorong beberapa orang untuk membayar sedikit ekstra, mengetahui bahwa pilihan benar mereka memiliki dampak positif.

Konsumen mencari untuk membuat pilihan yang terbaik berdasarkan informasi yang mereka cari. Jadikan mereka sebagai pihak yangmerasa beruntung dengan membeli kopi berkualitas baik, dari produsen tebaik, barista terbaik, dan di kota terbaik.

Baca juga : 10 Peluang Bisnis Peternakan yang Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil

Tawarkan Sebuah Pengalaman

Mirip dengan harapan pelanggan akan produk, konsumen mencari pengalaman unik. Untuk membuat coffee shop menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di kota Semarang, Anda perlu membangun reputasi untuk layanan pelanggan yang sangat baik dan memberikan sentuhan pribadi.

Penting untuk dipahami bahwa setiap pelanggan memiliki banyak alasan untuk dikunjungi. Beberapa dari mereka memesan take away, pada kesempatan lain mereka mungkin berlama-lama dengan buku, atau bekerja dari kafe. Untuk masing-masing situasi ini, kita perlu memberikan pengalaman yang berharga.

Mari kita lihat beberapa faktor yang memengaruhi pengalaman pelanggan.

Space & Tata Letak

Elemen furnitur, dekorasi, dan desain yang Anda pilih menciptakan kesan dan secara langsung memengaruhi pengalaman pelanggan Anda

Saat menciptakan ruang Anda, pikirkan cara membuatnya nyaman dan praktis. Tata letak harus memungkinkan barista dan pelanggan untuk bergerak dengan mudah dan membuat layanan menjadi efisien.

Jika Anda menyediakan ruang untuk bekerja, pastikan Anda memiliki meja dengan ketinggian kerja yang nyaman dan banyak soket catu daya. Jika Anda ingin pelanggan bersantai atau mengobrol dengan keluarga dan teman, pertimbangkan untuk memiliki sofa atau kursi malas.

Baca juga : Pengertian Akuisisi, Tujuan, Klasifikasi, dan Contohnya dalam Bisnis

Musik & Pencahayaan

Fokus Anda mungkin pada rasa, tetapi jangan lupa indra lainnya. Simpan musik sesuai konten dan volume. Musik yang keras dapat mencegah pelanggan untuk tetap mengobrol atau bekerja. Demikian juga, tidak ada yang ingin bekerja atau membaca di ruangan yang gelap, jadi pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik.

Gelas & Alat Pendukung lainnya

Setiap detail coffee shop Anda mengirim pesan. Jika Anda memasarkan ruang sebagai kafe khusus kelas atas, pertimbangkan berinvestasi dalam gelas dan barang pecah belah yang berkualitas tinggi.

Jika Anda memiliki tema tertentu, pertimbangkan bagaimana itu dapat meluas ke pilihan barang pecah belah Anda. Misalnya, gelas dan piring vintage yang  dapat meningkatkan rasa kehangatan dan kemandirian. Bisa juga dengan tidak menggunakan apapun yang berbahan plastik untuk mendukung gerakan go green.

Desain cangkir Anda juga dapat berdampak langsung pada pengalaman sensorik Anda, jadi pastikan untuk mencobanya sebelum berinvestasi.

Pasarkan Coffee Shop Anda dengan Cara Unik

Pemasaran dan promosi adalah topik besar dan ada banyak strategi untuk menggunakan media sosial dan teknik promosi lainnya. Tetapi ada juga beberapa cara yang optimal untuk mempromosikan kafe Anda.

Baca juga : Tips Terbaik Menerapkan Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Barista memainkan peran penting. Setiap kali anggota staf berinteraksi dengan pelanggan, mereka harus mengevaluasi apakah pelanggan terbuka untuk percakapan. Jika pelanggan tidak terburu-buru dan setuju, barista memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan.

Bisa dari obrolan ringan, apakah tentang kopi, kafe, atau lingkungan, mereka dapat melibatkan konsumen dan membuat mereka merasa dihargai.

Demikian pula  dengan informasi tentang kopi harus diberi merek dengan logo Anda dan mungkin termasuk informasi tentang kisah bisnis Anda. Siapa pemiliknya? Apakah Anda memiliki latar belakang yang menarik atau pengalaman memulai? Bagaimana sejarah bangunan atau lingkungannya? Terlebih kota Semarang adalah kota yang kaya sejarah

Detail ini dapat membantu membuat Anda tampak lebih friendly dan tidak kaku.

Baca juga : Pengertian Omzet Dalam Bisnis Dan 7 Cara Meningkatkannya

Catat semua Pengeluaran dan Pemasukan dengan Terperinci

Pencatatan seluruh proses keuangan, baik itu pengeluaran dan pemasukan menjadi hal krusial dalam membangun coffee shop. Pembukuan yang baik bisa menjadi seolusi untuk mengetahui secara pasti kesehatan keuangan coffee shop Anda. Baik dari untung rugi, improvisasi pada pos pengeluaran yang di nilai boros, sampai pembuatan rencana pengembangan bisnis dengan data keuangan yang faktual.

Jangan remehkan pembukuan pada bisnis, jika Anda tidak ingin bisnis Anda berakhir pada kebangkrutan akibat tidak mempunyai data keuangan yang pasti.

Jika Anda tidak memiliki waktu dalam melakukan pembukuan secara terperinci atau tidak mengetahui ilmu akuntansi secara mendalam, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan coffee shop dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan Accurate Online Anda bisa melakukan pencatatan penjualan dan pembelian, mengatur keuangan banyak cabang, menghasilkan lebih dari 100 jenis laporan keuangan secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencoba menggunakannya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Kesimpulan

Memiliki dan mengoperasikan coffee shop di Semarang bukanlah hal kecil dan ada banyak elemen yang perlu dipertimbangkan. Cobalah untuk melihat bisnis Anda melalui mata pelanggan. Apakah kopinya enak? Apakah barista terlibat dengan pelanggan dengan cara yang tulus dan menarik? Apakah ruangnya ramah dan terorganisir dengan baik? Apakah pembukuan dan transaksi tercatat dengan benar?

Dengan berfokus pada pengalaman pelanggan, Anda dapat membawa kafe Anda ke tingkat berikutnya dan menjadi destinasi yang harus dikunjungi setiap ke kota Semarang.

accurate berhenti membuang waktu