Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya

Peluang Bisnis Petshop

Bisnis Petshop yang dulunya jarang atau bahkan tidak ada yang menjalankannya kini semakin banyak dan menjamur diberbagai daerah, entah darimana awal mulanya dan siapa pencetusnya. Bisnis yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang positif karena semakin banyaknya masyarakat yang mempunyai dan menyukai hewan peliharaan baik sebagai hobi atau yang diperjual belikan.

Jika sebelumnya hobi Anda dalam memelihara binatang peliharaan hanya menghabiskan uang, kali ini Anda dapat membalik keadaan tersebut dengan cara menjadikan hobi Anda menjadi ide bisnis yang cemerlang dan menjanjikan.

Tidak banyak yang berani untuk memulai bisnis karena rasa ragu dan takut tidak balik modal, itu adalah hal yang wajar. Bagia Anda yang sudah menjalankan bisnis ini bisa mengembangkannya dengan langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini, dan bagi Anda yang belum menjalankannya namun tertarik untuk menjalankaannya Anda belum terlambat.

Berikut Langkah-langkah Membangun Bisnis Petshop

1. Pintar membaca peluang

Jika Anda belum menjalankan bisnis ini dan hendak menjalankannya sebaiknya Anda segera membaca peluangnya, lihat sekitar Anda apakah ada bisnis yang sejenis jika belum ada maka Anda memiliki peluang yang besar, jika sudah ada yang menjalankan Andapun masih punya peluang tinggal Anda coba beli produknya dan amati kekurangan-kekurangannya termasuk harga, kemudian lengkapi kekurangan tersebut di toko petshop Anda.

2. Baca tantangan

Salah satu tantangan dari bisnis ini adalah target pasar, Anda harus jeli dalam memilih tempat Anda akan mendirikan bisnis ini, misalnya cari tempat yang dekat dengan perumahan karena pada umumnya orang yang tinggal diperumahan memiliki hewan peliharaan. Selain itu carilah tantangan lainnya yang akan menjadi kendala bisnis Anda, misalnya tempat beli produk-produk yang akan dijual apakah jaraknya terjangkau dan harganya bisa laku dipasaran.

Baca juga : Apa itu Target Pasar dan Bagaimana Cara Menentukannya?

3. Siapkan modal

Walau bagaimanapun modal menjadi salah satu aspek terpenting dalam bisnis, begitu juga bisnis ini akan tetapi bisnis ini tidak begitu memerlukan modal yang sangat besar, menurut praktisi dengan modal 10 juta sudah bisa menjalankan bisnis ini. Mulailah dari modal kecil kemudian kembangkan, dari pada harus menunggu mempunyai modal besar tanpa melakukan apa-apa.

4. Bisnis Anda harus beda dengan yang lainnya

Jika yang lain hanya menjual makanan dan aksessoris Anda harus beinovasi sekreatif mungkin, misalnya dengan menerima jasa memandikan, potong kuku, membersihkan telinga dan lainnya atau bisa dengan menerima jasa penitipan hewan peliharaan.

5. Pelajari ilmunya

Bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan dan pernah mimilikinya tentu tidak sulit karena Anda telah memiliki pengalaman walaupun sedikit, tinggal Anda kembangkan dengan belajar lebih detail lagi, Anda bisa belajar lewat youtube atau yang lainnya.

Sekalipun Anda telah punya banyak ilmu dan pengalaman soal hewan peliharaan sebelumnya, namun saat terjun ke dunia bisnis pasti akan ada kesulitan kesulitan dan kendala yang akan Anda alami, namun ini tidak boleh menjadi hambatan untuk terus berjuang dalam bisnis Anda.

Baca juga : Ingin Kembangkan Bisnis? Ini 8 Cara Terbaik Mencari Investor Bagi Bisnis

6. Lakukan pemasaran yang efektif

Jika usaha Anda telah siap lakukanlah pemasaran baik dengan cara menyebar brosur atau mengirim pesan ke teman-teman dan orang-orang sekitar, pada dasarnya pemasaran dilakukan untuk memberitahukan bahwa usaha Anda ada dan agar orang-orang mengingatnya, tujuan pemasaran tidak harus ada pembeli dalam waktu dekat karena itu hanya tujuan jangka pendek saja, tujuan pemasaran jangka panjang adalah buat semua orang mengetahui toko Anda dan mengingatnya jadi bila suatu saat butuh orang-orang sudah tahu harus beli dimana.

7. Beri kesan terbaik

Bila ada pengunjung yang datang baik itu membeli barang atau hanya sekedar melihat-lihat berilah kesan ramah dan nyaman bila belanja ditoko Anda karena itulah pemasaran yang paling baik, jika pelanggan tersebut suka dan terkesan maka dia akan menceritakan pada teman-temannya dan merekomendasikannya.

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Metode Persediaan Fifo, Lifo, dan Avarage

8. Gunakan sosial media

Di zaman sekarang tidak sulit untuk memasarkan produk atau jasa dengan cuma-Cuma alias gratis, karena di era global ini hampir semua orang terkoneksi dengan media sosial maka manfaatkanlah dengan baik seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya. Postinglah secara konsisten setiap hari agar bisnis Anda cepat dikenal oleh masyarakat.

9. Berilah saran

Jika ada pelanggan yang ingin membeli sesuatu namun tidak ada ditempat Anda maka berilah saran atau solusi, ini terlihat sepele namun akan sangat berkesan bagi pelanggan, jangan mengacuhkan para pelanggan karena pelanggan tidak suka itu.

10. Jangan mudah menyerah

Lika liku bisnis yang sebenarnya tak semudah yang banyak orang telah ceritakan secara singkat, dalam membangun bisnis banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus dilakukan secara konsisten. Jika Anda berada pada titik terendah dalam bisnis Anda janganlah menyerah karena bisa jadi itu adalah awal dari keberhasilan bisnis Anda, kuncinya adalah jangan lalai dan melakukan kesalahan-kesalahan fatal seperti menjual produk tidak baik, buka toko tidak konsisten dan lainnya, hal semacam itu akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Baca juga : 10 Tips Membangun Bisnis Properti Untuk Pemula yang Menguntungkan

11. Milikilah jiwa bisnis

Dalam bisnis tidak cukup hanya dengan tersedianya modal, keyakinan, dan peluang tapi Anda juga harus memiliki jiwa bisnis karena banyak orang takut untuk memulai bisnis bahkan menyerah ditengah-tengah, hal itu juga akan menimpa Anda jika Anda tidak memiliki jiwa bisnis yang mumpuni, maka banyaklah belajar dari pengalaman-pengalaman orang yang sudah sukses dan asahlah jiwa Anda hingga menjadi pebisnis yang handal.

12. Kembangkan dan besarkan bisnis Anda

Bila bisnis Anda sudah berjalan dan sudah tampak BEP (break even point) atau sudah balik modal maka Anda akan segera menikmati hasilnya, namun hasil tersebut jangan lantas menjadi konsumsi bagi Anda, inilah waktunya Anda mengembangkan bisnis, carilah tempat lain yang strategis kemudian bukalah cabang karena Anda memiliki banyak dasar dalam membangun cabang tanpa harus memulainya dari awal lagi, salah satunya adalah menghemat biaya pemasaran karena Anda sudah memiliki nama baik.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Retail? Baca ini sebelum Memulainya

13. Gunakan nama yang sama saat membuka cabang

Ini akan sangat membantu karena masyarakat sudah tahu bahwa bisnis itu adalah milik Anda jadi pelanggan lama ataupun pelanggan baru akan lebih percaya untuk belanja ditempat Anda.  Dengan membangun cabang dengan nama yang sama ini juga akan membuat nama toko Anda menjadi lebih terkenal.

Masalah yang terjadi saat Anda membuka banyak cabang adalah sulitnya mengatur pembukuan dan pengelolaan stok di semua cabang. Jika Anda mencari solusi untuk psofengelolaan pembukuan dan stok yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online yang memiliki fitur multi cabang dan multi gudang.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis clouud yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau. Telah digunakan oleh lebih 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui Link ini.

14. Tundalah keinginan konsumtif

Banyak orang yang gagal saat setelah bisnisnya maju karena mereka telah melakukan kesalahan fatal yaitu tidak sabar untuk menikmati hasil bisnis. Saat bisnis dirasa sudah maju pasti akan tergiur untuk membeli barang konsumtif seperti mobil, jika memang tabungan Anda belum cukup jangan sampai mengganggu modal bisnis Anda kalau Anda tidak ingin menangis dan menyesalinya.

15. Jika ragu, serahkan pada ahlinya

Bagi Anda yang masih ragu untuk memulai dari nol karena minimnya pengalaman, Anda dapat memilih membeli waralaba bisnis petshop ini akan menjadi lebih mudah bagi Anda karena Anda tidak perlu menguras banyak tenaga untuk belajar sendiri akan tetapi modal yang dikeluarkan pastinya lebih besar.


Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membangun bisnis petshop yang sukses. Jangan lupa dengan melakukan pencatatan transaksi dan pembukuan pada bisnis Anda dengan software akuntansi terbaik dan mudah digunakan seperti Accurate Online.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate berhenti membuang waktu