Tips Terbaik Menerapkan Instagram Marketing untuk Bisnis Anda

Kenapa Harus Instagram Marketing?

Sejak diluncurkan pada 2010, Instagram telah digunakan oleh setiap orang dunia. Sepertinya semua orang dan peliharaan mereka ada di platform tersebut. Ini adalah peluang besar bagi Anda pemilik bisnis untuk melakukan pemasaran melalui instagram marketing.

Banyak brand berhasil meningkatkan penjualan dan brand awareness melalui platform ini. Tetapi apakah Instagram sepadan dengan waktu mereka, dan haruskah bisnis Anda juga ada di disana? Jawabannya adalah ya, dan inilah alasannya:

Jelas bahwa Instagram tidak lagi hanya untuk penggunaan pribadi – baik untuk Anda atau peliharaan Anda. Sekarang platform global yang memungkinkan merek untuk memanusiakan konten mereka, merekrut bakat baru, memamerkan produk, dan menginspirasi audiens mereka.

Selain itu, pengguna Instagram tidak hanya aktif – mereka terlibat. Lebih dari setengah pengguna aktif platform mengunjungi situs setiap hari, dan 35% mengatakan mereka memeriksanya beberapa kali sehari.

Instagram juga dapat membantu Anda menumbuhkan kesadaran merek Anda dan memperkenalkan produk-produk baru. 70% pengguna Instagram telah menghabiskan waktu mencari merek di platform tersebut. Instagram memungkinkan Anda untuk mempromosikan merek dan produk Anda dengan cara yang ramah dan orisinil tanpa kesulitan menjual kepada pelanggan Anda.

15 Tips Efektif Marketing Instagram 2020

Jadi apa artinya ini semua bagimu? Jika Anda tidak aktif di Instagram, tidak dengan para kompetitor Anda. Anda mungkin sudah  menyiapkan akun berada di jalur yang benar. Tetapi hanya memiliki profil Instagram tidak selalu berarti penjualan.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan menghasilkan uang nyata dari Instagram, Anda harus membuat strategi yang layak.

Posting ini akan mengarahkan Anda ke arah yang benar dengan 18 tips dan strategi yang dapat Anda terapkan pada strategi marketing instagram Anda hari ini.

1. Tingkatkan Followers Anda

Salah satu langkah pertama untuk memiliki strategi instagram marketing yang sukses adalah mengembangkan basis pengikut Anda. Tanpa banyak pengikut, Anda akan berjuang untuk membuat posting Anda terlihat. Tidak mudah bagi Anda untuk menghasilkan penjualan tanpa pengikut.

Bagi Anda yang baru saja membuat halaman Instagram, ini akan sedikit memakan waktu untuk memulai dengan angka nol. Tetapi kecuali Anda adalah perusahaan baru dan sudah memiliki pelanggan.

Data mengatakan, lebih dari 73% pengguna mengatakan mereka mengikuti merek di media sosial karena mereka tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan merek. Buatlah pelanggan yang ada tertarik pada merek Anda. Beri tahu mereka tentang profil Anda, dan minta mereka untuk mengikuti Anda.

Mulailah dengan mengirimkan pesan atau email ke pelanggan Anda. Pastikan Anda memberi mereka insentif untuk mengikuti Anda. Misalnya, Anda dapat mengirim email hanya beberapa kali per bulan. Beri tahu pelanggan Anda bahwa jika mereka ingin lebih sering melihat diskon dan promosi, mereka akan menemukannya di Instagram. Jika Anda menggunakan strategi marketing  ini, pastikan untuk menepati janji itu.

Selain menjangkau pelanggan melalui email, Anda dapat memiliki lencana Instagram di situs web Anda. Gunakan saluran media sosial Anda yang lain untuk mempromosikan profil Instagram Anda juga.

Setelah Anda mengambil langkah-langkah ini, cara lain yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pengikut adalah dengan mengikuti orang lain. Namun hal yang harus diperhatikan adalah : jangan ikuti pengguna acak atau random people.

Temukan pengikut yang sesuai dengan audiens target Anda. Itu akan menjadi pilihan terbaik Anda dalam hal menghasilkan prospek baru dan mendorong penjualan.

Bagaimana Anda menemukan orang yang sesuai dengan target pasar Anda? Agak sulit, dan Anda harus berusaha. Pertama, Anda perlu menemukan akun yang mirip dengan milik Anda.

Kami tidak mengatakan bahwa Anda perlu mencuri pengikut dari pesaing Anda, meskipun itu bisa berhasil juga.

Sebagai gantinya, Anda dapat mencari profil Instagram yang memposting konten yang terkait dengan industri Anda. Misalnya, katakanlah perusahaan Anda menjual peralatan hiking dan berkemah

Lihat profil ini. Nama akun tersebut adalah : Adventure Enthusiasts

Mereka memiliki lebih dari 430.000 pengikut. Semua konten mereka terkait dengan lokasi luar ruangan di seluruh dunia. Anda dapat berasumsi bahwa orang yang mengikuti akun ini akan tertarik pada berkemah dan hiking.

Memang memakan waktu, tetapi ini akan berhasil. Setelah Anda menemukan akun seperti ini, buka pengikutnya, dan mulai mengikuti orang-orang. Pengguna akan mendapat notifikasi dan memeriksa halaman Anda. Jika mereka menyukai apa yang mereka lihat di profil Anda, mereka kemungkinan akan mengikuti Anda kembali.

Setelah Anda menambahkan banyak pengikut baru, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk mendorong penjualan dengan strategi Instagram marketing Anda.

Baca juga : Pengertian Loyalitas Pelanggan dan 10 Tips Efektif untuk Meningkatkannya

2. Fokus pada Kesan Pertama halaman Anda

Kesan pertama penting. Pernyataan ini berlaku di dunia nyata maupun di dunia virtual.

Ketika seorang pengguna Instagram mengklik profil Anda, apa hal pertama yang mereka lihat?

Mereka melihat gambar profil Anda, biografi, dan posting terbaru Anda. Kembali ke poin terakhir kami tentang mengikuti pengguna untuk menumbuhkan basis pengikut Anda sendiri, ketika pengguna mengklik profil Anda, mereka seharusnya tidak memiliki pertanyaan.

Yang kami maksud dengan ini adalah semua harus jelas. Profil Anda harus mengatakan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Memiliki logo Anda sebagai gambar profil Anda adalah yang paling masuk akal. Ini jauh lebih mudah dikenali daripada gambaran acak seseorang atau salah satu produk Anda.

Berikut ini contoh dari halaman Instagram Accurate

Apa kesan pertama Anda tentang profil ini?

Sudah jelas dari awal siapa mereka. Gambar profil adalah logo mereka, dan bio mereka menjelaskan apa yang mereka lakukan dengan lebih detail. Mereka bahkan menyertakan tautan ke halaman arahan di situs web mereka untuk mendorong pengguna mendaftar ke layanan.

Pada dasarnya, jika halaman Instagram merek Anda tidak menarik perhatian pengguna, Anda tidak akan memiliki banyak keberuntungan untuk mendapatkan pengikut.

Untuk sebagian besar, yang terbaik adalah menjaga semuanya singkat, to the point, dan profesional. Sekarang, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mempromosikan produk Anda dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

3. Posting konten secara teratur

Strategi instagram marketing yang penting adalah melakukan posting secara teratur. Jika Anda menambahkan gambar atau video ke profil Anda hanya sebulan sekali, itu bukan strategi yang efektif.  Bahkan itu tidak bisa dibilang profil aktif. Ingat target Anda, Anda ingin merek Anda selalu segar di benak pengikut Anda.

Pada saat yang sama, Anda tidak ingin membanjiri timeline pengguna dan dianggap menjengkelkan. Anda perlu menemukan jalan tengah di sini. Kami tidak akan merekomendasikan memposting lebih dari sekali per hari. Jika Anda memiliki banyak konten yang ingin Anda bagikan setiap hari, lebih baik menambahkannya ke story Instagram Anda.

Jika Anda tidak tahu cara kerjanya, Anda bisa melihat panduan praktisnya melalui link ini.

Seberapa sering Anda harus memposting di Instagram? Penelitian menunjukkan bahwa merek teratas di Instagram memposting rata-rata 1,5 kali setiap hari. Itu keluar sekitar 10 atau 11 posting per minggu.

Waktu posting ini juga sangat penting. Merek-merek terkenal biasanya memposting konten selama jam kerja dari hari  kerja standar.

Mengapa?

Sekitar 90% karyawan mengaku menggunakan media sosial sebagai pengalih perhatian saat mereka sedang bekerja. Anda perlu mengenali ini dan merencanakan waktu posting Anda dengan  sesuai. Posting secara teratur meningkatkan eksposur Anda dan kemungkinan bahwa sebanyak mungkin orang akan melihat konten Anda.

4. Jangan terlalu Monoton

Jadi, kami baru saja menetapkan bahwa Anda perlu memposting setiap hari. Tetapi kami belum membicarakan tentang konten dari pos-pos itu. Jelas, Anda ingin mendorong penjualan. Namun, itu tidak berarti bahwa semua yang Anda poskan harus merupakan promosi produk.

Itu akan mengganggu pengikut Anda dan pada akhirnya memiliki efek sebaliknya dari apa yang Anda cari. Campur konten Anda.

Jadilah lucu. Posting foto-foto karyawan Anda. Hanya saja, jangan menyimpang terlalu jauh dari citra merek Anda.

Meskipun boleh mengirim konten yang tidak mempromosikan produk, Anda boleh menjauh dari topik kontroversial. Mengacu pada subjek seperti agama, politik, dan ras. Menyinggung pengikut Anda tidak akan membantu Anda mendorong penjualan.

Sekali lagi, hindari terlalu banyak posting promosi. Memposting terlalu banyak promosi adalah kesalahan nomor satu yang dilakukan banyak bisnis di media sosial, Selain itu, 46% pengguna mengatakan mereka akan berhenti mengikuti merek di media sosial jika terlalu sering memposting promosi.

Setiap kali Anda memposting promosi, lakukanlah dengan santai. Anda tidak perlu memasukkan kata-kata dalam semua huruf besar dan termasuk tanda kutip di sekitar segalanya. Intinya, jangan mengganggu. Tetap singkat dan to the point.

Baca juga : Mengenal Pentingnya Desain Produk pada Pengembangan Bisnis

5. Lakukan siaran langsung atau Live

Instagram memiliki fitur siaran langsung dan pengguna menyukainya, dan merek menggunakan informasi ini untuk keuntungan mereka. Video live memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan audiens Anda secara real time. Saat Anda menyiarkan, mereka dapat berkomentar.

Pastikan Anda menanggapi semua komentar dan mencoba yang terbaik untuk memberikan feedback pada pengguna tersebut. Ini akan membantu Anda meningkatkan metrik keterlibatan.

Anda dapat menunjukkan produk-produk baru, melakukan tur keliling fasilitas Anda, atau bahkan memperkenalkan beberapa karyawan Anda. Mungkin Anda bisa memilih segmen Q&A untuk memberi Anda koneksi yang lebih otentik dengan audiens Anda.

Cara lain untuk memanfaatkan kisah langsung Instagram adalah dengan bekerja dengan merek lain. Instagram adalah platform sosial teratas dalam hal kolaborasi merek di seluruh dunia:

Anda bisa mencoba tampil di siaran langsung profil lain dalam upaya mempromosikan merek Anda.

Akibatnya, strategi jenis ini dapat membantu Anda mengekspos merek Anda ke audiens baru, meningkatkan pengikut Anda, dan pada akhirnya mendorong lebih banyak penjualan.

6. Tambahkan Gambar dan Video ke Story Anda

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, story Anda adalah tempat yang bagus untuk menambahkan konten harian. Anda dapat memposting konten ke story Anda beberapa kali per hari karena itu tidak akan membanjiri timeline pengguna yang mengikuti Anda.

Tapi itu tidak berarti Anda harus berlebihan dan memposting 20 gambar dan video yang berbeda ke cerita Anda setiap hari. Orang tidak akan melihat semuanya, jadi itu hanya akan membuang-buang waktu dan sumber daya Anda. Keterlibatan dan tampilan akan turun dengan setiap pos tambahan ke cerita Anda.

Anda juga perlu memastikan bahwa waktu posting pada cerita Anda relevan karena akan menghilang 24 jam setelah diunggah.

Kami sarankan menggunakan cerita Anda untuk menawarkan diskon, menjalankan campaign, atau memberi tahu orang-orang apa yang Anda rencanakan hari itu di kantor.

Seluruh ide di sini adalah untuk membangun kesadaran merek Anda di benak mereka. Jika mereka memikirkan merek Anda, mereka cenderung melakukan pembelian.

Sekali lagi, ini akan memudahkan Anda untuk mengekspos merek Anda ke khalayak yang lebih luas.

Baca juga : Pentingnya Psikologi Warna pada Marketing dan Pengembangan Bisnis

7. Bermitra dengan Influencer

Menggunakan influencer sosial untuk mempromosikan merek, produk, dan layanan Anda adalah strategi instagram marketing yang sangat efisien. Faktanya, 94% pemasar mengatakan strategi pengaruh sosial mereka efektif untuk perusahaan mereka.

Itu karena pengikut influencer sosial mempercayai mereka.

Kita tahu bahwa 82% orang cenderung mengikuti rekomendasi yang dibuat oleh influencer atau selebgram. Dan 94% konsumen percaya bahwa influencer ini sangat luas. Pada dasarnya, jika Anda bisa mendapatkan influencer untuk mempromosikan merek Anda, Anda akan mendapatkan penjualan.

Instagram adalah platform sosial utama untuk influencer di seluruh dunia. Dan ini adalah strategi pemasaran yang hemat biaya.

Kebanyakan influencer hanya akan membebankan biaya untuk sebuah pos. Namun, jika Anda lebih suka bekerja dengan influencer selebritas, bersiaplah untuk menghabiskan lebih banyak uang.

Baca juga : Pengertian Influencer dan Hubungannya Terhadap Pengembangan Bisnis

8. Tambahkan Tagar ke Keterangan Anda

Teks sama pentingnya dengan gambar dan video yang Anda poskan pada strategi marketing Anda.

Anda harus belajar cara menulis teks Instagram yang mendorong engagement.

Tagar pasti diperlukan dan da banyak pendekatan berbeda untuk ini.

Sebagai permulaan, Anda dapat menggunakan yang sudah ada sehingga orang lain dapat melihatnya. Misalnya, Anda dapat memilih tagar yang mempromosikan acara nasional. Ide lain adalah membuat tagar Anda sendiri. Ini akan jauh lebih spesifik untuk merek. Anda dapat menggunakan tagar hanya dengan nama merek Anda dan juga nama kampanye Anda.

Jika Anda ingin menjalankan campaign di Instagram, Anda dapat memiliki tagar unik untuk campaign tersebut. Baca juga tips ini untuk membuat teks instagram yang menarik dan optimal.

9. Gunakan UGC

UGC adalah kependekan dari user-generated content atau  konten yang dibuat pengguna. Ini dukung lain yang membantu tentang menggunakan tagar untuk mempromosikan campaign.

Promosi seperti ini mendorong pengguna untuk mengirim foto dan video yang terkait dengan merek Anda ke profil pribadi mereka.

Akibatnya, merek Anda akan terpapar ke semua pengikut yang berteman dengan pengguna tertentu. Jenis konten ini bertindak sebagai rekomendasi, yang baru saja kami diskusikan sebagai metode promosi yang efektif.

Selain menjalankan campaign, cara terbaik untuk mendorong konten yang dibuat pengguna adalah fitur foto pengguna di profil Anda.

Lihat posting ini dari halaman Instagram Thule:

ugc

Seperti yang Anda lihat, pos ini berasal dari salah satu pengikut mereka.

Ketika orang lain melihat ini, mereka akan didorong untuk membagikannya dan juga mengirimkan foto mereka sendiri untuk kesempatan ditampilkan di halaman.

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Hukum Penawaran & Permintaan Secara Lengkap

10. Jalankan iklan yang ditargetkan

Bagaimana Anda dapat menjangkau orang-orang di Instagram yang tidak mengikuti akun Anda?

Beberapa strategi, seperti penandaan lokasi, menjalankan campaign, dan bekerja dengan influencer sosial dapat mencapai ini. Namun, strategi itu tidak selalu mengekspos merek Anda kepada orang-orang di dalam target pasar Anda. Menjalankan iklan tertarget akan melakukan ini.

Instagram telah diakuisisi oleh Facebook. Anda dapat mengatur iklan Anda dengan cara yang sama di kedua jaringan. Anda dapat menggunakan parameter seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi untuk memilih audiens iklan Anda. Anda bahkan dapat mengambil satu langkah lebih jauh dan menargetkan pengguna berdasarkan minat mereka.

11. Jalankan Campaign dan Giveaway

Promosi dan hadiah adalah dua strategi instagram marketing untuk meningkatkan keterlibatan merek dengan audiens mereka di media sosial. Jika Anda dapat mempelajari cara menjalankan giveaway yang menguntungkan, upaya Anda akan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kami tahu apa yang Anda pikirkan. Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dengan hanya memberikan produk Anda?

Memberi hadiah sedikit berbeda dari yang mungkin pernah Anda lihat di masa lalu. Anda bisa bermitra dengan merek lain untuk mensponsori hadiah ini.

Sekali lagi, strategi ini akan mengarahkan lebih banyak pengguna ke halamannya. Akun-akun lain ini akan memposting informasi tentang pengguna giveaway dan mengarahkan untuk mengikuti profil Instagram untuk menang.

Alih-alih memberikan barang secara acak kepada pengikut Anda hanya karena menyukai pos dan mengikuti akun Anda, Anda bisa menjalankan campaign yang lebih terstruktur yang membutuhkan keterampilan. Campaign yang mendorong konten yang dibuat pengguna adalah yang paling efektif.

Untuk masuk, minta pengikut Anda untuk mengunggah gambar dan memberi tag merek Anda. Strategi ini akan memaparkan perusahaan Anda kepada siapa saja yang mengikuti pengguna yang masuk.

Jika seseorang melihat bahwa teman mereka mempromosikan merek, mereka akan cenderung mengikuti profil Anda dan berpotensi mengikuti campaign juga.

Sekarang setelah Anda membuat para pengguna ini tertarik pada produk Anda, Anda dapat menggunakan strategi lain untuk membuatnya membeli. Bahkan jika mereka tidak memenangkan campaign, produk yang Anda berikan masih ada di pikiran mereka.

Baca juga : Pengertian Lengkap Digital Marketing dan Tips Efektif Untuk Melakukannya

12. Manfaatkan Fitur “Swipe Up”

Fitur swipe up adalah game-changer untuk bisnis, dan ini adalah salah satu strategi marketing instagram yang efektif.

Selama bertahun-tahun, Anda mungkin mengalami kesulitan membuat pengguna di Instagram untuk menavigasi ke situs web Anda dari tautan tertentu. Anda akan memposting konten dan kemudian mengarahkan orang untuk mengklik tautan di bio Anda. Tetapi strategi itu memiliki banyak kesalahan.

Pertama, ini merupakan langkah ekstra bagi pengguna. Mereka harus menavigasi ke halaman profil Anda dan kemudian membuat klik lagi. Orang tidak ingin melalui kerumitan itu.

Lagipula, bagaimana jika Anda ingin mempromosikan dua halaman arahan yang berbeda? Atau mungkin tiga? atau empat?

Anda tidak akan memiliki banyak tautan di bio Anda. Itu terlalu membingungkan.

Fitur swipe up menghilangkan masalah ini. Sekarang Anda dapat menggunakan Story Instagram Anda untuk mengarahkan lalu lintas langsung ke halaman arahan tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh:

swipe up

Setelah profil bisnis Anda mencapai 10k pengikut, Anda akan memiliki akses ke fitur ini.

Cukup promosikan produk atau layanan pada story Anda, dan tambahkan fungsi swipe up dengan tautan ke halaman arahan tentang promosi Anda.

Jika Anda mengiklankan produk tertentu, halaman arahan logis adalah deskripsi produk di situs Anda. Di sana, pengguna dapat melihat foto tambahan dan menambahkan produk ke keranjang belanja mereka.

Fitur ini adalah cara terbaik bagi Anda untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dan pada akhirnya meningkatkan konversi.

13. Gunakan posting yang bisa dibeli

Jika Anda memiliki menjual barang Anda di ecommerce, Anda perlu memanfaatkan pos yang dapat dibeli.bStrategi marketing ini memungkinkan Anda untuk menjual produk secara langsung melalui platform Instagram.

Alasan mengapa kami sangat menyukai fitur ini adalah karena ini meningkatkan kemungkinan mendapatkan pelanggan Anda saat ini dan calon pelanggan untuk membeli sesuatu. Inilah sebabnya.

Saat ini, Anda mengandalkan konsumen yang menavigasi ke situs web Anda untuk membeli produk Anda. Ini bisa dari lalu lintas organik, iklan berbayar, atau navigasi langsung. Masalahnya adalah bahwa orang mungkin tidak akan melakukan ini setiap hari, tapi mereka aktif di Instagram setiap hari.

Faktanya, 1 Miliar orang menggunakan Instagram setiap hari. Jadi ada peluang besar target pasar Anda masuk dalam kategori ini.

Berikut adalah contoh pos menggunakan postingan untuk membeli :

instagram marketing 2

mudah bukan? Posting ini hanya gambar biasa yang mencakup salah satu produk merek.

Anda juga melihat label produk berdasarkan nama, harga, dan tautan untuk membelinya. Yang harus dilakukan seseorang hanyalah mengklik tag, dan mereka akan diarahkan ke situs web.

Ini jauh lebih mudah daripada harus mencari produk secara manual dengan membuka browser web. Postingan yang dapat dibeli meningkatkan konversi.

14. Menanggapi Komentar dan Pesan

Saya tahu ini mungkin tampak seperti tugas yang menghabiskan waktu dan melelahkan, tetapi Anda perlu menanggapi pengikut Anda di Instagram. Dengan merespons langsung komentar di pos Anda, Anda akan menambahkan elemen manusia dan rasa pribadi pada merek Anda, yang sangat dihargai orang.

Strategi ini sangat penting jika orang mengajukan pertanyaan atau menyuarakan keluhan tentang bisnis Anda. Tanggapi komentar ini secepat mungkin untuk menghasilkan resolusi. Ini menunjukkan kepada pengguna lain yang melihat respons Anda di media sosial bahwa merek Anda menghargai layanan pelanggan.

Konsumen bersedia membayar lebih untuk layanan yang baik. Anda dapat mengharapkan peningkatan penjualan dengan berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif di media sosial.

Baca juga : Tertarik Memasang Iklan? Kenali Jenis Iklan yang Cocok untuk Bisnis Anda

15. Hubungkan pengikut Anda ke halaman Facebook Anda

Jika perusahaan Anda memiliki profil Instagram, Anda harus juga memiliki halaman Facebook. Sejak Instagram diakuisisi oleh Facebook, kedua platform ini memiliki banyak fitur yang bekerja bersama. Saya menyebutkan ini sebelumnya ketika kami berbicara tentang menjalankan iklan bertarget.

Sekarang Anda dapat menyinkronkan pengikut Instagram Anda dengan halaman bisnis Facebook Anda.

Setelah proses ini selesai, Anda dapat menggunakan bot messenger untuk memelihara pengguna tersebut. Ada lebih dari 300.000 bot bulanan aktif di Facebook messenger. Jelas, bisnis lain sudah mengambil keuntungan dari strategi ini.

Gunakan sekarang sekarang sebelum bot pesaing mencuri pelanggan Anda!

Kesimpulan

Anda tidak dapat mengandalkan lalu lintas situs web sendiri untuk menjual produk. Manfaatkan juga saluran distribusi lainnya. Media sosial memengaruhi keputusan pembelian konsumen, termasuk instagram

Karena Instagram tumbuh pada tingkat yang sangat cepat, masuk akal untuk menggunakan platform ini sebagai metode utama dalam mendorong penjualan.

Dan seperti yang Anda lihat dari daftar diatas, Instagram memiliki fitur yang memungkinkan bisnis menjual barang langsung melalui platformnya. Jika strategi instagram marketing Anda perlu ditingkatkan, lihat panduan pada artikel ini. Semua strategi ini akan membantu Anda meningkatkan efektifitas penggunan marketing melalui Instagram Anda dan meningkatkan penjualan sebagai hasilnya.

Jika sudah penjualan Anda sudah meningkat, jangan lupa dengan melakukan pencatatan keuangan pada bisnis Anda. Untuk memdahkan hal itu, gunakanlah software akuntansi yang mudah digunakan, memiliki fitur yang sesuai kebutuhan bisnis, dan terjamin keamanan datanya, seperti Accurate Online.

Cobalah Accurate Online selama 30 hari secara gratis melalui tautan di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan