Consumer Insight Adalah: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya

Bila bisnis Anda belum berkembang secara sepenuhnya, mungkin Anda belum memahami konsumen Anda dengan baik. Nah, konsep consumer insight adalah konsep yang bisa Anda gunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

Harus kita akui bersama bahwa konsumen adalah prioritas utama dalam menjalankan kegiatan bisnis. Kenapa? Karena konsumen memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan bisnis. Nah untuk memahami masalah mereka, konsep consumer insight adalah konsep yang banyak diterapkan oleh perusahaan.

Lalu, apa itu consumer insight? Bagaimana cara menerapkannya di dalam bisnis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang consumer insight di bawah ini hingga selesai.

Apa Itu Consumer Insight?

Berdasarkan lamani Tech Target, consumer insight adalah suatu proses dalam memahami minat, perilaku, dan pola pikir pelanggan ketika mereka membeli produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Dengan adanya proses ini, maka Anda akan memperoleh ulasan dari pelanggan secara tidak langsung agar bisa melakukan inovasi dan perbaikan pada produk atau layanan Anda.

Melalui consumer insight, bahkan Anda bisa mengetahui target yang tepat agar bisa memasang iklan online atau offline. Karena, sebelumnya Anda sudah mengetahui berbagai data pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan jasa Anda. Sehingga, iklan yang Anda pasang akan sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan dan tidak mengalami pemborosan biaya.

Hal ini juga nantinya akan membantu Anda untuk mengontrol masalah finansial dan mengetahui perkembangan perusahaan.

Jika saat ini Anda masih merintis bisnis, maka Anda juga tidak boleh melupakan konsep ini. karena dengan begitu, Anda bisa menjual produk atau layanan jasa dalam jumlah yang besar.

Baca juga: ARR Adalah Cara Tepat Untuk Mengevaluasi Perkembangan Bisnis, Ini Caranya!

Pentingnya Consumer Insight

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa consumer insight adalah suatu konsep yang harus diperhatikan dengan teliti untuk perusahaan. Karena, konsep ini memiliki peran yang sangat penting dalam waktu yang lama.

Berdasarkan laman Hitachi Solutions, perusahaan yang menggunakan consumer insight bisa sukses menyusul bisnis kompetitor sebanyak 85% dari total peningkatan daya jual. Berdasarkan data tersebut, maka Anda tidak boleh memandang konsep ini secara sebelah mata. Anda harus menerapkannya secara baik agar Anda bisa berkembang dengan pesat.

Baca juga: Probabilitas Bersyarat, Cara Dalam Menentukan Strategi Perusahaan

Cara Mengoptimalkan Consumer Insight

1. Mengumpulkan Data

Langkah pertama untuk menerapkan consumer insight adalah dengan menghimpun berbagai data sebanyak-banyaknya terkait pelanggan Anda. Saat ini, Anda bisa mendapatkan data secara mudah, mulai dari menggunakan Google Analytics, media sosial atau e-commerce.

Dari hasil tersebut nantinya Anda akan mengetahui minat, perilaku, dan pola pikir pelanggan dalam melihat dan membeli produk Anda.

2. Riset Konsumen

Agar bisa semakin optimal dalam menerapkan consumer insight, cobalah untuk melakukan riset konsumen. Untuk melakukannya bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti dengan mengadakan focus group discussion, melakukan survei, atau menelepon secara langsung. Nantinya, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki dari produk atau layanan jasa Anda.

3. Manajemen Pemasaran

Selain melakukan riset konsumen, Anda juga wajib memerhatikan manajemen pemasaran secara baik. Karena melalui manajemen pemasaran, Anda bisa mengetahui tingkat efektivitas promosi atau iklan yang sudah Anda iklankan.

4. Customer Feedback

Cara lainnya untuk memaksimalkan consumer insight adalah dengan mengajukan customer feedback. Caranya, Anda bisa mengirim survei dan kuesioner yang bisa menghasilkan kesimpulan kuat atas kualitas produk Anda.

Selain itu, hasil feedback ini juga nantinya bisa Anda gunakan untuk kampanye iklan Anda di masa depan. Namun hambatannya adalah consumer feedback tidak akan cukup dalam memberikan proyeksi yang lengkap terkait kualitas brand.

Karena, banyak pelanggan yang kemungkinan takut atau enggan mengungkapkan pendapat mereka yang sebenarnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta feedback secara lebih personal, seperti melalui media sosial ataupun email.

5. Third Party Data

Cara kelima dalam mengoptimalkan consumer insight adalah dengan third party data atau data yang berasal dari pihak ketiga.

Bila Anda tidak mempunyai akses feedback untuk membuat keputusan, Anda bisa menggunakan pengetahuan dan riset pasar yang lebih besar dengan tingkat cakupan audiens yang lebih luas.

6. Real-Time User Testing

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan consumer insight adalah memanfaatkan real-time user testing.

Untuk situs web, aplikasi dan pengalaman berbasis online, Anda bisa mendapatkan wawasan terkait preferensi audiens dengan cara menjalankan A/B testing pada variabel tertentu dari pengalaman mereka.

Dengan adanya jenis pengujian ini, Anda bisa secara langsung melihat ketika pengguna menjalin interaksi dengan elemen produk Anda.

Baca juga: MRR adalah Total Pendapatan Bisnis Selama Satu Bulan, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang consumer insight. Jadi, consumer insight adalah suatu proses dalam memahami minat, perilaku, dan pola pikir pelanggan ketika mereka membeli produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Namun dalam menjalankan konsep ini, Anda memerlukan anggaran keuangan yang cukup, karena di dalamnya pasti akan mengeluarkan dana atau modal. Anggaran tersebut juga harus Anda catat secara rapi di dalam laporan keuangan agar nantinya bisa Anda jadikan sebagai sumber yang kuat dalam menentukan keputusan bisnis.

Nah, untuk membantu Anda dalam mencatat anggaran keuangan atau kegiatan akuntansi lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Di dalamnya juga Anda bisa menikmati berbagai fitur bisnis yang akan membantu Anda dalam memaksimalkan operasional bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? klik banner di bawah ini untuk langsung mencobanya selama 30 hari, Gratis.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.