ARR Adalah Cara Tepat Untuk Mengevaluasi Perkembangan Bisnis, Ini Caranya!

Untuk perusahaan yang bersifat subscription-base, ARR adalah salah satu metrik yang harus diketahui dan dipahami guna mengontrol perkembangan perusahaan. Setiap pebisnis harus mengetahui pendapatan yang sudah mereka dapatkan secara akurat agar bisa dicatat di dalam laporan laba rugi.

Fungsinya adalah agar bisa memudahkan Anda dalam membuat keputusan dan kebijakan bisnis di masa depan. Karena, metrik ini sangat penting agar bisa mengetahui kondisi kesehatan perusahaan Anda dan mengetahui hal apa saja yang bisa dilakukan perusahaan dari data yang sudah dimiliki.

Ingin lebih tahu tentang ARR? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ARR di bawah ini hingga selesai.

Pengertian ARR Adalah

Dilansir dari laman Zuora, annual recurring revenue atau ARR adalah suatu metrik yang bisa menampilkan jumlah uang yang masuk setiap tahun dan juga subscription atau kontrak. Sederhananya, metrik ini digunakan untuk bisa menghitung pendapatan berulang yang sudah diperoleh perusahaan dalam periode waktu satu tahun.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ARR banyak digunakan oleh perusahaan SaaS yang lebih menggunakan subscription-base ke setiap pelanggan. Kehadiran ARR bisa membuat perusahaan lebih mudah untuk mengetahui perkembangan yang mereka alami setiap tahun.

Tanpa menggunakan ARR, perusahaan akan sulit untuk mengetahui perkembangan dan kemajuannya. Karena, metode subscription membuat setiap pelanggan bisa membayar di muka untuk subscription selama beberapa tahun yang akan datang.

Bahkan, bisa saja ada konsumen yang melakukan kegiatan subscription per bulan, tapi ada kenaikan harga dalam kondisi tertentu. Tentunya hal ini akan berdampak pada perhitungan pendapatan.

Untuk itu, diperlukanlah perhitungan yang bisa menghitung nominal pasti pendapatan dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga: Probabilitas Bersyarat, Cara Dalam Menentukan Strategi Perusahaan

Peran Penting ARR

Terdapat beberapa hal yang menjadikan ARR sangat penting untuk diketahui. Dilansir dari laman Corporate Finance Institute, berikut ini adalah peran penting ARR untuk perusahaan.

1. Menunjukan Pertumbuhan Perusahaan

Karena nilainya yang cenderung lebih stabil dan bisa diprediksi, ARR bisa dijadikan metrik yang tepat agar bisa menunjukkan perkembangan perusahaan.

Dengan memperhatikan nilai ARR dari tahun-tahun sebelumnya, maka perusahaan bisa mengetahui apakah terjadi perkembangan di perusahaan atau memang tidak.

2. Mengevaluasi Kesuksesan Dari Suatu Model Bisnis

Lain halnya dengan pendapatan total perusahaan yang dihitung dari berbagai pemasukkan yang telah diperoleh perusahaan. ARR hanya menitikberatkan pada pemasukan yang sudah diperoleh pelanggan yang telah melakukan subscription.

Untuk itu, ARR akan memudahkan perusahaan dalam mengetahui tingkat kesuksesan model bisnis yang sudah dijalankannya. Hal tersebut dikarenakan dengan meningkatnya ARR, artinya ada peningkatan pendapat dari subscription, bukan dari lini bisnis yang lainnya.

3. Meramalkan Pendapatan

Hal penting lainnya dari menghitung ARR adalah bisa meramalkan pendapatan di masa depan. Nilai ARR yang cenderung stabil bisa digunakan sebagai dasar referensi dalam melakukan perhitungan.

4. Mengetahui Market Product-Fit

Bila Anda sudah melakukan kegiatan user testing, tentu produk Anda sudah siap diluncurkan ke pasar. Agar bisa mengetahui apakah produk Anda bisa diterima pasar secara baik atau tidak, Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan ARR.

Bila nilai ARR Anda besar, maka hal tersebut akan menandakan bahwa produk Anda diterima pasar secara baik.

Baca juga: PRD Adalah: Ini Pengertiannya Di Dalam Desain Produk

Cara Menghitung Arr

Setelah mengetahui tentang ARR dan peran pentingnya, lalu Anda harus mengetahui cara tepat dalam menghitung ARR. Sederhananya, cara menghitung ARR adalah dengan menghitung MRR (monthly recurring revenue) x 12.

Selain itu, laman Startupbros mempunyai rumus yang lebih detail dalam menghitung ARR, yaitu:

ARR = (Harga produk atau layanan) x (peningkatan konsumen tiap bulan) x 12 bulan

Baca juga: PRD Adalah: Ini Pengertiannya Di Dalam Desain Produk

Elemen Yang Harus Ada Dalam ARR

Walaupun memang rumus menghitung ARR terlihat sederhana, tapi Anda harus memasukkan beberapa elemen penting di bawah ini dalam menghitung ARR.

1. Semua Sumber Pemasukan

Dalam hal ini, pemasukan tersebut adalah pemasukan yang diperoleh dari subscription yang sudah dilakukan pelanggan. Bisa juga dari pendapatan lainnya yang termasuk pendapatan berulang, seperti misalnya pembelian in-app purchase, dan lain sebagainya.

2. Konsumen Yang Melakukan Upgrades

Elemen lainnya yang harus dimasukan di dalam perhitungan ARR adalah pelanggan yang melakukan upgrade layanan. Artinya, mereka adalah orang yang melakukan perubahan paket subscription ke paket lain yang lebih mahal.

3. Konsumen Yang Melakukan Downgrades

Selanjutnya adalah pelanggan yang melakukan downgrades. Berkebalikan dari poin sebelumnya, maksud dari poin ini adalah pelanggan yang merubah paket subscription ke paket yang lebih murah atau dengan kualitas lain yang lebih rendah.

4. Tingkat Churn Dari Konsumen

Tingkat churn adalah jumlah konsumen yang melanjutkan kegiatan subscription-nya. Tentunya hal ini berbeda dengan pelanggan yang melakukan pembatalan subscription. Kenapa? Karena di dalam pembatalan, biaya berlangganan harus dikembalikan lagi ke pelanggan.

Baca juga: MRR adalah Total Pendapatan Bisnis Selama Satu Bulan, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang ARR. Jadi, ARR adalah metrik luar biasa yang sangat penting untuk perkembangan perusahaan. Tapi, masih ada hal penting lainnya yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan perusahaan, yaitu mengelola keuangan perusahaan dengan matang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan Accurate Online.

Kenapa? karena aplikasi bisnis dan akuntansi ini akan memudahkan Anda untuk mengelola keuangan perusahaan dengan cara menyajikan laporan keuangan dan mencatat setiap transaksi bisnis secara otomatis serta akurat.

Terlebih lagi, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Ayo klik banner di bawah ini untuk mencoba dan menggunakan Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.