Probabilitas Bersyarat, Cara Dalam Menentukan Strategi Perusahaan

Di dalam dunia bisnis, teori probabilitas bersyarat memiliki peran yang sangat penting dalam hal menentukan kesuksesan dalam suatu strategi. Perhitungan ini sangat penting, karena mampu membantu perusahaan untuk melihat adanya kemungkinan untung dan rugi yang mereka dapatkan.

Tapi walaupun teori ini mempunyai banyak fungsi, tidak semua ahli dalam bidang business intelligence mengetahui rumus dan manfaat di dalamnya.

Oleh karena itu, kami sudah merangkum berbagai hal tentang probabilitas bersyarat pada artikel di bawah ini.

Pengertian Teori Probabilitas Bersyarat

Dilansir dari laman Investopedia, probabilitas bersyarat atau conditional probability adalah kemungkinan adanya kondisi atau hasil berdasarkan aktivitas yang telah terjadi. Teori yang satu ini dihitung dengan cara mengalikan kemungkinan dari event yang telah diselenggarakan dengan kemungkinan baru dari kegiatan yang nantinya akan berlangsung.

Secara umum, rumus dari probabilitas bersyarat akan melihat dua kegiatan ini secara bersamaan. Contohnya, Kemungkinan A Anda diterima di suatu kampus ternama, dan kemungkinan B dimana Anda menyewa kamar Kos.

Kedua kegiatan diatas akan saling berkaitan dan kesempatan terjadinya kemungkinan B akan semakin besar jika kemungkinan A terjadi.

Teori probabilitas bersyarat bisa kita sandingkan dengan teori probabilitas tanpa syarat. Konsep ini lebih fokus pada suatu kemungkinan yang mana suatu peristiwa akan terjadi terlepas dari kejadian lain yang sudah berlangsung.

Baca juga: PRD Adalah: Ini Pengertiannya Di Dalam Desain Produk

Rumus Probabilitas Bersyarat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teori probabilitas bersyarat akan sangat tergantung dari hasil pada suatu kejadian yang telah berjalan. Teori ini akan menimbulkan berbagai asumsi saat Anda sedang memanfaatkannya.

Contohnya dalam sebuah tas kecil terdapat tiga buah kelereng dengan berbagai warna. Warna dari ketiga kelereng tersebut adalah hijau, merah, dan biru. Setiap kelereng tersebut mempunyai peluang yang sama untuk Anda pilih. Lalu, berapakah nilai conditional probability untuk Anda bila Anda mengambil kelereng berwarna hijau sesudah Anda mengambil kelereng berwarna biru?

Kemungkinan pertama Anda mengambil kelereng warna biru adalah 33%, karena hal tersebut merupakan salah satu kemungkinan yang bisa terjadi dari tiga hasil. Dengan adanya asumsi peristiwa tersebut, maka akan tersisa dua kelereng, yaitu kelereng hijau dan merah. Setiap kelereng memiliki peluang 50% untuk Anda pilih.

Jadi, peluang Anda untuk bisa mengambil kelereng hijau setelah memilih kelereng biru adalah sekitar 16,5% (33% x 50%).

Agar bisa lebih jelas lagi, dilansir dari laman Corporate Finance Institute, rumus yang bisa digunakan untuk menghitung probabilitas bersyarat adalah sebagai berikut:

P(B|A) = P(A and B) / P(A)

atau:

P(B|A) = P(A∩B) / P(A)

Baca juga: MRR adalah Total Pendapatan Bisnis Selama Satu Bulan, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Cara Terbaik Menggunakan Probabilitas Bersyarat untuk Bisnis

Di dalam dunia bisnis dan keuangan, teori probabilitas bersyarat banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis. Jika digunakan secara tepat, maka perusahaan bisa lebih memaksimalkan jumlah pendapatannya dan menekan nilai kerugian.

Lalu, kapan teori conditional probability bisa digunakan? Berdasarkan laman The Street, waktu yang tepat untuk menggunakan teori probabilitas bersyarat adalah sebagai berikut:

1. Saat Mengevaluasi Suku Bunga

Kondisi pertama, teori probabilitas bersyarat bisa digunakan saat perusahaan sedang melakukan evaluasi suku bunga. Setiap perubahan yang tidak terduga di dalam nilai suku bunga akan memberikan efek yang negatif dalam laba dan pendapatan perusahaan.

Nah, dengan menggunakan teori conditional probability, maka perusahaan bisa lebih mengarahkan sumber daya finansialnya secara lebih optimal.

2. Saat Memperhitungkan Laba Bersih

Pada dasarnya, laba bersih akan sangat rentan pada kejadian yang tidak terduga, seperti kondisi iklim dan cuaca, proses hukum, dan biaya yang dibutuhkan untuk bahan baku produksi dan peralatan.

Dengan memasukkan teori probabilitas ke dalam perhitungan laba bersih, maka setiap stakeholder akan bisa mendapatkan masukan serta strategi ampuh agar bisa mengelola sumber daya serta membuat keputusan yang lebih baik lagi.

3. Ketika Perusahaan Hendak Memberikan Kredit

Terakhir, teori probabilitas bersyarat akan sangat berguna jika perusahaan ingin meminjamkan sejumlah dana secara kredit. Teori ini bisa membantu perusahaan dengan cara melakukan evaluasi tingkat risiko ketika mereka ingin meminjamkan aset uang tunainya pada pihak peminjam.

Singkatnya, probabilitas bersyarat bisa digunakan oleh perusahaan untuk kebutuhan risk assessment.

Baca juga: Project Plan: Pengertian dan Manfaatnya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang probabilitas bersyarat. Jadi pada intinya, teori ini bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kesuksesan bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan. Mulai dari memperkirakan risiko bisnis, sampai menghitung kemungkinan pendapatan yang akan Anda dapatkan. Teori ini harus Anda kuasai bila Anda ingin menjalankan bisnis.

Teori lainnya yang harus Anda ketahui dalam menjalankan bisnis adalah teori akuntansi keuangan dan akuntansi bisnis. Teori ini sangat penting untuk kelangsungan operasional bisnis Anda.

Tapi saat ini, Anda sudah tidak perlu lagi menghafal teori dan rumus di dalam akuntansi, karena saat ini sudah ada aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online yang akan melakukan hal tersebut.

Dengan menggunakan Accurate Online, setiap kegiatan akuntansi seperti membuat laporan keuangan, mencatat transaksi bisnis, dan kegiatan lainnya akan tercatat secara otomatis. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan yang Anda butuhkan. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur dan modul yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan lain sebagainya.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.