Ide dan Peluang Usaha: Perbedaan dan Contohnya

Sebagai salah satu dari sekian banyak alasan mengapa bisnis baru gagal adalah mereka seringkali menghadapi kebingungan tentang dua istilah yang sangat penting bagi mereka: ide dan peluang usaha. Apa perbedaan antara kedua istilah ini?

Kedua istilah tersebut banyak digunakan dalam proses pengembangan bisnis oleh seorang pengusaha. Namun, yang perlu diperhatikan adalah seringkali bisnis dimulai hanya dengan ide, dan mereka tidak mengubahnya menjadi peluang usaha yang nyata. Karena itu, banyak bisnis yang gagal saat mereka baru dalam tahap memulai

Penderitaan ini dimanifestasikan melalui kurangnya pelanggan atau karena kekurangan uang untuk mendanai operasi bisnis normal.

Pengusaha adalah orang yang dapat melihat peluang, saat semua orang melihat masalah mereka menghasilkan ide dari hal tersebut. Itulah keuntungan paling signifikan dari seorang wirausahawan.

Untuk mengetahui secara mendalam perbedaan dan contoh ide dan peluang usaha, baca terus artikel ini:

Apa Bedanya Ide dan Peluang Usaha

Banyak perusahaan sukses terlahir dari mereka yang mampu mengidentifikasi masalah atau kebutuhan yang ada di pasar secara baik.

Namun di sisi lain, banyak juga perusahaan berhasil yang merupakan hasil dari masalah pribadi seorang wirausahawan yang membawanya dalam situasi frustasi sehingga memunculkan satu atau lebih ide bisnis. Tapi, situasi frustasi pada saat itu hanya diketahui olehnya. Hanya dia yang merasakan frustrasi dari masalahnya.

Adakah ada orang lain selain pengusaha tersebut yang menemukan dirinya dalam situasi frustasi yang sama?

Jika jawabannya tidak, meskipun ide bisnis ini adalah ide brilian, namun itu bukanlah peluang bisnis yang siap untuk bisnis yang sukses. Jadi poinnya adalah, ide bisnis dan peluang bisnis adalah dua hal yang berbeda.

Di sisi lain, jika jawabannya ya, maka perlu dicek apakah ide bisnis tersebut merupakan peluang bisnis yang sangat baik. Ingatlah, Anda perlu memvalidasi setiap ide bisnis Anda sebelum bisa menjadi peluang bisnis.

Peluang bisnis = Validasi Ide Bisnis = Ide Bisnis + Kebutuhan Pasar

Jadi ide bisnis adalah:

  • Dirasakan secara pribadi hanya oleh pengusaha,
  • Berdasarkan rasa frustrasi pengusaha mereka sendiri,
  • sebuah inovasi oleh pengusaha.

Namun, apakah sebuah ide bagus hanya karena itu bagus untuk Anda? Mungkin tidak. Dalam dunia bisnis ada satu prinsip fundamental, yaitu:

Jika seorang wirausahawan secara pribadi mengetahui setidaknya 10 orang lain yang cukup bersemangat untuk membeli produk atau layanan sebagai hasil dari ide bisnis, dengan harga yang pantas dan kondisi lainnya, mungkin di pasar ada ratusan, ribuan atau jutaan pelanggan potensial yang akan membeli produk dan layanan yang sama jika mereka mengetahuinya.

Jadi, jika Anda ingin mengubah ide usaha Anda menjadi peluang usaha, Anda perlu melibatkan orang lain dalam prosesnya. Orang itu adalah pelanggan. Tidak cukup hanya memiliki ide bisnis. Anda perlu melakukan banyak hal tambahan.

Baca juga: Apa itu Bisnis Dropshipping dan Bagaimana Cara Memulainya? 

Kriteria Apa yang Dibutuhkan untuk Mengubah Ide Menjadi Peluang Usaha?

Sebuah ide bisa menjadi peluang bisnis hanya jika memenuhi semua kriteria berikut:

  • Ide bisnis menarik bagi pelanggan.
  • Pelanggan dapat membeli produk dan layanan yang dihasilkan dari ide bisnis tertentu.
  • Seorang wirausahawan dapat mengubah ide bisnis tertentu menjadi produk atau layanan pada bisnis

Jika idenya tidak menarik bagi calon pelanggan, itu bukan ide bisnis yang bagus. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa apakah di pasaran ada kebutuhan nyata tentang produk atau jasa yang Anda hasilkan pada ide awal Anda.

Di sisi lain, jika ide bisnis menciptakan produk atau jasa yang mahal, calon konsumen tidak mampu membelinya. Hal ini juga merupakan ide yang kurang bagus, terutama sekarang, dimana daya beli sedang menurun.

Dan terakhir, Anda sebagai wirausahawan perlu menerapkan ide bisnis, dan Anda harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus untuk mewujudkannya dalam praktik usaha yang baik.

Baca juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan Paska Pandemi

ide dan peluang usaha 2

Contoh Perusahaan yang Berhasil Merealisasikan Ide Menjadi Peluang Usaha

AirBnb

Airbnb adalah marketplace yang memungkinkan orang untuk mendaftar, menemukan, dan menyewa akomodasi seperti kamar tunggal, apartemen, rumah  dengan biaya murah.

AirBnb berangkat dari ide bahwa wisatawan memerlukan kamar murah untuk mereka menginap, dan banyak warga lokal yang memiliki kamar yang tidak digunakan dan berpotensi menjadi penghasilan.

AirBnb telah menjadi aakomodasi terbesar di dunia tidak memiliki satu kamar pun. Airbnb tidak menyewakan akomodasi dari tuan rumah tetapi hanya menyampaikan antara penawaran dan permintaan.

Model bisnis mereka dibangun atas keyakinan kuat bahwa pemilik rumah bersedia menyewakan ruang kosong kepada orang asing.

Gojek

Kemacetan di Jakarta adalah hal yang sangat melelahkan bagi sebagaian besar orang. Salah satu alternatif jasa transportasi unggulan yang biasa dipakai adalah ojek.

Namun dahulu, ojek masih salah salah satu jenis transportasi yang masih dipandang sebelah mata. Mulai dari mematok harga yang mahal, alasan keamanan, atau lainnya. Namun dengan kehadiran Gojek, ojek online menjadi salah satu jenis transportasi yang sangat diiminati.

Nadiem Makarim selaku pendiri Gojek, mengaku sebagai pengguna setia ojek. Jasa transportasi roda dua tersebut menjadi andalannya dalam menembus macet lalu lintas Jakarta.

Hal ini dilandasi pula oleh pengamatannya bahwa dalam bisnis ojek terdapat semacam “inefisiensi pasar”. “Sering kali saat tidak dibutuhkan ada banyak (ojek) yang nongkrong, ketika butuh malah tidak ada,” katanya.

Saat ini sendiri Gojek menyandang perusahaan decacorn dan telah menjadi superApp yang menghadirkan solusi menyeluruh untuk berbagai kemudahan seperti GoFood, GoClean, Gotix dan masih masih banyak lagi.

Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses

Tesla

Kebutuhan bahan bakar fosil terus meningkat dan memberikan dampak yang tidak baik untuk bumi menjadikan ide bagi Tesla untuk mengembankan kendaraan listrik yang lebih ramah.

Tesla Motors, Inc. adalah perusahaan otomotif dan energi Amerika yang merancang, memproduksi, dan menjual mobil listrik, komponen powertrain kendaraan listrik, dan produk baterai.

Tujuan mereka adalah untuk mempercepat munculnya transportasi berkelanjutan dengan membawa mobil listrik pasar massal yang menarik ke pasar dan membawa dampak yang lebih baik pada dunia.

Dengan menawarkan berbagai layanan berkualitas tinggi, Tesla membuat penggunaan mobil listrik menjadi mudah dan tidak rumit.

Pengalaman positif ini mengarah pada fakta bahwa 9 dari 10 pelanggan akan merekomendasikan mobil Tesla yang telah mereka gunakan. Untuk meningkatkan pertumbuhan lebih lanjut, Tesla telah berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur mereka, dan yang terbaru tersirat kabar bahwa mereka akan membangun pabrik di Indonesia.

Wikipedia

Wikipedia adalah ensiklopedia berbasis online gratis yang membantu meningkatkan pengetahuan umum. Ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit hampir semua artikel yang dapat diakses.

Ini adalah karya referensi umum terbesar dan terpopuler di Internet dan termasuk di antara sepuluh situs web paling populer.

Idenya adalah perusahaan mampu memotivasi komunitas besar untuk berpartisipasi dalam proyek tanpa menawarkan keuntungan finansial. Dengan kontribusi komunitas online, Wikipedia menjamin kualitas artikel.

Baca juga: 10 Tips Berharga untuk Menjadi Wiraswasta yang Sukses

Kesimpulan

Ide dan peluang usaha adalah hal penting dan berjalan beriringan. Pastikan ide usaha yang Anda rancang memiliki audiens yang tertarik dengan ide tersebut, sehingga menjadi peluang usaha yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Jika bisnis sudah berjalan, pastikan juga Anda memiliki sistem akuntansi yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pemantauan keuangan bisnis, pengelolaan stok, pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Hindari proses pembukuan manual. Selain memakan waktu, melakukan pembukuan manual juga sangat rentan pada kesalahan pencatatan yang akan membuat bisnis Anda merugi. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu.

Jadi apalagi yang masih Anda ragukan? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 3o hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu