Peluang Bisnis yang Menjanjikan Paska Pandemi

Sementara menahan penyebaran lebih lanjut pandemi ini adalah perhatian utama, sepertinya pandemi ini akan menghantui kita dan akan memberi cerita di masa depan. Fase sesuatu yang normal atau dinyatakan kembali pada kejayaan sebelumnya masih akan lama, dan adaptasi kebiasaan baru sudah terjadi.

Kami melihat perubahan perilaku di sektor korporasi dan juga startup. Diskontinuitas skala besar di beberapa industri dan tingkat pengangguran yang tinggi di seluruh dunia.

Menyatakan hilangnya nyawa manusia hanyalah puncak gunung es, yang tersisa adalah abu berbahaya dari skenario saat ini. Masalah yang paling dahsyat akan dirasakan di ekosistem startup dan UMKM. Ini bergantung pada aliran modal dan investasi yang konstan, yang karena pandemi telah terhenti sama sekali.

Karena sebagian besar pemimpin startup dan pengusaha mencari strategi keluar untuk menahan kerugian, beberapa dari kita sudah menyerah pada ancaman tersebut. Calon karyawan, proyek, dan ide yang akan berkembang menjadi kenyataan mungkin membutuhkan waktu lama untuk membuktikannya lebih jauh.

Melihat dari sudut pandang semua ini, sejumlah industri tampaknya juga diuntungkan dari semua ini. Karena ini bukanlah kehancuran yang didorong oleh ekonomi, ini adalah bencana yang tidak menghancurkan infrastruktur yang ada, itu hanya membuat semuanya terhenti. Di tengah semua ini, beberapa sektor tampaknya memanfaatkan pergantian peristiwa baru-baru ini. Sementara bagi sebagian dari kita ini adalah pertempuran untuk bertahan hidup, ada beberapa yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan dari keadaan ini.

Atas dasar new normal yang diarahkan oleh badan pemerintah di seluruh dunia, ada perubahan perilaku yang sangat besar yang terlihat di antara konsumen.

Dari berbelanja online hingga jarak sosial dan kemungkinan kecil keinginan untuk bepergian ke tempat-tempat dengan kepadatan keramaian dan berkerumuan, keadaan normal baru mungkin tidak seburuk yang kita duga.

Untuk beberapa sektor ini, kondisi normal baru akan membawa peluang bisnis yang baru ditemukan. Pasar baru yang sebelumnya tidak tersentuh sekarang siap untuk diperebutkan. Saat kita membicarakan semua ini, beberapa startup sudah mengerjakan skenario yang disebutkan di atas.

Mari kita lihat sektor-sektor yang akan mendapat keuntungan dari model bisnis yang mereka miliki:

Edukasi Online

Pendidikan online, bimbingan belajar, kursus web, dll. Telah menjadi kebutuhan saat sekolah dan lembaga pendidikan tidak berfungsi akibat lockdown atau PSBB. Belum lagi kebijakan pemerintah tentang kartu prakerja, yang membuka pikiran masyarakat bahwa pelatihan dan peningkatan skill bisa dilakukan secara daring.

Kenyataannya, sektor edukasi berbasis online mengalami lonjakan tiba-tiba dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat, dari setiap negara yang terkena COVID-19 yang mencari alternatif pengajaran dan pembelajaran konvensional.

Orang-orang takut untuk mengirim anak-anak mereka ke tempat-tempat di mana jarak sosial tidak dapat dilakukan dan oleh karena itu sektor edukasi online memanfaatkan setiap entitas yang mungkin mereka bisa. Juga memberikan rasa nyaman, holistik, dan lebih berkelanjutan untuk sementara waktu sampai kita memiliki obat permanen untuk pandemi COVID-19.

Kesehatan dan Kebugaran

Dengan keadaan darurat kesehatan di seluruh dunia yang sedang berlangsung, ini adalah peluang besar bagi sektor kesehatan dan kebugaran untuk menempatkan dirinya sebagai kebutuhan di antara para pengguna.

Mencap diri mereka sebagai mekanisme pendukung yang sangat penting dan sangat dibutuhkan, industri ini telah meningkat menjadi industri dengan perspektif pertumbuhan paling banyak di masa depan.

Orang-orang yang menghadapi ancaman paranoia defisiensi imunitas, sangat menantikan apa pun yang membantu mereka tetap sehat dan bugar.

Selain itu, berbagai nasihat oleh otoritas di seluruh dunia mempromosikan hal-hal seperti itu. Juga, permintaan untuk hal-hal seperti itu telah meningkat secara drastis sehingga entitas bisnis yang ada dan berada pada industri ini telah mendapatkan cakupan pasar yang lebih besar saat pandemi ini berakhir. Ingatlah, melakukan pembelian yang impulsif adalah salah satu tindakan yang dilakukan manusia untuk mengantisipasi dari ketakutan mereka.

Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses

Jasa Keuangan

Peluang bisnis lainnya yang sangat berpotensi paska pandemi adalah jasa keuangan. Satu hal yang tak terhindarkan di hari-hari mendatang adalah penurunan ekonomi sepanjang masa. Orang-orang kelas menengah ke bawah akan berada dalam situasi  dengan sedikit atau tanpa cadangan uang.

Memperparah masalah yang ada, pengangguran dan masalah kesehatan akan memperburuk keadaan. Pada saat-saat seperti itu, penyedia jasa keuangan yang diatur oleh OJK memiliki peran yang sangat penting untuk membantu masyarakat.

Tidak dapat disangkal, pinjaman tanpa jaminan akan menjadi sesuatu yang disukai orang. Mereka akan membutuhkan dana terhadap paling sedikit agunan dan sistem perbankan konvensional yang ketat pasti akan gagal dalam kebijakan dalam skenario seperti itu.

Bagi perusahaan skala menengah dan kecil hingga individu yang menganggur dan mereka yang membutuhkan dana dalam waktu singkat, entitas keuangan ini akan menjadi satu-satunya harapan. Salah satunya adalah P2P lending.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Keahlian Anda

SAAS & Alat Kerja Jarak Jauh

Saas atau software as service & Alat Kerja Jarak Jauh adalah peluang bisnis yang berada di jalur kesuksesan di saat pandemi dan akan berlanjut paska pandemi.

Dengan perubahan temperamental yang mungkin kita saksikan, aplikasi SaaS & Alat Kerja Jarak Jauh akan memfasilitasi proyek yang sedang berlangsung dan membuka peta jalan untuk upaya masa depan ke tingkat yang lebih luas.

Aplikasi ini akan menjadi batu fondasi bagi sebagian besar operasi bisnis di masa depan dan surga bagi yang sudah ada.

Mendukung kebutuhan saat ini, sambil menekankan budaya kerja saat ini ke produktivitas yang lebih baik, ini akan membantu memposisikan atau dalam transisi ke posisi yang lebih baik untuk berbagai merek di seluruh dunia.

Baca juga: Berbagai Ide Bisnis Unik yang Pasti Orang Suka, Tertarik Mencobanya?

peluang bisnis 2

Layanan Berbasis e-Commerce & Delivery

Dengan PSBB dan lockdown yang diberlakukan di berbagai negara, pembatasan jarak sosial yang dipraktikkan sebagai hal normal baru untuk bulan-bulan mendatang, dan orang-orang yang menahan diri untuk tidak berkumpul di pasar, toko kelontong dan tempat umum, ini berarti sektor berbasis E-commerce & delivery memiliki permintaan yang tinggi.

Peluang bisnis ini menawarkan cara yang lebih aman untuk mendapatkan komoditas penting dan non-esensial, yang disarankan sebagai tindakan pencegahan untuk COVID-19, industri ini akan mengalami lonjakan dalam operasi ritel pelanggan.

Dengan munculnya revolusi teknologi dan sistem manajemen antarmuka, industri ini sudah berada pada lintasan pertumbuhan.

Tapi pergantian kebiasaan baru-baru ini akibat pandemi hanya mengkatalisasi seluruh permainan ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Orang yang menahan diri untuk tidak menggunakan utilitas yang dipesan secara online; jasa dan komoditas sekarang beradaptasi dengan belanja online untuk kebutuhan sehari-hari mereka. Pada akhirnya, hal itu akan menjadi kebiasaan di masa mendatang.

Baca juga: 15 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Anda Coba di Tahun ini

Platform OTT & Game Online

Layanan Over the top dan game online telah muncul di atas cara hiburan konvensional. Dengan larangan dan pembatasan pada bioskop, pusat permainan dan instalasi hiburan-rekreasi lainnya, platform OTT dan dunia permainan online ini harus mengisi kekosongan tersebut.

Segera, mereka yang tidak terbiasa dengan ini akan menjadi terbiasa dan kebutuhan untuk pergi keluar untuk mencari hiburan akan digantikan oleh ini. Ini telah terbukti hemat waktu & biaya, memberikan versi yang lebih dipersonalisasi dari pengalaman yang sama dan orang dapat mengalaminya di kenyamanan rumah.

Farmasi dan Laboratorium

Sektor utama lainnya yang bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan adalah sektor Farmasi, ilmu hayat dan patologi. Mungkin anak-anak, orang dewasa atau orang tua, setelah penyebaran COVID-19, mayoritas populasi manusia ingin memiliki obat dan fasilitas kesehatan yang cukup.

Setelah vaksin berhasil dikembangkan, bentuk industri Farmasi kita saat ini akan berubah untuk selamanya. Setiap manusia akan membutuhkan satu dosis dan untuk memenuhi permintaan yang ada akan berada di pundak industri Farmasi. Orang-orang di industri ini akan memiliki tujuan yang mulia, disamping itu mereka juga akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan permintaan.

Baca juga: Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Desainer Baju Terkemuka

Ruang Kantor yang Dikelola

Sektor lain yang bisa menjadi peluang bisnis paska pandemi adalah ruang kantor yang dikelola untuk perusahaan, startup, dan real estat komersial. Dengan gelombang budaya kerja jarak jauh yang berlaku dikombinasikan dengan bisnis yang memangkas biaya secara agresif, kebutuhan akan ruang kantor yang dikelola dengan biaya rendah dan nyaman akan sangat diminati

Dengan orang-orang yang tidak mungkin bepergian untuk bekerja, ruang kantor yang dikelola ini akan memberikan alternatif yang sesuai untuk kebutuhan yang ada.

Startup, UKM, dan bahkan badan usaha mengharapkan pemotongan biaya untuk menyeimbangkan semuanya dan ruang-ruang ini memberikan solusi sempurna untuk hal yang sama. Ini lebih aman daripada hub kantor konvensional dan dengan biaya operasional yang lebih rendah.

Baca juga: 7 Cara untuk Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Rencanakan Hari Ini, Bersiaplah Untuk Besok

Secara meyakinkan, masa depan suram bagi kebanyakan dari kita. Perekonomian tidak pasti untuk pertumbuhan, pengangguran yang meluas membayangi kita untuk kuartal yang akan datang, tetapi tidak untuk sektor dan industri yang disebutkan di atas.

Ini akan terus bersinar bahkan dalam cuaca paling mendung. Setelah badai berlalu, ini akan muncul sebagai pengetahuan dan pemimpin industri untuk dilihat.

Ini adalah waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seluruh dunia bisnis. Meskipun tidak ada banyak praktik terbaik yang telah dicoba dan benar untuk menangani pandemi global ini, peluang bisnis yang tercantum di atas dapat membantu Anda tampil sebagai pemimpin melalui krisis ini. Selain itu, penting juga untuk memahami bahwa konsep pasar online hadir dengan pendekatan futuristik.

Kami sangat yakin bahwa akan segera ada solusi untuk pandemi ini. Dunia akan menjadi tempat yang lebih sehat dan aman sekali lagi.

Dan bisnis akan mendapatkan momentumnya. Baik Anda sudah menjalankan bisnis atau memiliki rencana untuk berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

Nantinya, jangan lupa untuk selalu mengelola keuangan usaha Anda melalui sistem yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku dalam Akuntansi. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan satu datapun dari informasi keuangan usaha Anda.

Jika Anda kesulitan dalam pengelolaan keuangan bisnis dan proses pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, sesuai dengan kebutuhan bisnis di Indonesia, mudah digunakan dan harga yang terjangkau.

Hanya dengan 200 ribu rupiah perbulan, Anda akan mendapatkan fitur terbaik yang dibutuhkan oleh kebanyakan bisnis di Indonesia seperti kemudahan proses pembukuan, manajemen aset dan stok, proses rekonsiliasi otomatis, multi gudang, multi cabang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.

Tertatik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan