Coworking Space, Cukup Efektifkah Untuk Mulai Membuka Kantor di Sana?

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, coworking space menjadi salah satu tempat yang sangat sering dituju untuk para pekerja dan pebisnis di berbagai kota besar. Selain itu, banyak juga penyedia jasa yang menawarkan penggunaan ruangan untuk perorangan dalam hitungan harian, bulanan, hingga tahunan.

Tapi, apa sih sebenarnya coworking space itu? Cukup efektifkah untuk mulai membuka kantor di sana? Tenang saja, paa kesempatan kali ini kami akan mencoba menjawabnya secara lengkap untuk Anda.

Apa Itu Coworking Space?

Dilansir dari laman GoWork, coworking space adalah sebuah tempat bekerja yang di dalamnya menggabungkan individu atau perusahaan lain. Konsep seperti ini baru marak digunakan di beberapa tahun belakangan seiring dengan ramainya perusahaan startup yang muncul ke permukaan.

Umumnya, setiap perusahaan coworking akan menyediakan gedung pada beberapa area strategis yang ramai dengan kegiatan bisnis. Lalu, mereka akan menyewakan suatu ruangan kantor untuk perusahaan atau klien, common space untuk perorangan, atau freelancer yang sedang mencari project, dan berbagai ruangan lainnya.

Untuk perusahaan yang menyewa ruangan kantor, umumnya akan ada kontrak per tahun. Sedangkan untuk individu yang ingin bekerja di sana, mereka hanya perlu membayar harian atau paket mingguan.

Untuk di Indonesia sendiri, saat ini sudah ada beberapa perusahan coworking space. Anda tinggal memilih coworking space mana yang memiliki lokasi paling strategis dan mampu memberikan penawaran yang paling menarik.

Dari pihak penyedia coworking space pun umumnya akan menawarkan program yang bermacam-macam. Umumnya, penyewa coworking space akan terbagi menjadi tiga kategori, yakni ruangan khusus untuk perusahaan, ruangan meeting untuk umum, dan common room yang bebas digunakan oleh mereka yang datang per hari.

Baca juga: Market Size: Indikator Terbaik Untuk Mengetahui Potensi Keberhasilan Bisnis

Siapa Saja yang Bisa Menggunakannya?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setiap orang bisa menyewa fasilitas yang terdapat pada coworking space untuk bekerja atau meeting. Meskipun begitu, Charge Spot berpendapat ada dua jenis penyewa coworking space, yaitu freelancer dan perusahaan startup yang baru mulai berkembang.

Konsep kantor ini juga lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyewanya, dan lingkungan yang ada di dalamnya pun lebih kondusif untuk bekerja. Jika menyewa kantor pada umumnya, biasanya sewanya lebih ketat, ruangannya pun lebih banyak daripada apa yang dibutuhkan, dan hanya terdapat satu perusahaan saja.

Fasilitas Coworking Space

Penyedia coworking space umumnya sudah menyediakan beberapa fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat kerja, seperti fasilitas WiFi, ruangan meeting untuk melakukan pertemuan dengan klien atau berdiskusi dengan tim kerja, hingga minuman, seperti air mineral, kopi, dan teh.

Setiap penyewa juga akan terbantu oleh resepsionis handal untuk bisa menerima surat dan setiap paket yang masuk. Sebagian coworking space juga sudah menyediakan alamat virtual yang bisa digunakan untuk keperluan legalitas.

Siapa Saja yang Cocok Menggunakan Coworking Space?

Coworking space ditawarkan sebagai solusi untuk siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat yang lebih besar dan juga biaya yang lebih minim. Coworking space kerap kali digunakan oleh perusahaan UMKM dan para pekerja profesional seperti freelance.

Selain itu, bisnis konvensional lainnya pun masih bisa memanfaatkan komunitas dari coworking space untuk kebutuhan diskusi dan juga kerjasama dalam hal bisnis.

Kelebihan dan Kekurangan Coworking Space 

Kelebihan

1. Fleksibilitas

Fleksibilitas yang ditawarkan pada coworking space adalah salah satu alasan kenapa banyak orang merasa senang bekerja di tempat ini. Walaupun bergabung dengan orang yang berada di perusahaan lain, namun umumnya tetap disediakan bilik tertentu untuk mereka yang ingin bekerja pada ruangan yang sepi.

Biaya sewanya pun lebih murah, terlebih lagi bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Bila Anda sedang tidak ingin kerja pagi pun Anda bisa datang dari siang hingga malam hari.

Jika Anda hanya memerlukan ruangan meeting untuk beberapa hari juga Anda masih bisa menyesuaikannya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah fleksibilitas.

2. Meningkatkan Semangat Kerja

Berdasarkan Harvard Business Review, mereka yang bekerja di coworking space cenderung merasa pekerjaannya lebih berarti. Hal tersebut karena ada banyak karyawan yang berasal dari perusahaan lain yang berbagi ruangan pekerjaan.

Saat harus bersosialisasi, tentu akan ada perbincangan yang mewajibkan mereka untuk menjelaskan apa yang sedang dikerjakannya, tingkat ketertarikannya, dll.

Selain mampu meningkatkan work identity, interaksi tersebut juga mampu membuat orang lain lebih bersemangat dan akan jatuh cinta dengan apa yang sedang dikerjakannya. Hasilnya, tingkat produktivitas kerja pun akan meningkat secara otomatis.

3. Ladang Networking

Dengan adanya banyak perusahaan yang saling berkumpul pada satu tempat, sudah pasti akan terjadi networking. Sehingga, coworking space bisa dijadikan sebagai ladang networking untuk mereka yang menggunakan setiap fasilitasnya dengan baik.

Dari adanya networking ini, kemungkinan besar nantinya akan terbentuk kolaborasi yang menguntungkan untuk setiap pihak.

4. Keamanan dan Kenyamanan Terjamin

Masalah keamanan dan kenyamanan pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika dibandingkan dengan kafe yang bisa tiba-tiba penuh dan berisik, coworking space lebih cenderung sepi, sehingga kondisinya lebih kondusif untuk bekerja.

Hal ini dikarenakan bukan karena peraturan yang sudah dibuat, melainkan memang mereka yang bekerja di tempat tersebut bertujuan untuk bekerja, bukan untuk sekedar nongkrong dan ngumpul-ngumpul saja.

Berbagai fasilitas di dalamnya seperti Wifi yang lancar, ruangan yang bersih dan stop kontak listrik untuk mengisi ulang baterai gadget Anda, akan semakin meningkatkan produktivitas kerja.

Beberapa coworking space bahkan ada yang menyediakan tempat tertentu untuk makanan dan minuman gratis yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh setiap pengunjung setiap hari. Sehingga, Anda sudah tidak perlu pusing memikirkan uang jajan kopi bila harus keluar kerja.

5. Coworking Space Relatif Lebih Murah

Bila dibandingkan dengan bekerja di café, bekerja di coworking space terhitung lebih murah. Contohnya, Anda bekerja sehari selama 8 jam, jika bekerja di café, maka anda harus 2x minum dan 1x makan, biayanya sekitar 100 ribu atau lebih tergantung café yang Anda pilih.

Terlebih lagi, setiap dua jam sekali akan ada waiter yang akan menanyakan pesanan yang Anda ingin pesan selanjutnya. Hal ini berbeda dengan coworking space, beberapa diantaranya ada yang menawarkan harga 50 ribu per hari atau 1 juta untuk paket 30 hari.

6. Coworking Space, Lebih Produktif

Percaya atau tidak, bekerja di coworking space akan terasa lebih produktif. Anda tidak akan menerima gangguan seperti kasur, TV, ataupun permainan game console yang Anda di rumah. Anda bisa bebas memilih tempat duduk di mana pun Anda mau selama beberapa jam non-stop.

7. Bisa Sharing Knowledge dengan Member Lain

Bekerja di coworking space akan memungkinkan Anda untuk berbagai ilmu dengan orang lain. Melakukan perbincangan dengan orang lain dengan latar pendidikan yang berbeda akan semakin meningkatkan pengalaman dan pengetahuan Anda.

Kekurangan

Berdasarkan laman Inc., terdapat beberapa kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan tertentu sebelum menyewanya. Beberapa kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ruang privasi yang tidak terlalu banyak
  • Berpotensi bertemu dengan kompetitor bisnis,
  • Dan jadi sulit untuk meredam konflik.

Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki kepribadian introvert atau lebih cocok untuk bekerja secara fokus sendirian, maka konsep tempat yang satu ini akan kurang cocok untuk Anda.

Kenapa? Karena ruangan yang terpisah sendiri umumnya akan disewakan khusus untuk perusahaan, dan biaya yang harus dikeluarkan pun tidak begitu murah untuk ukuran individu.

Konflik yang terjadi pun akan menjadi lebih sulit untuk diselesaikan, kecuali memang ada orang atau pihak dari perusahaan coworking space yang bekerja khusus untuk menjaga hubungan antar para penyewa.

Baca juga: Business Requirements Document, Dokumen Yang Akan Menentukan Kesuksesan Proyek

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang coworking space. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa coworking space adalah suatu ruangan kerja yang cocok untuk perusahaan startup dan pebisnis yang sedang berkembang serta memerlukan tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Jadi, apakah tepat untuk mulai membuka kantor di sana? Jawabannya tepat bila Anda termasuk perusahaan startup atau seorang pebisnis yang sedang berkembang dan memerlukan fleksibilitas yang tinggi. Karena dengan adanya coworking space, Anda bisa memaksimalkan bisnis Anda dan menghemat pengeluaran.

Namun, Anda tetap harus mencatat pengeluaran yang Anda lakukan untuk menyewa coworking space dan mencatat pemasukan yang Anda peroleh dari bisnis Anda. Pencatatan tersebut harus ditulis dengan rapi pada laporan arus kas, agar nantinya bisa dijadikan sebagai bahan rujukan dalam mengambil keputusan bisnis.

Bila Anda kesulitan untuk mencatat laporan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online. Karena dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang rapi, tepat dan akurat.

Selain itu, aplikasi akuntansi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang mampu membantu Anda dalam berbisnis, sehingga bisnis yang Anda lakukan akan terasa lebih mudah.

Anda bisa mencoba berbagai keunggulan dan fitur tersebut secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.